IMPLEMENTASI MODEL PEMBINAAN KONDISI FISIK BERBASIS TEORI BELAJAR MOTORIK UNTUK MAHASISWA OLAHRAGA

Authors

  • Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Desima Sigalingging Universitas Negeri Medan
  • Halimah Linco Manullang Universitas Negeri Medan
  • Josua Arlinson Hutasoit Universitas Negeri Medan
  • Ewodia Fourtunelsus Wau Universitas Negeri Medan
  • Nurkadri Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37452

Keywords:

Pembinaan Kondisi Fisik, Teori Belajar Motorik, Mahasiswa Olahraga, Pendidikan Jasmani, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembinaan kondisi fisik berbasis teori belajar motorik pada mahasiswa olahraga serta menilai efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan fisik dan pemahaman teoritis mahasiswa terhadap proses pembelajaran gerak. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga pada satu universitas negeri, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 35 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif-deskriptif dengan desain pretest–posttest. Instrumen meliputi tes kondisi fisik (fleksibilitas, kekuatan otot, daya tahan, dan kecepatan) serta lembar observasi proses pembelajaran berbasis teori belajar motorik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek kekuatan otot (14,8%), daya tahan (12,5%), kecepatan gerak (9,3%), dan fleksibilitas (10,2%). Selain itu, mahasiswa menunjukkan peningkatan pemahaman konsep gerak, koordinasi motorik, serta kemampuan melakukan analisis gerak selama proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembinaan kondisi fisik berbasis teori belajar motorik terbukti efektif meningkatkan kemampuan fisik sekaligus kompetensi kognitif mahasiswa olahraga. Model ini layak diimplementasikan secara luas pada mata kuliah yang menekankan aktivitas fisik dan analisis gerak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahamed, Y., & Singh, K. (2021). Motor learning principles in physical conditioning: A systematic review. Journal of Sports Science and Education, 9(2), 112–123.

Bahr, R., & Krosshaug, T. (2018). Understanding injury mechanisms and motor learning approaches in sports training. Sports Medicine, 48(3), 484–495.

Bompa, T., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization: Theory and methodology of training. Human Kinetics.

Coker, C. (2022). Motor learning and control for practitioners. Routledge.

Côté, J., Erickson, K., & Turnnidge, J. (2020). Youth athlete development and motor learning strategies. International Journal of Sport Psychology, 51(1), 1–15.

DeWeese, B., & Nimphius, S. (2020). Program design in strength and conditioning for university-level athletes. Strength and Conditioning Journal, 42(4), 67–78.

Farrow, D., & Robertson, S. (2017). Contextual interference and motor skill acquisition. Journal of Applied Sport Psychology, 29(4), 425–441.

Gabbett, T. (2020). The training–performance relationship: Implications for physical conditioning. Journal of Strength and Conditioning Research, 34(5), 1441–1450.

Gentile, A. (2019). Skill acquisition frameworks and their practical applications. Motor Control Review, 23(3), 201–215.

Magill, R., & Anderson, D. (2021). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill.

Marques, M. C., & González-Badillo, J. (2021). Neuromuscular adaptations to strength training in university students. Journal of Human Kinetics, 76(1), 113–123.

Newell, K. (2020). Constraints-led approach in motor learning: Implications for physical training. Human Movement Sciences, 70, 102595.

Raab, M., & Araújo, D. (2019). Embodied cognition and motor learning: Sports performance context. Psychology of Sport and Exercise, 41, 123–130.

Schmidt, R., & Lee, T. (2020). Motor control and learning: A behavioral emphasis (6th ed.). Human Kinetics.

Sugiarto, A., & Mulyadi, D. (2022). Pengaruh latihan berbasis motor learning terhadap peningkatan kondisi fisik mahasiswa. Jurnal Ilmu Keolahragaan Indonesia, 12(1), 45–56.

Widiastuti, W., & Pratama, R. (2023). Model pembinaan kondisi fisik berbasis praktik variatif pada mahasiswa olahraga. Journal of Physical Education and Sport Sciences, 7(2), 88–99.

Williams, A., & Hodges, N. (2019). Skill acquisition in sport: Research, theory, and practice. Journal of Sports Sciences, 37(1), 15–28.

Yusuf, M., & Hakim, F. (2024). Efektivitas latihan progresif berbasis teori belajar motorik untuk peningkatan kemampuan fisik dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga Nasional, 5(1), 21–34.

Downloads

Published

2025-12-19

Most read articles by the same author(s)