Inovasi Materi Ajar Teks Eksposisi Berbantuan CapCut Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 18 Medan

Authors

  • Lorenza Medolu Waruwu Universitas Negeri Medan
  • Tivani Aurel Universitas Negeri Medan
  • Arnila Pili Universitas Negeri Medan
  • Trisnawati Hutagalung Universitas Negeri Medan
  • Nurul Azizah Universitas Negeri Medan
  • Carnila Aritonang Universitas Negeri Medan
  • Yulinda Saragih Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37600

Keywords:

pengembangan bahan ajar, teks eksposisi, aplikasi Capcut

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar teks eksposisi berbasis video

menggunakan aplikasi CapCut sebagai inovasi media pembelajaran yang lebih

menarik dan mudah dipahami oleh siswa kelas XII. Latar belakang penelitian

bermula dari kebutuhan untuk menghadirkan bahan ajar yang mampu mendukung

pemahaman siswa, mengingat pembelajaran sebelumnya masih bersifat

konvensional dan kurang melibatkan media visual. Penelitian ini menggunakan

metode Research and Development (R&D) melalui tahapan pengumpulan data

awal, perancangan produk, pengembangan video pembelajaran, serta validasi

oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa materi ajar

memperoleh persentase 95% dari ahli materi dan 91,6% dari ahli media, sehingga

dinyatakan sangat layak digunakan. Penilaian tersebut menegaskan bahwa materi

ajar yang dikembangkan telah sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat,

relevan, serta memiliki kualitas tampilan yang mendukung penyampaian materi

secara efektif. Dengan demikian, video pembelajaran berbasis CapCut dinilai

efektif sebagai media ajar karena memenuhi standar kelayakan dan dapat

digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi di kelas XII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisha, H. (2023). Analisis Pembelajaran Menulis Eksposisi di SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa.

Aprilia, E., dkk. (2024). Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di SDN 2 Takeranklanting. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia.

Dedi, Y. (2024). Penerapan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Teks Eksposisi di SMP Batara Gowa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 45–53.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas XII. Kemdikbud RI.

Saputra, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 115–124.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

Downloads

Published

2025-12-25

Most read articles by the same author(s)