STRATEGI PRODUKSI KONTEN REELS INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE AKUN @BOOGIEAPPAREL.CO.ID
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37615Keywords:
Instagram, PT Boogie Apparel Indonesia, StrategyAbstract
The daily activities of Indonesians have undergone a shift towards digitalization, including in the field of marketing, which is now carried out using social media (digital marketing). This situation requires every businessperson to learn effective digital marketing strategies. Therefore, this study aims to present Instagram Reels content production strategies for increasing engagement, using a case study of a garment company, PT Boogie Apparel Indonesia. Qualitative methodology was used in this study through interviews and direct observation. This study concluded that reels content can increase the engagement rate on Reels content can increase if supported by several appropriate strategies, namely increasing the frequency of uploads, minimizing the content duration to a maximum of 15 seconds, varying the content format while maintaining consistency, producing high-value content, and creating content hooks that are appropriate based on the content.
Keywords: Instagram, PT Boogie Apparel Indonesia, Strategy
Aktivitas masyarakat Indonesia sehari-hari telah mengalami perubahan ke arah digital, termasuk bidang pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial (pemasaran digital). Kondisi ini menuntut setiap pebisnis dalam mempelajari strategi digital marketing yang baik, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan strategi produksi konten reels Instagram terhadap peningkatan engagement yang menggunakan studi kasus perusahaan garmen, yaitu PT Boogie Apparel Indonesia. Metodologi kualitatif digunakan dalam penelitian ini melalui proses wawancara dan observasi secara langsung. Penelitian ini menghasilkan pernyataan bahwa konten reels dapat meningkatkan engagement pada konten reels dapat mengalami kenaikan jika didukung oleh beberapa strategi yang tepat, yaitu meningkatkan frekuensi unggahan, meminimalisir durasi konten maksimal 15 detik, format isi konten yang beragam namun tetap konsisten, memproduksi konten yang memiliki value tinggi, serta menciptakan hook konten yang sesuai berdasarkan format isi konten.
Kata Kunci: Instagram, PT Boogie Apparel Indonesia, Strategi
Downloads
References
Apjii.or.id. 2025. Survei Internet APJII 2025. [diakses 4 Sep 2025]. https://survei.apjii.or.id/
Basit L. 2018. Fungsi Komunikasi. Jurnal Al-Hikmah Media Dakwah. 9(2): 26-42.
boogieapparel.co.id. (2024). Data Insight dan Rekomendasi Best Practice dari Instagram Professional Dashboard, diakses 29 November 2025 [Data tidak dipublikasikan]. Instagram Professional Dashboard.
Cantone, L., Testa, P., & Marrone, T. (2022). Issues in defining and placing consumer brand engagement. Italian Journal of Marketing, 135–172.
Chawla, Y., & Chodak, G. (2021). Social media marketing for businesses: Organic promotions of web-links on Facebook. Journal of Business Research, 49–65.
Iqbal, M., Sembiring, E. B. (2024). Analisis Video Reels Terhadap Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Engagement Media Sosial Instagram @ruasjaricoffee. Jurnal Multimedia dan Jaringan Terapan, 94-101.
Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication: Taktik & Strategi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 46-53.
Pulizzi, J. (2012). The Rise of Storytelling as the New Marketing. Publishing Research Quarterly, 116-123.
Purbohastuti, A. W., (2017). Efektivitas Media Sosial sebagai Media Promosi. Jurnal Tirtayasa Ekonomika, 213-231.
Rupianti, Reni. (2025). Analisis Content Marketing dalam Meningkatkan Engagement Audiens di Instagram: Studi Kasus pada Akun Bisnis Hijab. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 147-153.
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1-15.
Sukmana, M. K., Pasaribu, V. L. D., Sugiarto, R. M., & Firmansyah, A. (2025). Efektivitas Pemasaran Konten dalam Meningkatkan Engament pada Platform Media Sosial. Jurnal ABDIMAS, 39-51.
Tatasari, T., Desyalfa, A. A., Masrur, W., & Sesilia, D. (2025). Strategi Hook Kreatif untuk Meningkatkan Jangkauan Konten Digital Bisnis Fashion Luxury Hijab. Social Sciences Journal. 13-19.
Wenats, A. G. E., Yusuf, K., Syarief, L. K., Widjanarko, P., Sudarmanti, R., Suraya, Wahyuti, T., Wahyutama, & Suprapto R. (2012). Integrated Marketing Communications, Komunikasi Pemasaran di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















