IMPLEMENTASI PROGRAM ILSC (ISLAMIC LANGAGE AND SPEECH COMPETITION) DALAM PENINGKATAN MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK PONDOK PESANTREN MODERN JABAL AN-NUR AL-ISLAMI

Authors

  • nur azizah wulandari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • robiyah nur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • ahmad iqbal Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • intan muflihah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37403

Keywords:

Kompetisi Bahasa dan Pidato Islam, Keterampilan Berbahasa Arab (, Efektivitas Program Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program Kompetisi Bahasa dan Pidato Islam (KBPI) di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami dan dampaknya terhadap peningkatan keterampilan berbicara (maharah kalam) para santri. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas program ini dengan berfokus pada empat faktor kunci dalam teori implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh George C. Edward III: komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan, memanfaatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data dari informan kunci, termasuk instruktur bahasa, administrator program, dan santri. Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri, kelancaran, dan kosakata santri setelah mengikuti KBPI. Komunikasi yang efektif antar peserta, sumber daya yang memadai, dan sikap positif siswa berkontribusi pada keberhasilan program. Namun, tantangan seperti tingkat kemahiran berbahasa yang bervariasi di antara siswa dan terbatasnya waktu latihan teridentifikasi. Studi ini menyimpulkan bahwa program ILSC merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab, tetapi rekomendasinya mencakup perpanjangan sesi latihan dan penyesuaian materi untuk mengakomodasi beragam kemampuan siswa. Penelitian ini menawarkan wawasan baru tentang integrasi teori implementasi kebijakan ke dalam lingkungan pendidikan, khususnya dalam meningkatkan keterampilan berbahasa melalui lingkungan belajar yang kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, Pendidikan, Islam Di, and M. A. N. Medan. 2022. “Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di MAN 1 Medan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 3(2):147–53. doi:10.30596/jppp.v3i2.11758.

Akil Rahmatillah, Wais Alqarni, Afrijal. 2023. “IMPLEMENTASI PROGRAM ACEH GREEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EDWARD III.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK 8(3).

Ali, Sri Widyarti. 2025. “Membangun Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Bahasa Inggris SD Melalui Permainan Edukatif.” Jurnal Pengabdian Sosial 2(8):3867–71.

Ardea Pramesti, Ade Dwi Juliani Ritonga, Muhammad Wildan Fikri Azkia, and Sahkholid Nasution. 2024. “Mengungkap Faktor Penghambat Dan Solusi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Di SMP IT Al-Hijrah Kelas IX.” Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 3(1):209–23. doi:10.59059/al-tarbiyah.v3i1.1958.

Chandra, Ricky Marcelino, Michael Kurniawan Sudjianto, and Erica Adriana. 2023. “FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI (YANG PERLU DIMILIKI) GENERASI Z DALAM MEMPERSIAPKAN KARIR.” Student Research Journal 1(3):1–13.

Fadila, Farah, and Muammar Khaddafi. 2025. “DATA COLLECTION IN QUALITATIVE RESEARCH : INTERVIEWS.” 13446–49.

Hakim, Arif Rahman, and Arif Wibowo. 2023. “The Utilisation of Synchronous and Asynchronous Online Learning Media in Distance Learning in Madrasah Aliyah.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 21(1):48–62. doi:10.21154/cendekia.v21i1.5760.

Hasan, Fajria. 2025. “Pengaruh Kuis Kompetitif Berkelompok Terhadap Keaktifan Dalam Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Palu.” JURNAL BANUA OGE TADULAKO 5(1):1–7. doi:10.22487/jbot.v5i1.5144.

Hayati, Nursri, and Ira Aniati. 2025. “Inovasi Pendidikan Tinggi: Implementasi Kurikulum MBKM Di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 24(1):88. doi:10.24014/af.v24i1.34177.

Inovasi, Jurnal, Pendidikan Bahasa, and Sastra Vol. 2024. “IMPLEMENTASI TASJI’UL LUGHOH AL AROBIYAH : STUDI DIPONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN BUSTANUL ULUM JAYASAKTI.” 4(2):82–91.

Miftah, M. 2019. “STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN.” Jurnal Teknodik 084–094. doi:10.32550/teknodik.v12i2.473.

Musdiansyah putra, and Siti Aisyah. 2023. “EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PENGELASAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA MASYARAKAT (STUDI KASUS ALUMNI PELATIHAN UPT BLK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2020).” CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis 3(1):164–70. doi:10.55606/cemerlang.v3i1.713.

Mutmainnah, Iin, and Lilis Amalia. 2025. “Model of Educational Unit At the Salafi Islamic Boarding School Tahfidzul Qur ’ an Zam Zam Portrait of Makassar.” 13(2):185–204.

Putri, Fatma Nuraini. 2020. “PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PELAJARAN BAHASA INDONESIA.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 8(1):16. doi:10.30659/j.8.1.16-24.

Putri, Syifa Firdausi, Nurul Insani Rahman, and Reyka Mei Anggraini. 2025. “Inovasi Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Di Gontor Putri.” Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies 4(1):21–37. doi:10.53038/tlmi.v4i1.185.

Rahmadon, and Mikyal Oktarina. 2024. “Kurikulum Bahasa Arab: Pendekatan Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Siswa.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7(4):15543–50.

Ristiyani, Rina, Rizka Sari, Siti Kholifah, Pendidikan Bahasa Arab, and Pasir Pengaraian. 2025. “Pembelajaran Bahasa Arab Digital Di Mas Tahfidz.” 04(04):2–7.

Roidatus Shofiyah, Risma A’limathus Zuriah, and Saidah Fiddaroini Harun. 2025. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Santri Melalui Pembelajaran Interaktif Di Musholla An-Nur, Gadingrejo Pasuruan.” Jurnal Kabar Masyarakat 3(1):285–92. doi:10.54066/jkb.v3i1.3164.

Salsabila, Saffa Indah, and Diana Hertati. 2022. “Efektivitas Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Di UPTD BLK Kabupaten Kotawaringin Timur.” PERSPEKTIF 11(4):1360–68. doi:10.31289/perspektif.v11i4.7933.

Shahnaaz, Penerapan Prinsip-prinsip, Amrila Sani, M. Si, Penerapan Prinsip-prinsip Good, Corporate Governance, D. I. Pt, Distribusi Jateng, D. A. N. Diy, and Area Yogyakarta. 2024. “Implementation of Good Corporate Governance Principles in Pt .” 1138–53. doi:10.23920/jphp.v1i2.292.1.

Sry Ramdani, Riska, and Fahmi Surya Abdi. 2025. “Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kreatif Lapangan Di Pasar Masomba Kota Palu.” JSIP: Jurnal Studi Inovasi Pemerintahan 1(2):3. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/jsip/index.

Susanto, Dedi, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 1(1):53–61. doi:10.61104/jq.v1i1.60.

Wafa, Hosnol, Faridahtul Jannah, Sri Andayani, Indra Tjahyadi, and Adi Sutrisno. 2023. “Pemanfaatan Metode Kompetisi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Pendidikan Anak Usia Dini.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2):4430–34.

Downloads

Published

2025-12-24