Implementasi Pendidikan Politik Dalam Membentuk Karakter Demokratis Siswa Di Sekolah SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37731Keywords:
Pendidikan Politik, Karakter Demokrasi, Siswa SMAAbstract
Pendidikan politik merupakan salah satu upaya penting dalam membentuk karakter demokratis pada peserta didik, terutama di lingkungan sekolah sebagai ruang sosial yang berperan dalam menanamkan nilai, sikap, dan perilaku kewarganegaraan. Lebih dari sekadar penyampaian materi, pendidikan politik merupakan proses pembentukan budaya demokrasi yang mendorong siswa untuk memahami hak dan kewajiban, menghargai perbedaan, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, serta mampu menerapkan nilai musyawarah dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dikaji dalam laporan mini riset ini adalah bagaimana implementasi pendidikan politik dilakukan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan serta sejauh mana proses tersebut berkontribusi dalam membentuk karakter demokratis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Landasan teori digunakan sebagai panduan agar fokus penelitian sesuai dengan fenomena yang terjadi di lapangan, sementara analisis dilakukan secara sistematis berdasarkan temuan empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan politik di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan telah berjalan melalui pembelajaran PPKn, kegiatan OSIS, pemilihan ketua kelas, dan aktivitas organisasi lainnya. Nilai-nilai demokrasi seperti musyawarah, toleransi, keterbukaan, dan penghargaan terhadap pendapat terlihat dalam interaksi siswa, terutama saat mereka terlibat dalam diskusi dan pengambilan keputusan. Meskipun demikian, aspek pemahaman siswa mengenai konsep politik masih belum merata, karena pembelajaran cenderung berfokus pada teori dan belum dikemas secara kontekstual. Hambatan lain yang ditemukan meliputi keterbatasan waktu pembelajaran, kurangnya variasi metode mengajar, serta minimnya literasi politik pada sebagian siswa.
Downloads
References
Buku :
Abdussamad, Z. Metode Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Syakir Media Press, 2021.
Cholisin. (2004). Diktat Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education).
Fiantika, F. R., & Maharani, A. "Metodologi Penelitian Kualitatif." 2022.
Halking, Hodriani, & Khalehar, F. (2023). Buku Ajar Pendidikan Politik.
Muhyiddin, N. T., Tarmizi, M. I., & Yulianita, A. (2017). Teori, Kajian Literatur dan Hipotesis. In Metodologi Penelitian Ekonomi dan Sosial: Teori, Konsep, dan Rencana Proposal.
Sirajuddin Saleh. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180.
Sugiyono. "Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ." 2013.
Jurnal :
Apria Sagita, K., & Purwosaputro, S. (2022). Implementasi Pendidikan Politik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes. Jurnal Spirit Edukasia, 02(02), 268–271.
Dekki , Ra’is Umamur . "Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa Yang Baik Melalui Penerapan Akuntabilitas Sosial." Jurnal Sosiologi, 2022.
Fatimah, N., Mujianto, G., & Yudiantoro, K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IB SDN 02 Girimoyo Malang Melalui Problem Based Learning. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2).
Fernando, D. A., & Sirozi, M. (2024). Pengertian “Politik Pendidikan” dan Perbedaannya dengan “Pendidikan Politik” dan “Politisasi Pendidikan.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10994–11000.
Fidyaningrum, R. A., & Prasetiyo, W. H. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Kurikulum Merdeka. JPK : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 87–96.
Gobel, E. Y., Yunus, R., & Mahmud, R. (2021). Implementasi Pendidikan Politik Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Di Sma Negeri 1 Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jambura Journal Civic Education, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.37905/jacedu.v1i1.11131
Hamisa, W., & Murdiyono, M. (2018). Peran PKn sebagai pendidikan politik dalam membangun sikap demokratis dan partisipasi siswa dalam organisasi di SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 192–201. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.11205
Ikbal, Muhammad , and Jabbar Abdul. "Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Dongi Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang." Jurnal Wedana Vol. V, No. 1 (April 2019): 581-588.
Jakak, P. M., Rifa, M. N., & Azizah, B. (2023). Peranan Pancasila dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Di Era Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 11–21.
Kadek , Wijayanto, Tijow Margareth Lusiana , and Wantu M. Fence . "Kedudukan Peraturan Desa dalam Sistem Pembentukan Peraturan Perundang-undangan Nasional." Jurnal Ius Civile, 2020.
Mahardin, Ahmad Fauzan, Muliati, & Nurmawadah Rahmah. (2021). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1342
Mujahidin, M. D., Yani, M. T., & Harmanto. (2025). Kajian Peran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Manajemen Krisis: Pembelajaran dari Situasi Pasca Konflik. JPK : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(1), 51–61.
Mulyadi, M. (2013). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160106
Na’imah, I., & Bawani, I. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis Di Pondok Pesantren. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228–236. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.604
Prayugo, A., & Prayitno, R. B. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA: Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 427–442.
Rahmadi, S.Ag., M. P. . (2011). Pengantar Metodologi Penelitiaan. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8).
Ra'is, Dekki Umamur. "Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa Yang Baik Melalui Penerapan Akuntabilitas Sosial." Jurnal Of Urban Sosiologi Vol. 5,No. 2 (November 2022).
Rambe, N. A. (2023). Implementasi Model Role Playing untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Demokrasi dalam Pembelajaran PKN. Confrence Of Elementary Studies, 523–531.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Rohmawati, R. (2012). Implementasi pendidikan politik dalam pemeblajaran pendidikan kewarganegaraan guna pengembangan budaya demokratis di SMA Negeri Sekabupaten Bantul.
Rustam, Suwandi Memen, Namla Elfa Syariati, And Puspita Herdianti Anwar . "Konsep Amanah: Pengelolaan Dana Desa Menuju Good Village Governance." Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban Vol. 7, No. 2 (Desember 2021): 237-255.
Sanusi, A. R., & Darmawan, C. (2016). Implementasi Pendidikan Politik Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Lintas Budaya Pada Generasi Muda Demi Mewujudkan Budaya Politik Pancasila. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosia, 25(1), 24–40.
Shalihudin, F., & Hermanto, F. (2021). Peran Pendidikan Politik Dalam Membangun Sikap Demokratis Siswa Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah Di SMP Negeri 22 Semarang. Sosiolium, 3(1), 75–82.
Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452
Sulianti, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Budaya Multikultural untuk Menanamkan Sikap Patriotisme Warga Negara. JPK : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 48–55.
Sulistyowati, Norita Citra, and Fitryah Elok. "Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Studi Kasus pada Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo." International Journal of Social Science and Business Vol. 3, No. 3 (july 2019): 300-305.
Tirza, J., & Cendana, W. (2021). Peranan Pancasila sebagai Pembentuk Karakter Generasi Muda Indonesia Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 23–32.
Usman, H., Nurhasanah, N., & Wulandari, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Pendidikan Karakater pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. 6(2), 3120–3128.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















