The PERAN MEDIA E-CARD EDUDAYA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

E-Card Edudaya, Literasi Numerasi, Budaya Banjar, Sekolah Dasar, Media Pembelajaran Digital

Authors

  • Herti Prastitasari Lambung Mangkurat University
  • Yogi Prihandoko Universitas Lambung Mangkurat
  • Eka Cahya Sari Putra Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat
  • Afrida Risa Aliya
  • Muhammad Fathan Noor Habibi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37557

Keywords:

E-Card Edudaya, Literasi Numerasi, Budaya Banjar, Sekolah Dasar, Media Pembelajaran Digital

Abstract

Literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan fundamental yang harus dimiliki siswa di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media E-Card Edudaya dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar dan mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media E-Card Edudaya. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di SD Negeri Pelambuan 2 Banjarmasin dengan subjek 22 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Card Edudaya memiliki enam peran penting: (1) sebagai media visualisasi untuk mengonkretkan konsep bangun datar, (2) sebagai sarana pembelajaran aktif dan interaktif, (3) sebagai alat penguatan pemahaman dan evaluasi mandiri, (4) sebagai stimulus pengembangan literasi numerasi, (5) sebagai penguatan daya ingat melalui repetisi yang menyenangkan, dan (6) sebagai media pengembangan keterampilan spasial. Proses pembelajaran terdiri dari lima tahap: orientasi budaya, eksplorasi konsep bangun datar, analisis sifat-sifat, permainan berbasis gamifikasi, serta kompetisi dan refleksi. Siswa menunjukkan peningkatan pada lima indikator literasi numerasi yaitu kemampuan mengenali dan mengidentifikasi, menganalisis, mengaplikasikan, berkompetisi secara sehat, dan mengkomunikasikan konsep matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdiah, A. N., & Ardani, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika terhadap Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 315–330. https://doi.org/10.29240/jpd.v8i2.11250

Amidi, A. (2024). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 998–1004. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3352

Amir, N. A., Arismunandar, Suardi, Lutfi, & Tati, A. D. R. (2024). Kemandirian Belajar sebagai Solusi Peningkatan Keterampilan Abad 21 pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 07(01), 6977–6986.

As’ari, W., & Kusaeri, A. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Kendi Maling Banyumulek. Jurnal Basicedu, 8(2), 1474–1484. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7427

Ayu, B., & Hanim, A. (2025). Menganalisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Numerasi: Implikasi untuk Pembelajaran Matematika. Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 125–144.

Baroroh, A. Z., Kusumastuti, D. A., & Kamat, R. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2, 269–286. https://lc.binus.ac.id/2022/12/17/pemanfaatan-teknologi-dalam-pembelajaran-berbasis-digital/

Dahlia, D., & Nindiasari, H. (2025). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Pada Materi Statistika Untuk Tingkat SMA. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 420–433. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15343

Darmastuti, L., & Rahayu, W. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi : Materi , Kondisi Siswa , dan Pendekatan Pembelajarannya. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 8(1), 17–26.

Fatimah, N., Setiawati, E., Suharto, T. H., Kunci, K., Datar, B., Banjar, B., & Dasar, S. (2024). Integrasi Etnomatematika Budaya Banjar dalam Pembelajaran Bangun Datar untuk Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 4(6). https://doi.org/10.59818/jpi.v4i6.1004

Hall, M., Madhuvu, A. E., & Namasivayam, P. (2019). The effectiveness of using gamification technology in enhancing student engagement and learning. International Journal of Mathematics and Science Education, 1(2), 33–37. https://sigma.nursingrepository.org/handle/10755/16687%0Ahttps://sigma.nursingrepository.org/bitstream/handle/10755/16687/Hall_PST277_90448_Info.pdf?sequence=2&isAllowed=y

