PEMANFAATAN LEARNING APPS UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR MENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37529Keywords:
Kata Kunci: LearningApps, Guru TK, Media Pembelajaran InteraktifAbstract
Revolusi digital menuntut integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan, termasuk di tingkat Taman Kanak-kanak (TK). Namun, guru TK Plus Tunas Rimba Cabang Purwakarta mengalami kesenjangan kompetensi digital, di mana perangkat yang ada hanya terbatas untuk komunikasi, sementara pembelajaran masih mengandalkan media fisik. Kondisi ini mendasari perlunya intervensi untuk memanfaatkan tools digital sederhana. Artikel ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan merefleksikan proses, respons, dan pembelajaran dari penyelenggaraan workshop pengenalan LearningApps.org bagi guru-guru TK tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berfokus pada intervensi singkat (3 jam) ini sebagai first exposure. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workshop tersebut berhasil menciptakan pengalaman interaktif pertama dan memungkinkan semua guru mengoperasikan dasar-dasar platform hingga menghasilkan produk media interaktif sederhana. Mayoritas guru memilih template "Pemasangan Pasangan" dan "Kuis Sederhana" karena relevan dengan aspek perkembangan anak usia dini. Meskipun terdapat kendala teknis dan personal, kegiatan ini berhasil meningkatkan awareness dan self-efficacy guru, mengubah perspektif mereka bahwa teknologi dapat menciptakan pembelajaran interaktif dan tidak membosankan. Laporan ini berfungsi sebagai rujukan program pengenalan teknologi serupa dengan sumber daya dan waktu yang terbatas.Abstrak ditulis maksimal 250 kata yang menggambarkan masalah,tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang diperoleh. Abstrak ini dapat ditulis dalam bahasa Inggris dengan semua tulisan dimiringkan. Ditulis dengan menggunakan huruf Arial 12 dengan satu spasi. (Keterangan : abstrak kedua dalam bahasa Indonesia, hanya satu paragraf dan paragraf dalam bentuk rata kiri dan kanan, serta tidak menjorok ke dalam [tidak seperti paragraph biasa])
Downloads
References
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Hardiyanti, W. E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal obsesi : jurnal pendidikan anak usia dini. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I4.1657
Hasan, M, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Cetakan Pertama. Tahta Media Group; Klaten.
Lestari, R.H., Westhisi, S.M. & Wulansuci, G. (2023). Media Berbasis TIK Sebagai Media Pengganti Realitas Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 26-34. doi:https://doi.org/10.33369/jip.8.1. 26-34
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.
Sitanggang, T. W., Priyono, H., & Patel, L. (2025). Lingkungan Bermain Digital Mengintegrasikan Teknologi dengan Permainan Tradisional di Prasekolah: Digital Play Environment Integrating Technology with Traditional Play in Preschool. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33050/mentari.v3i2.775
Syamsiah & Darmawan, A., (2025). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENGENALAN BUAH MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU KB TK TARUNA PRIMA JAGAKARSA. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(1).
UNESCO, U. (2024, September 17). Digital learning and transformation of education: What you need to do. https://www.unesco.org/en/digital-education/need-know
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















