Pelaksanaan Program Revitalisasi Bahasa Banjar di Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Literasi dan Pembelajaran Kontekstual

Authors

  • Mina Andini Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Arta Mulyo Budi Hartono Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37634

Keywords:

Revitalisasi, Literasi, Kontekstual, Sekolah Dasar

Abstract

Pemberdayaan kembali bahasa Banjar di sekolah dasar Banjarmasin sangat penting untuk mengantisipasi faktor-faktor ancaman dan kepunahan, karena bahasa nasional dan global telah berpengaruh besar terhadap anak-anak muda. Tujuan studi ini adalah untuk melaporkan penerapan program melalui kegiatan literasi dan pembelajaran kontekstual. Studi kasus kualitatif ini dilakukan dengan observasi non-partisipan selama sesi FTBI, wawancara semi-terstruktur dengan kepala sekolah, seorang guru kelas dua, dan seorang siswa kelas dua, serta analisis dokumen termasuk rencana pelajaran dan karya siswa di SDN Belitung Utara 3 Banjarmasin sebagai unit analisis. Temuan utama meliputi peningkatan ekspresi siswa melalui pengembangan literasi dalam cerita dan permainan tradisional (misalnya: cuk cuk bimbi), integrasi budaya melalui penggunaan dongeng-dongeng tersebut, serta hambatan seperti kurangnya buku materi konten lokal, durasi pelajaran dua jam, dan ketidakkonsistenan dalam pengembangan profesional guru. Bahkan adaptasi improvisasi yang sederhana seperti kamus saku dan pemilihan peserta lomba RBD terbukti efektif dalam menciptakan minat. Studi ini tidak hanya mempromosikan kebanggaan budaya, tetapi juga akan membantu pemulihan pasca-pandemi. Saran yang diajukan adalah agar kantor pendidikan memperluas FTBI melalui integrasi modul digital berbiaya rendah untuk implementasi secara nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andina, E. (2023). Implementasi dan Tantangan Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Lampung. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 14(1), 15–35. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v14i1.3859

Arifah, N. (2024). Revitalisasi Bahasa Daerah Melalui Kreativitas Cerita Anak Berbahasa Jawa Sebagai Bahan Pembelajar Di Yogyakarta. Prosiding Konferensi Nasional Adab Dan Humaniora, 2, 195–203.

Aspandi, A., Rahmah, A. F., Astuti, S. T. F., Rhomadon, A. S., & Nurfadillah, M. (2025). Penguatan Cinta Aksara dan Bahasa Sunda melalui Program 40 hari Mencintai Kearifan Lokal dengan Pendekatan Content and Language Integrated Learning. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 4(3), 360–376. https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/index.php/DJCE/issue/view/157

Ate, C. P., & Muliani. (2025). English and Local Language Preservation in East Nusa Tenggara: A Study of Pre-Service English Teachers’ Attitudes and Practices. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching), 12(1), 117–127. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v12i1.15296

Burger, H. G. (1968). “Ethno-Pedagow”: A Manual in Cultural Sensitivity, with Techniques for Improving Cross-Cultural Teaching by Fitting Ethnic Patterns. Southwestern Cooperative Educational Laboratory.

Dzakiyah, N. (2025). Bahasa daerah di ambang kepunahan: Krisis tanggung jawab Bersama. Maliki Interdisciplinary Journal (MIJ), 3(6), 570–576. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/index

Ghazlina, S. S., Rande, S., Kusuma, A. R., & Apriani, F. (2024). Implementasi Program Revitalisasi Bahasa Daerah Oleh Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur: Studi Pada Bahasa Kenyah Di Desa Pampang Kota Samarinda. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 11(2), 151–159.

Ha, L. T. K., Le, T. Van, Phan, L. T., Nguyen, L. T. B., & Dam, A. T. Van. (2024). Perspectives Of Vietnamese Students And Teachers Regarding The Preservation Of Languages Of Ethnic Minorities. Revista de Gestao Social e Ambiental, 18(9), 1–16. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n9-026

Hia, P. (2025). Revitalisasi Literasi Membaca dan Menulis sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Menghadapi Tantangan Abad 21. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 3(3), 222–231.

Ismaya, Elihami, & Galib, A. A. C. (2022). Pendidikan Literasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1148–1153.

Kamariah, Hamidah, J., & Krismanti, N. (2023). Konservasi Bahasa Banjar sebagai Usaha Pelestarian Bahasa Daerah Kalimantan Selatan. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra & Pengajaran, 10(2), 31–44. https://doi.org/10.26618/jk/13118

Latupeirissa, E., & Monaten, Y. G. (2021). Penguatan Literasii melalui Program Revitalisasi Sastra Daerah di Negeri Waraka Kecamatan Teluk Elpaputh Kabupaten Maluku Tengah. GABA-GABA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10–15. https://id.wikipedia.org/wiki/Literasi

Lu, W. B., & Wang, P. H. (2025). Exploring the Impact of Cultural Identity on the Revitalization Benefits of Rural Communities. Social Sciences, 14(6). https://doi.org/10.3390/socsci14060377

Mufidah, I., Widodo, W., & Gunansyah, G. (2025). Implementasi Budaya Nyadran Sebagai Sumber Belajar Etnopedagogi Di Sekolah Dasar. Innovations in Multidisciplinary Education Journal, 2(1), 8–14.

Ningsih, G. W., Sinaga, S., Suhardi, & Surip, M. (2025). Menjaga Keseimbangan: Pelestarian Bahasa Daerah dalam Dinamika Bahasa Indonesia di Era Modern. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 2(2), 3518–3525. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3186

Puspitaningrum, D., & Indrawati, T. (2023). Desain Model Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini Berbasis Literasi Humanis (Early Childhood Language Learning Design Based on Humanist Literacy). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 13(2), 362–375.

Putri, S. W., & Wulandari, I. S. (2025). Revitalisasi Bahasa Lampung melalui Pendidikan dan Kebudayaan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(4).

Restalia, W., Atiyah, & Kamal, R. (2025). Revitalisasi Strategi Pembelajaran Kooperatif: Optimalisasi Kolaborasi Kegiatan Siswa dalam Pembelajaran. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 5(2), 91–98.

Rohana, R., Mukhlis, & Jamaluddin. (2024). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1134–1143. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.1882

Sari R, I. P., Insani, N. N., & Ridha, M. R. (2025). Ancaman Pergeseran Bahasa Daerah Dan Dampaknya Terhadap Keberlanjutan Warisan Budaya Di Era Global. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 91–96.

Ummah, I., Eka, E. S., & Ahmad. (2025). Integrasi Linguistik Dalam Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(1), 20–33.

Unesco. (2020). Mother Tongue and Early Childhood Care and Education Synergies and Challenges.

Yulianto, A. (2021). Media-Media Pelestarian Kearifan Lokal Dalam Tradisi Lisan Banjar Sebagai Upaya Pemertahanan Bahasa Ibu Di Kalimantan Selatan. Multilingual, 20(1), 66–76. https://doi.org/10.26499/multilingual.v20i1.179

Downloads

Published

2025-12-24