KETERLIBATAN AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37492Keywords:
Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Kooperatif, Sekolah Dasar, Motivasi Belajar, Manajemen KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan faktor penyebab rendahnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran kooperatif di kelas 3 SDN Kebun Bunga 6. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif belum berjalan optimal karena siswa kurang terlibat dalam kerja kelompok. Rendahnya keterlibatan dipengaruhi oleh ketimpangan kemampuan akademik, kurangnya fokus dan kemampuan membaca, serta minimnya dukungan orang tua. Penggabungan dua kelas akibat renovasi sekolah juga membuat suasana belajar tidak kondusif dan sulit dikelola. Kondisi ini menyebabkan hanya sebagian siswa yang aktif, sementara lainnya pasif. Temuan ini menegaskan pentingnya kesiapan siswa, dukungan keluarga, dan pengelolaan kelas dalam keberhasilan pembelajaran kooperatif.
Downloads
References
Amalia, F., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak: Membangun Kolaborasi Efektif dengan Sekolah. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2217–2227. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.593
Az-zuhri, D. N., Risma, A., Hadijah, I., & Dyah Aryani, W. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran PAI. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 932–945. https://doi.org/10.56916/ejip.v4i3.1572
Diauddin, A., Fitriyah, C. Z., Arkesi, A., Sani, A., & Afifah, A. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 11(2), 87–95.
Gao, N., Rahaman, M. S., Shao, W., Ji, K., & Salim, F. D. (2022). Individual and Group-wise Classroom Seating Experience : Effects on Student Engagement in Different Courses. Wearable Ubiquitous Technol, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3550335
Gillies, R. M. (2023). Using Cooperative Learning to Enhance Students’ Learning and Engagement during Inquiry-Based Science. Education Sciences, 13(12), 1242. https://doi.org/10.3390/educsci13121242
Hana Pebriana, P., Misnati, K., Jeniari, F., Azzikra, R., Zhefira Andina, F., Wanti Fitri, D., Zhefira, N., & Pahlawan Tuanku Tambusai, U. (2025). Systematic Literature Review on the Effectiveness of the Cooperative Learning Models in Improving Collaboration and Social Skills of Elementary School Students. The Future of Education Journal, 4, Page. https://journal.tofedu.or.id/index.php/journal/index
Hayati, E. M., Purwanto, A., & Hidayat, D. R. (2023). Analysis of the Cooperative Learning Effectiveness on Students’ Critical Thinking Skills in Science Learning for Primary Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1145–1153. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.994
Hidayah, N. R., Mustaji, Roesminingsih, E., Setyowati, S., & Hariyati, N. (2024). Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(2), 2386–2395. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1055
Karmina, S., Dyson, B., & Setyowati, L. (2024). Teachers’ perspectives on implementing cooperative learning to promote social and emotional learning. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 43(2), 470–479. https://doi.org/10.21831/cp.v43i2.68447
Kurniawan, A., Novita, M., Desi, S., Bilferi, S., Agus, H., Arif, S., Muhammad, R., Akbar, A., & Purba, S. (n.d.). MANAJEMEN KELAS. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Kuswantini, Y., & Priyanti, N. (2024). PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 12(1), 55–71. https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.9915
Li, J., & Xue, E. (2023). Dynamic Interaction between Student Learning Behaviour and Learning Environment: Meta-Analysis of Student Engagement and Its Influencing Factors. Behavioral Sciences, 13(1), 59. https://doi.org/10.3390/bs13010059
Likuru, L. C., & Mwila, P. M. (2022). Overcrowded Classrooms : Effect on Teaching and Learning Process in Public Secondary Schools in. Asian Journal of Education and Social Studies, 30(2), 75–87. https://doi.org/10.9734/AJESS/2022/v30i230744
Muawanah, U. (2023). The Impact of Cooperative Learning Method on Learning Motivation and Academic Achievement of Elementary School Students. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 6(12), 5920–5925. https://doi.org/https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i12-57
Patrisius liber, Marni Marni, Andreas Teko, & Lisna Novalia. (2024). Peran Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Partisipasi Aktif Siswa di Dalam Kelas. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 270–281. https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i2.414
Rahmah, D. A., & Harahap, R. D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1246–1253. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.4825
Rizqa, M., Apriliani, A., & Nurul, A. (2024). Meta Analisis: Pengaruh Manajemen Kelas yang Efektif terhadapa Penigkatan Prestasi Belajar Siswa. JURNAL BASICEDU, 8(1), 592–600. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6699 ISSN
Saputri, A., Fadhilaturrahmi, & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036
Setiawan, A., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2025). The Effectiveness of the Cooperative Learning Model in Enhancing Critical Reading Skills: A Meta-Analysis Study. European Journal of Educational Research, 14(3), 743–760. https://doi.org/10.12973/eu-jer.14.3.743
Sholehuddin, & Wardani, R. K. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah PGSD, 05, 11–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















