PENERAPAN PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN MATERI SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.37454Keywords:
STEAM, pembelajaran IPA, berpikir kritis, pemahaman materi, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman materi siswa sekolah dasar di Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain One Group Pretest–Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang mengikuti pembelajaran IPA dengan pendekatan STEAM melalui kegiatan proyek yang mengintegrasikan unsur sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test, dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis dan pemahaman materi siswa setelah penerapan pendekatan STEAM. Peningkatan ini terlihat dari hasil posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest dan diperkuat oleh hasil analisis statistik yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian, pembelajaran berbasis STEAM terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Arifin, M., & Wibowo, S. A. (2020). The effectiveness of project-based learning in improving elementary students’ science process skills. Journal of Primary Education Research, 5(2), 112–121.
Fitriani, N., Rahmawati, A., & Surayya, L. (2021). Project-based learning to improve students’ scientific literacy in science learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 356–364.
Hidayat, R., & Maulana, H. (2019). Implementation of PjBL to enhance students’ understanding of science concepts. International Journal of Instructional Development, 8(1), 44–53.
Iskandar, D., & Putri, M. L. (2022). Improving elementary students’ critical thinking through project-based learning in science. Journal of Science Education Innovation, 7(1), 24–33.
Kurniawati, E., & Prasetyo, Z. K. (2023). The impact of project-based learning on science learning outcomes in primary schools. Educational Research and Innovation Journal, 12(4), 201–210.
Mahmudah, S., & Yuliani, R. (2020). Enhancing science process skills using project-based learning: A study in elementary school. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 98–107.
Nugroho, P., & Santoso, A. (2024). Project-based learning as an approach to strengthen scientific inquiry skills in primary education. Journal of STEM and Education, 4(1), 55–67.
Rahmadani, T., & Setiawan, D. (2021). The role of PjBL in improving students’ engagement and learning outcomes in natural science. Journal of Classroom Action Research, 9(2), 75–84.
Sari, D. M., & Utami, W. (2022). Development of project-based science learning to increase students’ creativity and scientific reasoning. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 8(1), 12–22.
Yunita, L., & Harahap, S. (2023). Project-based science learning and its effect on students’ conceptual mastery in elementary school. International Journal of Educational Methodology, 9(2), 143–152.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















