PERAN PERAN PENDIDIKAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK KESADARAN POLITIK MAHASISWA PPKN UNIMED STAMBUK 2024 DI ERA DIGITAL
Untuk mengetahui PERAN PENDIDIKAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK KESADARAN POLITIK MAHASISWA PPKN UNIMED STAMBUK 2024 DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37442Keywords:
Pendidikan sosial, Kesadaran politik, Mahasiswa.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan sosial dalam membentuk kesadaran politik mahasiswa, dengan fokus pada konteks mahasiswa program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis fenomena melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk memahami karakteristik, sifat, dan makna dari data terkait.Pendidikan ini tidak hanya informatif tetapi juga transformasional, meningkatkan kesadaran politik melalui interaksi dalam organisasi kemahasiswaan, diskusi, dan kegiatan kampus, dengan pengaruh sekitar 30,7% berdasarkan studi terkait. Mata kuliah PPKn menjadi landasan strategis untuk membentuk sikap kritis, etika politik, dan partisipasi aktif dalam isu-isu sosial-politik, termasuk di era digital. Namun, partisipasi mahasiswa masih belum merata, dengan sebagian hanya memahami konsep secara teoritis. pendidikan sosial membekali mahasiswa sebagai agen perubahan yang cerdas dan bertanggung jawab dalam demokrasi dan pembangunan bangsa. Penelitian ini mendorong kampus untuk mengoptimalkan pendekatan kontekstual guna meningkatkan partisipasi politik mahasiswa secara berkesinambungan.
Downloads
References
Aliansi. (2024). Analisis Peran Pendidikan Politik Dalam Membangun Kesadaran Mahasiswa Berpartisipasi Dalam Pemilu Tahun 2024.Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Darmawan, D. (2019). Pendidikan Sosial dan Pembangunan Karakter Bangsa di Era Digital. Bandung: Alfabeta.
Faisal, S. (2018). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Farikiansyah, I. M. (2024). Meningkatkan Partisipasi Pemilu melalui Literasi Politik bagi Pemilih Pemula.Jurnal Edukasi Pemilu dan Demokrasi. 5(1), 32–45.
Fauzy, A. A., Amri, R., & Sari, P. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kesadaran Politik MahasiswaMahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).
Fauziyah, N. (2023). Peran Pendidikan Politik di Perguruan Tinggi terhadap Kesadaran Politik Mahasiswa. Journal of Democratic Civic Education, 2(1).
Hidayati, E., Eddison, A., & Arianto, J. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Literasi Politik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(4).
Hidayat, R. (2020). “Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Kesadaran Politik Generasi Muda.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 145–156.
Kusuma, R. (2024). Pendidikan Politik dan Internaliasi Nilai Demokrasi pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Demokrasi.
Malnes, H. A., & Najicha, F. U. (2024). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Civic Participation Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Kewarganegaraan, 9(2).
Nugroho, A. (2021). “Pengaruh Literasi Digital terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa di Media Sosial.” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(4), 230–239.
Nugroho, L. (2025). Peran Pendidikan Sosial Politik dalam Memperkuat Kultur Demokrasi Mahasiswa di Indonesia. Jurnal Studi Politik dan Sosial.
Nurdin, A., & Rahmawati, D. (2023).Membangun Literasi Politik Melalui Pendidikan di Perguruan Tinggi.Jurnal Siyasi: Kajian Pendidikan dan Politik Islam, 6(1), 55–70
Pratama, E. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Aktivisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.
Purwanto, A. (2020). Media Digital dalam Pembelajaran Kewarganegaraan. Yogyakarta: Deepublish.
Rahman, A., & Dewi, S. (2023). Pengaruh Sosialisasi Politik Melalui Proses Belajar Mengajar dan Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Kesadaran Politik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sosial Politik.
Razali, E., Erlinda, & Arianto, J. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa FKIP Universitas Riau. Jurnal Ilmiah Sosial Humaniora, 5(3).
Sari, N., & Putra, G. (2025). Pengaruh Pendidikan Sosial Terhadap Kesadaran Politik Mahasiswa: Studi Kuantitatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Timbul, S., et al. (2025). Faktor Internal dan Eksternal dalam Kesadaran Berpolitik Mahasiswa Pemilih Pemula. Jurnal Ilmu Politik.
Wati, Y., & Saputra, D. (2023). Pendidikan Sosial dan Partisipasi Politik Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Teknologi dan Media Sosial.
Yasa, I. W. D., Darmayasa, I. M., & Putra, N. (2025). Pendidika Kewarganegaraan sebagai Kesadaran Politik di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Sosial, 14(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















