ANALISIS WACANA KRITIS DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)

Authors

  • Yulianti Universitas Muslim Indonesia
  • Ika Septiana Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37614

Keywords:

Analisis wacana, Iklan, Pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini membahas tentang iklan layanan masyarakat yang bertujuan
memperkuat pendidikan karakter, menggunakan teori Analisis Wacana Kritis Van
Dijk. Tujuan utamanya adalah memahami cara iklan tersebut menyampaikan pesan,
nilai, dan ideologi kepada masyarakat sekaligus perannya dalam membentuk pola
pikir dan perilaku terkait praktik pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah
analisis isi dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data diperoleh melalui
teknik mendengarkan, mencatat percakapan, serta menganalisis elemen visual.
Hasilnya menunjukkan bahwa iklan ini menggunakan narasi yang kuat untuk
membangun citra keluarga yang harmonis dan bertanggung jawab, serta
menghubungkan praktik pendidikan karakter. Bahasa dalam iklan bersifat persuasif
dan penuh emosi, dengan frasa seperti "Pegang Teguh Janji Yang Terucap Dengan
Penuh Tanggung Jawab" yang menekankan teladan dan konsistensi. Pembahasan
menunjukkan bahwa iklan ini tidak hanya berfungsi sebagai kampanye sosial, tetapi
juga memperkuat ideologi tentang keluarga ideal dan nilai-nilai karakter yang
diharapkan oleh masyarakat. Namun, representasi yang terbatas pada keluarga
kelas menengah dapat menimbulkan tekanan dan mengurangi inklusivitas karena
tidak mencerminkan keberagaman Indonesia. Temuan ini menyampaikan bahwa
iklan ini efektif menyampaikan pesan moral melalui narasi yang penuh emosi, tetapi
perlu memiliki representasi yang lebih inklusif agar dapat menjangkau seluruh
masyarakat dengan cara yang lebih efektif, Iklan layanan masyarakat mampu
memengaruhi cara orang memandang dan melakukan tindakan mereka, dengan
memanfaatkan cerita, bahasa yang bisa menyakinkan, serta gambar yang kuat.
Analisis ini memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai peran iklan
layanan masyarakat dalam membentuk pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika, J., Minawati, R., & Waspada, A.

E. (2018).

IKLAN LAYANAN

MASYARAKAT PEDULI SAMPAH.

2, 188–197.

Gunalan sasih, H. (2020). Analisis

pemaknaan semiotika pada karya

iklan layanan masyarakat. 2(2), 44–

51.

Hastuti, S. (n.d.). Efektivitas iklan

layanan masyarakat di televisi. 67–

72.

Kasali, Rhenald, 2006, Manajemen

Periklanan:Konsep dan Aplikasinya

di Indonesia, Pustaka Grafiti,

Jakarta.

Nisa Khoiru Naima. (2015).

PEMASARAN SOSIAL Naima

Khoiru Nisa. Ilm.

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan

Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit

ANDI.

Sahiralayalia, D. U. (2025). ANALISIS

ISI EDUKASI ANTI

CYBERBULLYING DALAM IKLAN

LAYANAN MASYARAKAT PADA

AKUNYOUTUBE@CERDASBERK

ARAKTER.KEMDIKDASMEN

SEBAGAI EDUKASI PUBLIK.

Septiana, I., Asrofah, Muhajir, & Rifai

Ahmad. (2020). Aspek

kebahasaan media digital pada

pembelajaran anak usia dini di

masa pandemi covid-19. 53–62.

Downloads

Published

2025-12-27

Most read articles by the same author(s)