PEMANFAATAN APLIKASI DAPODIK DAN ARKAS SEBAGAI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37584Keywords:
Dapodik, ARKAS, Sistem Informasi Managemen Pendidikan, BOS, Sekolah DasarAbstract
Pemanfaatan aplikasi Dapodik dan ARKAS di sekolah dasar merupakan bagian dari transformasi digital tata kelola pendidikan yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis pemanfaatan kedua aplikasi tersebut sebagai Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMdik) yang mendukung perencanaan, pelaporan, dan pengambilan keputusan di satuan pendidikan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi pada Sekolah Dasar Negeri Ajibarang Wetan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dapodik berperan sebagai database utama sekolah untuk mendukung perencanaan berbasis data, sementara ARKAS mempermudah penyusunan, realisasi, dan pelaporan anggaran sekolah melalui mekanisme otomatisasi dan integrasi data. Kendala utama implementasi meliputi keterbatasan kompetensi digital guru, beban kerja operator yang tinggi, gangguan teknis sinkronisasi. Artikel ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan Dapodik dan ARKAS berkontribusi signifikan terhadap efisiensi administrasi, akuntabilitas keuangan, dan transparansi informasi sekolah, namun memerlukan peningkatan kapasitas SDM dan dukungan sarana yang berkelanjutan.
Downloads
References
Anshari, Muhammad. 2025. “The Impact of ARKAS Implementation on BOS Fund Reporting in Elementary Schools in Sanggau Regency” 26 (1): 158–65.
Endang Handayani, Rusi Rusmiati Aliyyah, Rusli Abdul Gani. 2024. “PENERAPAN SISTEM DATA POKOK PENDIDIKAN PADA” 3:2779–2803.
Hartono, Ela Sofiati, Joko Sulianto. 2025. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Pengelolaan Pendidikan Di SMA Negeri 1 Semarang,” no. September.
Kadek Yudi Adnyani, I Gede Putu Banu Aswata. 2023. “Analisis Penggunaan Sistem Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah ( ARKAS ) Terhadap Pengelolaan Dana Bos Sekolah Dasar Di Kabupaten Buleleng Kadek Yudi Adnyani *, I Gede Putu Banu Astawa” 13 (3): 359–67.
Mubarok, Yasid, and M Basri. 2025. “Transformasi Digital Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah ( ARKAS ) Untuk Meningkatkan Transparansi Dan Akuntabilitas Keuangan Sekolah” 6 (4): 2704–25.
Setyaningrum, Any Inti, Eti Yenik, and Joko Sulianto. 2025. “Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di” 10:356–61.
Widyaningsih, Nur. 2025. “Implementasi Program Sistem Data Pokok Pendidikan Dalam Pelaksanaan Administrasi Sekolah Pada Smp Negeri 1 Karas Kabupaten Magetan.” Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen 7 (1): 80–89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















