Komunikasi Kelompok dalam MGMP Sekolah sebagai Penggerak Perubahan Organisasi

Authors

  • Histura Priya Jati UIN SAIZU PURWOKERTO
  • M. Khilmi Khasib UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Warsito UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Sujapar UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • T. Dirin Pathin UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Suparjo UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37266

Keywords:

Komunikasi kelompok, MGMP sekolah, Perubahan organisasi, Kolaborasi guru, Manajemen pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menelaah peran komunikasi kelompok dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai motor penggerak perubahan organisasi sekolah. MGMP dipandang sebagai wadah profesional guru yang memiliki potensi strategis untuk meningkatkan kompetensi, menumbuhkan budaya kolaboratif, serta mendorong inovasi pembelajaran. Namun, praktik MGMP di lapangan masih menghadapi hambatan berupa komunikasi yang kurang efektif, dominasi agenda administratif, dan terbatasnya ruang diskusi mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus pada satu MGMP sekolah menengah yang aktif melaksanakan kolaborasi guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kelompok yang terbuka, dialogis, dan berkesinambungan mampu memperkuat kerja sama antarguru melalui forum diskusi rutin, penyusunan perangkat ajar bersama, koordinasi asesmen, serta pelaksanaan lesson study. Pola komunikasi tersebut melahirkan berbagai inovasi pembelajaran, antara lain modul ajar kolaboratif, strategi literasi, dan asesmen terpadu. Faktor kunci yang mendukung efektivitas komunikasi adalah kepemimpinan partisipatif serta pemanfaatan teknologi digital untuk memperluas koordinasi. Penelitian juga mengungkap bahwa intensitas komunikasi dalam MGMP berkontribusi terhadap terbentuknya budaya organisasi yang kolaboratif, adaptif, dan reflektif. Secara konseptual, penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi kelompok merupakan fondasi penting bagi transformasi organisasi sekolah. Hasil empiris memperkaya kajian manajemen pendidikan, khususnya mengenai dinamika komunitas profesional guru. Kendati demikian, penelitian hanya dilakukan pada satu sekolah sehingga hasilnya belum dapat digeneralisasi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lanjutan dengan cakupan lebih luas untuk memperkuat temuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A., Limatahu, K., & Juliadharma, M. (2025). No Title. 11(September), 316–324.

Ambarita, E. (2022). Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Sebagai Organisasi Pembelajar terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Studi. 6(2), 227–243.

Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., Rosita, C. D., & Maharani, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. 1, 23–29.

Angraini, F., & Barat, S. (2023). EVALUASI MANAJEMEN MGMP : SEBUAH ANALISIS PENTINGNYA , EFEKTIVITAS , TANTANGAN , DAN SOLUSI.

Ariyanti, N., & Ubaidillah, M. (2021). Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( Mgmp ) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Ma Di Kabupaten Pasuruan. 22–34.

Darussalam, J., & Pendidikan, J. (2019). MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI Husna Amalia. XI(1), 132–147.

I, A. Y. I. S., & Sunaryo, H. (2021). Pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program MGMP pada motivasi dan kinerja guru. 9(2), 189–202.

Inovasi, J., & Akademik, R. (2023). No Title. 3(1), 50–57.

Inovasi, J., Ilmiah, K., & Vol, G. (2024). SEMARANG. 4(4), 190–199.

Islam, M. P., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2024). Pengaruh Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ), Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ( IPAS ) di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Swasta Kota Pekanbaru. 8, 43233–43239.

Kayati, A. N. (2020). KOLABORASI GURU DALAM MGMP SEBAGAI. 11, 31–47.

Kendala, B., Study, C., Kota, L., & Sumatera, W. (2020). K EBIJAK AN. 14, 109–128.

Maulani, R., & Supriadi, D. (2025). Pengaruh Komunitas Belajar Guru , Kolaborasi Guru , dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kualitas Pengajaran pada SMP Negeri di Kecamatan Ngombol. 8(2).

Maure, F. S., & Datuk, A. (2021). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sosiologi di Kota Kupang. 111–118.

Nurfitri, I. (2018). AKTIVITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN ( MGMP ) ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) DALAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU BERKELANJUTAN ( MTSN JAKTIM ). 14(14), 119–136.

Nurlaeli, Y., & Saryono, O. (2018). Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru Bahasa Inggris. 2(2).

Pendidikan, J. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan MGMP di MAN 3 Aceh Timur Tahun 2024. 3(1), 17–24.

Pendidikan, J. P. (2024). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja guru 1. 5(1), 21–28.

Penelitian, S., & Kabupaten, D. I. (2022). No Title. 2(2), 70–78.

Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman, Journal of Management, Accounting and AdministrationVol. 1, No.2 : 2024, hlm 81. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://pub.nuris.ac.id/journal/jomaa/article/view/93

Rahim, A. (2023). No Title. 3(1), 25–31.

Roesminingsih, E. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. 1, 99–110.

Sipatokkong, J., Sulsel, B., Tahun, O.-D., & Mgmp, A. (2022). Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Busran. 3(4), 140–153.

Siswa, D., & Pengambilan, D. (2025). Social Science Academic. 3(1), 27–36. https://doi.org/10.37680/ssa.v3i1.6310

Smart, B., Era, D., Belajar, M., Handayani, S., P, P. H., Prasastianta, D. E., & Amalina, E. N. (n.d.). Reintegrasi MGMP Dan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Merancang Evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi. 161–172.

Suhendri, A. (2023). Pengelolaan MGMP Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru ( Studi Di MGMP IPA Kabupaten Ciamis ). 1(4).

Syaifudin, M. (2023). Al-Amin : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora. 1(September), 57–66.

Tahsinia, J., & Andriastuti, M. (2024). MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR. 5(8), 1169–1179.

Downloads

Published

2025-12-24