Hasani, B., Yasin, F. N., Jannah, A. U., Aprilia, D. N., & Sirojil, N. (2025). Studi Literature: Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran IPAS Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 14(2), 252–259. https://doi.org/10.26418/jppk.v14i2.89870

Hemmler, Y. M., & Ifenthaler, D. (2024). Self-regulated learning strategies in continuing education: A systematic review and meta-analysis. Educational Research Review, 45, 100629. https://doi.org/10.1016/J.EDUREV.2024.100629

Kifthiyyah, M., Hariastuti, R. M., & Listiwikono, E. (2024). Kemampuan Visual Spasial Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(2), 110–125. https://doi.org/10.32502/differential.v1i2.102

Kumalasari, A. W., Salma, F. N., Ageng, Y., & Legowo, S. (2025). Penguatan Literasi dan Numerasi Anak Migran melalui Pendekatan. Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(9), 4930–4936.

Kuncahyono, K., & Zutiasari, I. (2022). Self Regulated Learning: Integrasi Pembelajaran Kelas Awal melalui Aplikasi Mobile Seamless Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4773–4782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2643

OECD. (2022). PISA 2022 Results.

Prastitasari, H. (2018a). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendikatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1607–1613.

Prastitasari, H. (2018b). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendikatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/63299/

Prastitasari, H., Prihandoko, Y., & Putra, E. C. S. (2025). VALIDITAS E-CARD EDUDAYA: MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK SISWA SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 228–245.

Ramli, R., Damopolii, M., & Yuspiani. (2024). Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3).

Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Students’ Numerical Literacy Ability in Solving Socio-Cultural Context Questions on the Topic of Geometry at the Junior High School Level [In Bahasa]. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548.

Rizqa, A., Syamsuddin, N., & Safrina, K. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Madrasah Aliyah. Numeracy, 11(1), 70–83. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i1.2622

Sakerani, S., Prastitasari, H., & Purwanti, R. (2022). Development of Wetland-Based Teaching Materials to Improve English Vocabulary, Reading Literacy Skills, Early Childhood Numeracy and Elementary School. International Journal of Social Science and Human Research, 5(9). https://doi.org/10.47191/IJSSHR/V5-I9-44

Sinulingga, E., Lisnasari, S. F., Jainab, & Datten. (2025). Menumbuhkan Bernalar Kritis dan Kemandirian Siswa melalui Projek Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas VI Sd Inpres Lingga Tengah-Kab.Dairi. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1984–1992.

Siregar, A. R., Fitri, A., Pakpahan, H., Siregar, E. B., Giawa, F., Siregar, J. M., Ramadhani, N., Matondang, N. H., Hidayah, N., Karo, B., Sonia, P., Simarmata, B., & Hasibuan, R. P. (2024). Etnomatematika sebagai Sarana Penguatan Budaya Lokal melalui Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding MAHASENDIKA III, 44–57.

Suciyati, & Rosdiana. (2024). Pengaruh Penggunaan LKPD Etnomatematika Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(4), 969–977.

Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049

Taufik Qurohman, M., Wardana, A., Abidin, T., Harapan Bersama, P., Mataram No, J., Lor, P., Margadana, K., Tegal, K., Baja Tegal, P., Raya Dukuhwaru, J., Dukuhwaru, K., & Tegal, K. (2024). Literasi Numerasi Matematika dalam Eksplorasi Etnomatematika Tari Topeng Endel. Journal on Education, 06(02), 13643–13653.

Tenny, Nisa, A. K., & Murtaplah. (2021). Pengembangan Literasi dan Numerasi dalam Proses Belajar dan Mengajar Berbagai Mata Pelajaran. In Direktorat Sekolah menengah atas Direktorat Jenderal Paud Pendidikan dasar Dan menengah Kementerian pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan teknologi (Vol. 11, Issue 1).

Zahra, A., & Hasanudin, C. (2025). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro Penalaran Dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro, 5, 277–286.

Downloads

Published

2025-12-23

Most read articles by the same author(s)