PENGEMBANGAN BUKU TEKS PERADABAN ALAT KOMUNIKASI BERBASIS PjBL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SENANG BELAJAR ANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37693Keywords:
Alat Komunikasi, Buku Teks, Karakter Senang Belajar, Peradaban, PjBLAbstract
Krisis karakter senang belajar pada peserta didik sekolah dasar menjadi perhatian penting di era digital saat ini. Rendahnya minat belajar dan keterlibatan aktif anak dalam pembelajaran menunjukkan perlunya inovasi media yang dapat menumbuhkan semangat belajar yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku teks karakter senang belajar melalui peradaban alat komunikasi berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non-tes yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 51 anak sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks yang dikembangkan memperoleh rerata skor validasi 3,79 dengan kategori “sangat baik” serta efektif dalam menumbuhkan karakter senang belajar, dengan nilai N-Gain sebesar 70,15% (kategori tinggi). Analisis z-score menunjukkan rerata kelompok eksperimen 0,68 dan kelompok kontrol -0,71, dengan perbedaan paling signifikan pada indikator “minat terhadap hal baru” (eksperimen 1,40; kontrol -1,01) dan “alokasi waktu yang efektif” (eksperimen 0,92; kontrol -2,03). Konsistensi penilaian antar penilai yang tinggi dibuktikan dengan nilai Krippendorff’s Alpha rerata 0,717 (kategori tinggi). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL melalui tema peradaban alat komunikasi mampu meningkatkan minat, komitmen, dan ketekunan anak dalam belajar secara signifikan.
Downloads
References
Amelia, Nurul, Aisya, & Nadia. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dan penerapannya pada anak usia dini di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912
Amelia, S., & Nugrahanta, G. A. (2024). Pengembangan buku teks tentang peradaban transportasi udara berbasis project based learning untuk menumbuhkan karakter kecerdasan sosial anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1663–1677. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.850
Anggraini, V. (2020). The Task Commitment on Student. 1(1), 13–16.
Aprilia, D., Kurniasih, E., Nadhifa Agustin, A., Supriatna, A., & Rakeyan Santang, S. (2023). Upaya meningkatkan pendidikan karakter dan akademik siswa. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 30–38.
Ardhani, C., Diva, Kristin, & Firosalia. (2023). Penerapan model pembelajaran PJBL dalam meningkatkan antusiasme dan hasil belajar peserta didik muatan pembelajaran IPS kelas VI SD. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 9(2), 17–31. https://doi.org/10.53565/pssa.v9i2.937
Fariza, N. A., & Kusuma, I. H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. 3, 1–10.
Fitria, J. A., & Nugrahanta, G. A. (2023). Pengembangan buku pedoman pendidikankarakter senang belajar berbasis permainan tradisional untuk anak usia 7-9 tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 291–301. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4475
Kerans, G., & Ngongo, K. P. (2023). Pengembangan Buku Siswa melalui Lesson Study dengan menggunakan Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran IPA Terpadu yang Bermakna . Development of Student Books through Lesson Study using Project Based Learning as a Meaningful Integrated Science Learning Model . 1, 1–10.
Kohlberg, B. T. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. 6(2), 131–145.
Lingkar, J., Pendidikan, M., & Timur, J. (2023). Identifikasi motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa dan hubungannya terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi sri rochani. 20(2), 83–89.
Maghfurin, A. (2024). Exploring The Role Of Project Based Learning In Installing Character Values In Arabic Language. 5(01), 64–69.
Murniayudi, H., & Sujarwo. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bebasis Kearifan Lokal Terhadap Karakter Peduli Sosial. 5, 1–13.
Nafisa, K., Al Fuad, Z., & Marlini, C. (2020). Pengembangan media pop up terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD". Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–14.
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas strategi pembelajran project based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Peterson & Seligman, M. E. . (2004). Character strengths and virtues; A handbook and classification. New York: Oxford University Press, Inc.
Sari, C. G., & Nugrahanta, G. A. (2024). Pengembangan buku tentang peradaban energi listrik berbasis PJBL untuk menumbuhkan karakter senang belajar. 9(2), 180–196.
Sari, & Kastam. (2015). Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Interagtif Berbasis Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sekolah Dasar. 3, 73–83.
Sitinjak, T. A., Ni Putu Diah Agustin Permanasuri, Tamara Apriliyana, Eko Wicaksono, & Apriansyah. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk mengembangkan karakter peserta didik dengan berbasis kearifan lokal di Sman 1 Jabiren. Steam Engineering, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.37304/jptm.v4i1.5511
Sosial, E., & Regency, S. (2021). Pendidikan karakter serta penanaman nilai-nilai karakter kepada anak sejak. 155–174.
Trang, N. M. (2025). Profesional development in listening and speaking skills for secondary school teacher of english: Rhizomatic Education. 1–31. https://doi.org/10.46827/ejes.v12i9.6145
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















