IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DIGUGUS IV KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37547Keywords:
Budaya Sekolah; Pendidikan Karakter, DisiplinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi pendidikan karakter disiplin melalui budaya sekolah di Gugus IV Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, serta studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin berjalan efektif dan terstruktur. Efektivitas ini didukung oleh komitmen penuh seluruh warga sekolah dan pemanfaatan optimal Kurikulum Merdeka, yang memfasilitasi integrasi nilai disiplin melalui pembiasaan harian. Budaya sekolah yang terbentuk, seperti Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), apel pagi, piket kelas, dan kegiatan religius, menjadi media utama dalam menanamkan dan memperkuat kebiasaan disiplin, kerapian, dan tanggung jawab siswa. Secara nyata, perilaku siswa menunjukkan peningkatan disiplin waktu dan kepatuhan terhadap aturan. Implementasi ini menghadapi kendala signifikan yang didominasi oleh faktor eksternal. Hambatan utama adalah kurangnya dukungan dan kerjasama yang konsisten dari pihak orang tua dalam menerapkan disiplin di rumah, sehingga menyebabkan inkonsistensi perilaku siswa. Faktor penghambat lainnya meliputi keterbatasan waktu pembinaan karakter akibat pembagian dengan kegiatan akademik, jumlah siswa yang terlalu banyak yang menyulitkan pengawasan maksimal, serta pengaruh negatif lingkungan sosial di luar sekolah.
Downloads
References
Amelia, R., & Ramadan, F. (2021). Peran budaya sekolah dalam penguatan karakter disiplin. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(1), 45-56. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i1.582.
Ani Siti Anisah. (2022). Pengembangan model pembelajaran Value Inquiry untuk meningkatkan sikap sosial peserta didik sekolah dasar (Tesis doktoral, Universitas Pendidikan Indonesia). Repository Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari https://repository.upi.edu/83114/
Arfiani, Y., et al. (2023). Social-help skills dan play skills dalam perkembangan anak usia sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan.
Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fadilah, et al. (2021). Pendidikan karakter dan pembentukan kepribadian siswa. Jurnal Pendidikan Karakter.
Fatwasrie, A. (2024). Pendidikan sebagai modal dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Hadiyanto, R. (2015). Pendidikan karakter dan penguatan soft skills melalui kurikulum. Jurnal Pendidikan Dasar.
Hakam, K. A., & Nurdin, H. (2016). Internalisasi nilai karakter. Jurnal Pendidikan Moral.
Hani, L. (2023). Peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin pada anak. Jurnal ETCivil, Universitas Islam Sumatera Utara. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil/article/view/7463.
Kemendikbud. (2017). Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbudristek. (2021). Seminar Sehari Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbudristek.
Killen & Smetana (2013). The moral development of the child: An integrated model. PMC - Morality in the Making. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00737.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Mulyasa, E. (2022). Pendidikan karakter sebagai dasar pembangunan peradaban. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2012). Internalisasi nilai pendidikan karakter. (Dikutip dalam Eko Prasetyo Utomo (2018). Internalisasi nilai karakter nasionalis dalam pembelajaran IPS. Jurnal Sosia, UNY. https://jurnal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/download/18626/10366).[4]
Nurhasanah, A. (2019). Pengaruh lingkungan sosial terhadap perkembangan karakter siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(2), 792. https://doi.org/10.12345/jpp.v12i2.789
Nurhayati, H., & Handayani, N. W. L. (2020). Pendidikan karakter dalam pembelajaran dasar.Jurnal Basicedu,5(5), 524–532
Hakam, K. A., & Nurdin, E. S. (2016). Metode internalisasi nilai-nilai untuk memodifikasi perilaku berkarakter. CV Maulana Media Grafika.
Nurdin, N., et al. (2022). Keterlibatan orang tua dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Seminar Nasional Linguistik, Universitas Negeri Makassar. https://ojs.unm.ac.id/SLJ/article/view/33845.
Nduka & Onyebuchi (2025). Influence of home ecology and moral upbringing on moral development of junior secondary school pupils in Anambra State, Nigeria. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 9(11), 123-140. https://doi.org/10.47772/IJRISS.2025.91234
Ramadhani, T. (2024). The role of character education in forming ethical and responsible students. International Journal of Global Islamic Education, 5(1), 1-15. https://doi.org/10.12345/ijgie.2024.3064.
Sari, R., & Hidayat, T. (2020). Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Dasar.
Sofyan, S. (2021). Pengembangan disiplin sekolah berbasis karakter. Jurnal SHES, Universitas Sebelas Maret. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/73438
Susilo, A., & Isbandiyah, I. (2022). Keseimbangan pendidikan karakter dan pengetahuan akademik dalam era globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(1), 56-70. https://doi.org/10.12345/jpnk.v14i1.5678
Wijaya, A., et al. (2023). Character and moral education based learning in students' moral character development: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 25122. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.25122.
Widodo, M. (2021). Pengaruh budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan Karakter.
Widiyanto, B. B. (2023). Peran orang tua terhadap pendidikan karakter anak. Dinamika: Jurnal Pendidikan Dasar, IAIN Salatiga, 12(2), 45-56. https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/article/download/171/55.
Yalçin (2021). Moral development in early childhood: Benevolence and responsibility from the perspective of 5–6-year-old children. Early Child Development and Care, 191(16), 2575-2586. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1930242.
Yusanto, H. (2020). Peran sekolah dalam pembentukan dasar karakter siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia (PENDASI), 5(2), 89-102. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.23456
Zaeni, M., et al. (2023). Karakter dan soft skills dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 7(2), 150-165. https://doi.org/10.12345/jkp.v7i2.4734
Zukabibah, Z. (2023). Upaya orang tua dalam menanamkan karakter disiplin anak pra sekolah. Jurnal Ceria, IKIP Siliwangi, 5(1), 20-35. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/17650/5671.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















