PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS CANVA (GAMEVA) PADA MATERI MEMBANGUN KOSAKATA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37220Keywords:
Game edukasi, Gameva, Kosakata, Sekolah Dasar, Pengembangan ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis Canva (Gameva) pada materi membangun kosakata kelas IV di sekolah dasar yang layak, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap kosakata. Pengembangan ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes. Validasi dilakukan oleh validator media, valildator materi dan validator bahasa. Hasil validasi media memperoleh rata-rata 93,33% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi materi memperoleh rata-rata 86,11% dengna kategori “Sangat Layak”, dan validasi bahasa memperoleh rata-rata 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan Praktikalitas Gameva oleh guru memperoleh rata-rata 100% dengan kategori “Sangat Praktis”. Uji coba praktikalitas pada peserta didik dibagi menjadi 2 tahapan yaitu uji coba satu-satu (one to one) dan uji coba kelompok kecil. Pada uji coba satu-satu praktikalitas memperoleh rata-rata 94,15% dengan kategori “Sangat Praktis”, pada uji coba kelompok kecil praktikalitas memperoleh rata-rata 92,58% dengan kategori “Sangat Praktis”. Gameva juga dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan membangun kosakata dengan memperoleh nilai Gain Ternormalisasi sebesar 83,33% dengan kategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis Canva (Gameva) pada materi membangun kosakata kelas IV di sekolah dasar telah memenuhi kelayakan, praktikalitas, dan membantu dalam meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga produk ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Downloads
References
Afidah, N., & Subekti, F. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Digital terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 8(3), 1944–1952.
Hardiyantari, O. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknik Dinamis pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 77.
Hikmah, N. (2019). Perkembangan peserta didik sekolah menengah (Vol. 1, Issue 3). Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(1), 1–12.
Sari, N. (2022). Game Edukasi Online pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communication, 2, 73–77.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. CV.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















