Implementasi Program SEPATU sebagai Upaya Peningkatan Disiplin dan Keteladanan Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Octavia Ramadhani Universitas Lambung Mangkurat
  • Arta Mulya Budi Harsono Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37636

Keywords:

Keteladanan Guru, Disiplin, Program Sepatu

Abstract

Disiplin dan teladan guru adalah fondasi krusial dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Guru bukan sekadar penyampai materi, melainkan juga contoh perilaku yang membentuk pemahaman dan penerapan nilai kedisiplinan oleh siswa. Akan tetapi terdapat ketidakteraturan dalam kedatangan tepat waktu dan ketidakstabilan dalam menerapkan kebiasaan disiplin oleh guru. Kondisi ini secara langsung memengaruhi tingkah laku siswa, sehingga dibutuhkan inisiatif sekolah yang dapat mengatur teladan secara terstruktur. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan Program SEPATU (Selalu Tepat Waktu) sebagai strategi meningkatkan kedisiplinan dan peran teladan guru di sekolah dasar. Latar belakangnya didasarkan pada pentingnya teladan guru sebagai fondasi utama pembentukan karakter disiplin siswa, serta inkonsistensi praktik disiplin di sekolah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus eksploratori, data dikumpulkan via observasi, wawancara terstruktur, dan analisis dokumen, fokus pada implementasi program di SDN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Hasil menunjukkan program berjalan namun belum optimal. Guru mulai sadar akan disiplin, meski sebagian kurang konsisten dalam ketepatan waktu. Siswa respons positif lewat rutinitas pagi dan meniru guru, tapi keterlambatan masih terjadi, terutama Senin. Hambatan utama: inkonsistensi guru, kesiapan siswa, dan kendala teknis seperti gangguan alat absensi. Sekolah siapkan penguatan via evaluasi berkala, koordinasi lebih baik, dan perbaikan fasilitas. Penelitian menegaskan keberhasilan disiplin bergantung pada konsistensi teladan guru, dukungan sistem sekolah, dan keterlibatan keluarga. Temuan ini berkontribusi pada praktik pendidikan karakter dan arahkan penguatan kebijakan kedisiplinan berbasis budaya sekolah ke depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addawiyah, R., & Kasriman. (2023). Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1516–1524. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5837

Aini, S., & Daulai, A. F. (2024). Analisis implementasi program pembinaan kedisiplinan dalam membina akhlak siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 307. https://doi.org/10.29210/1202424184

Amalinda, S., Kuswandi, I., & AR, M. M. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Brakas II. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 588–600.

Ananda, R., Muslimah, N., Rahma, I. A., Rahmatullah, E., & Andina, F. Z. (2025). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Dan Permasalahannya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 230–241.

Anggreani, R. A., Sumiati, A., & Mardi. (2023). The Relationship Between Family Environment and School Environment on Discipline of Students’ Majoring in Accounting at the East Jakarta Vocational High School. Interconnection: An Economic Perspective Horizon, 1(2), 59–67. http://firstcierapublisher.com

Arifin, Jamaah, & Nurhasanah, E. (2024). Analisis Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 51–56. http://journal.ainarapress.org/index.php/jekas

Firdausi, G. F., & Wahyudi, U. M. W. (2025). Peran Guru Kelas Dalam Penerapan Disiplin Positif Untuk Menanamkan Nilai Karakter Pada Siswa Kelas 3b Di Sekolah Dasar Negeri Karangjati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 11(04), 234–240.

Haslinda, Nurfadillah, Darmiati, Putri, D. A., Darmawan, R., & Anri. (2025). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR THE ROLE OF TEACHERS IN SHAPING STUDENTS’ DISCIPLINE CHARACTER THROUGH HABITUATION IN ELEMENTARY SCHOOL. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 2(3), 3714–3719. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Hidayatulloh, M. S., & Yani, M. T. (2016). Strategi Mi Darul Ulum 1 Jogoroto Kabupaten Jombang Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 03(04), 1341–1355.

Iqlima, Z. G., Nurjanah, F., & Rustini, T. (2024). Effective management of educational facilities and infrastructure to ensure safe and supportive learning environments. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 12(2). https://doi.org/10.21831/jppfa.v12i2.70123

Kusumastuti, F. R. R., Al-Fikriah, N. A. F., & Surani, D. (2024). Penerapan Keteladanan Guru dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7766–7772.

Lestari, P., & Mahrus, M. (2025). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter untuk Membentuk Tanggung Jawab dan Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Journal of Nusantara Education, 4(2), 32–45. https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.137

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (2nd ed.). SAGE Publication.

Mufarihah, & Munasir. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Guru Dan Aktifitas Ekstrakulikuler Terhadap Karakter Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Jurnal Intelegensia, 08(02), 158–169.

Nabilla, R., Lestari, D. A., Hafizah, I., & Kurnia, R. (2025). Dampak Fasilitas dan Infrastruktur Sekolah yang Terbatas terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 9(6), 1834–1839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i6.10865

Nuique, L. Q. (2025). The Effect Of Teachers Punctuality To Grade 11 Abm Students Motivation And Performance In Negros Oriental High School. Ignatian International Journal for Multidisciplinary Research, 3(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.15656943

Nurazila, A., Asmayadi, A. I., & Filahamasari, E. (2025). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V Di Upt Sdn 09 Sitiung. Journal Binagogik, 12(2), 225–235. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/pgsd

Nurhayati, T., & Ain, S. Q. (2024). Peran Budaya Sekolah Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 06 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 36–44. https://jpion.org/index.php/jpi36Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

Nurilham, H., & Pujilestari, Y. (2021). Keteladanan guru PKn terhadap pembinaan disiplin di sekolah. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 20(2), 61–70. https://doi.org/10.21009/jimd.v20i2.17429

Rafif, A., & Dafit, F. (2023). The Teacher’s Role in Forming Student Discipline Character in Elementary Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(1), 647–660. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i1.2542

Saputra, D. T., Wulandari, M. D., & Darsinah. (2024). Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Keteladanan Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 99–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6838

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 3(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3

Wati, F. K., Maulana, G. A., & Sislan, M. (2023). KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 8(1), 1–21. https://doi.org/10.25217/jf.v8i1.2706

Wulandari, D., Yulia, Y., Khosiyono, B. H. C., & Mutiah, T. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 85–93. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).13065

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications Design and Methods. Sixth Edition (L. Fargotstein & E. Wells, Eds.; 6th ed.). SAGE Publications India.

Zahra, A. A., & Fathoni, A. (2024). Peran Guru Sebagai Pendidik dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(001), 57–68. https://jurnaldidaktika.org

Downloads

Published

2025-12-25

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>