PENDEKATAN SOSIAL-RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI SMP RADEN FATAH CIMANGGU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37884Keywords:
Pendekatan sosial-religius, pembelajaran PAI, moderasi beragama.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi pendekatan sosial religius dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai strategi penguatan moderasi beragama di SMP Raden Fatah Cimanggu, Kabupaten Cilacap. Fokus kajian diarahkan pada integrasi nilai sosial dan religius dalam proses pembelajaran untuk membentuk karakter moderat siswa. Urgensi penelitian ini berangkat dari masih ditemukannya kesenjangan antara ideal pendidikan moderasi beragama dan fakta sosial di lapangan, yaitu rendahnya kesadaran sosial serta kecenderungan eksklusivitas keagamaan di kalangan pelajar. Gap ini penting dikaji karena implementasi moderasi beragama pada tingkat SMP, khususnya di daerah rural semi urban, masih minim dieksplorasi secara komprehensif. Pendekatan sosial-religius relevan untuk mengalihkan pembelajaran PAI yang cenderung normatif-doktrinal menuju pembelajaran yang lebih dialogis, kontekstual, dan humanis. Literatur menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama memerlukan ruang refleksi, interaksi sosial, dan internalisasi nilai kemanusiaan, namun praktik implementatifnya dalam konteks SMP masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada pengembangan model pembelajaran PAI berbasis moderasi serta kontribusi praktis bagi sekolah dalam membangun budaya religius-humanis. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif fenomenologis melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi. Informan terdiri atas seorang guru PAI dan 25 siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI mengintegrasikan nilai gotong royong, empati, toleransi, dan penghargaan terhadap keberagaman melalui strategi partisipatif dan reflektif. Siswa mengalami perubahan dari sikap eksklusif menuju keterbukaan, saling menghargai, serta meningkatnya partisipasi dalam kegiatan sosial keagamaan. Kolaborasi guru, siswa, dan lingkungan sekolah membentuk budaya religious humanis yang menumbuhkan karakter moderat secara berkelanjutan. Penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan sosial religius efektif sebagai model pembelajaran PAI yang mampu mengintegrasikan spiritualitas dan kemanusiaan, serta berpotensi diterapkan di sekolah lain.
Downloads
References
Affairs, I. M. of R. (2021a). Moderasi beragama: Buku saku untuk pendididk. Kemenag RI.
Affairs, I. M. of R. (2021b). Penguatan moderasi beragama di sekolah. Kemenag RI.
Ahyar, J., & Zainuddin, M. (2022). Humanization in Islamic education: Strengthening empathy and social ethics in learning. Journal of Islamic Education Studies, 14(2), 112–130.
Aiyetoro, A. I. (2025). From knowledge to peace: The role of Islamic education in cultivating human mindset for a harmonious world. Imam: Journal of Islamic Studies, 6(1).
An-Nahlawi, A. (2019a). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Gema Insani Press.
An-Nahlawi, A. (2019b). Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Gema Insani Press.
Anwar, S. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter Bangsa. Alfabeta.
Asmaran, M. (2020). Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran PAI di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(2), 145–160. https://doi.org/10.21580/jpii.v8i2.5883
Asrori, M. (2019). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Deepublish.
Azra, A. (2020a). Islam Substantif: Agar Umat Tidak Jadi Buih. Prenadamedia Group.
Azra, A. (2020b). Islam Substantif: Agar Umat Tidak Jadi Buih. Prenadamedia Group.
Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga.
Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2019). Multicultural education: Issues and perspectives. Wiley.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Braun, V., & Clarke, V. (2021). Thematic Analysis: A Practical Guide. Sage.
Creswell, J. W. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. SAGE Publications.
Fachruddin, M. (2022a). Internalisasi nilai moderasi beragama di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25–38.
Fachruddin, M. (2022b). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25–38.
Fadilah, N. (2022). Efektivitas Pendekatan Sosial dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Empati dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 120–135. https://doi.org/10.1234/jpi.2022.10.2.120
Giorgi, A. (2009). The descriptive phenomenological method in psychology: A modified Husserlian approach. Duquesne University Press.
Hanafi, Y., & Maulida, S. (2021). Dialogic learning in Islamic religious education: Enhancing empathy and social sensitivity. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 75–92. https://doi.org/10.29240/belajea.v6i1.2260
Hidayat, R., & Nuraini, S. (2022). Peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderat siswa di era digital. Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial, 7(2), 101–115. https://doi.org/10.32678/jpis.v7i2.6732
Institute, S. (2023). Indeks toleransi pelajar Indonesia 2023. SETARA Institute.
Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Pearson.
Kymlicka, W. (2011). Multicultural citizenship. Oxford University Press.
Lickona, T. (2021). Character education for the 21st century. Routledge.
Marbun, E. (2023). Implementasi moderasi dan inklusivitas beragama bagi Gen-Z di SMA Buddhis Bodhicitta Medan. Buletin Nagari, 6(2).
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications.
Mill, J. S. (1863). Utilitarianism. Parker, Son, and Bourn.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. Sage.
Muhaimin. (2020). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Meneguhkan Keilmuan dan Keislaman di Era Modern. Rajawali Pers.
Mutmainnah, S. (2023). Teacher modeling in religious value internalization. Islamic Pedagogy Journal, 7(1), 45–58.
Muzayanah, U. (2017). Indeks Pendidikan Multikultural dan Toleransi Siswa SMA/K di Gunungkidul dan Kulonprogo. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(2), 223–240.
Nuryana, Z., & Fauzi, A. (2020). Strengthening multicultural awareness through Islamic education curriculum. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 23–36. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-02
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods. SAGE Publications.
Rahardjo, D. (2021a). Agama, masyarakat, dan nilai-nilai sosial dalam pendidikan Islam. Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 14(1), 33–49. https://doi.org/10.28918/jsdk.v14i1.4467
Rahardjo, D. (2021b). Agama, masyarakat, dan nilai-nilai sosial dalam pendidikan Islam. Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 14(1), 33–49. https://doi.org/10.28918/jsdk.v14i1.4467
Raihani, R. (2018). Education for peace: Indonesian Islamic education institutions promoting tolerance. Journal of Peace Education, 15(2), 144–162. https://doi.org/10.1080/17400201.2018.1463202
Ramdhani, M. A., & Aulia, N. (2021). Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 145–158.
Rochmah, E. Y., Chaer, M. T., Suud, F. M., & Sukatin. (2021). Islamic Religious Education for Children in Java Family: A Study of Etno-Phenomenology. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 19(2), 329–340.
Saada, N., & Magadlah, M. (2022). Teachers’ perspectives on religious tolerance in Islamic education. Teaching and Teacher Education, 117, 103818. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103818
Saepudin, A., Sumarna, C., & Rozak, A. (2023). Nilai-nilai moderasi beragama dan implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam di abad 21. Jurnal Pendidikan Islam.
Santoso, M. A. F., & Khisbiyah, Y. (2021). Islam-based peace education: Values, program, reflection and implication. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(1), 185–207.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutarto, & Sari, E. (2022). Islamic Religious Education Learning Strategies to Build Inclusive Religious Character for University Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(4).
Tilaar, H. A. R. (2012). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Grasindo.
UNESCO. (2022). Education for peace and sustainable development. UNESCO Publishing.
Yusuf, M., & Arif, S. (2022). Socio-religious approaches in Islamic education. Journal of Character Education, 13(2), 77–90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















