PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS HIKAYAT BERBANTUAN E-BOOK PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37218Keywords:
e-book, materi ajar, teks hikayatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks hikayat berbantuan e-book bagi siswa kelas X MAN 1 Medan sebagai alternatif sumber belajar yang mudah diakses, menarik, dan sesuai kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RNB) Borg & Gall yang meliputi tahap: penelitian awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi, uji coba lapangan, serta penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 1 Medan yang berjumlah 34 orang dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book materi ajar teks hikayat yang dikembangkan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta mempermudah akses terhadap sumber belajar tambahan seperti contoh hikayat, analisis struktur, latihan soal interaktif, dan glosarium digital. Validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan kategori “sangat layak”, dengan persentase kelayakan masing-masing 92% dan 94%. Uji coba terbatas dan uji coba lapangan juga menunjukkan respon positif dari siswa, ditandai dengan peningkatan motivasi belajar, kemudahan memahami materi, dan kemampuan menganalisis unsur teks hikayat. Dengan demikian, e-book materi ajar teks hikayat yang dikembangkan melalui pendekatan RNB layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri maupun pendamping pembelajaran di kelas, serta efektif dalam membantu siswa mengakses berbagai sumber pengetahuan secara praktis dan fleksibel.
Kata kunci: e-book, materi ajar, teks hikayat
Downloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur
Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482.
https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Azizah, N. (2022). Pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi
dengan teknik clustering berbantuan media komik strip digital di Sekolah Menengah
Pertama (Tesis Magister, Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia Repository.
Berliannisa, F. (2023). Penggunaan Media Ajar Video Dalam Pembelajaran Teks Hikayat
Kelas X Sma.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). Longman.
Chaer,Abdul.2011.Ragam Bahasa Ilmiah.Jakarta:Rineka Cipta.
Faizah, H., Auzar, A., Ulfa, R. Y., & Rahayu, S. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran
Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital di SMA Muhammadiyah 2 Kota Pekanbaru.
Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 23252-23257.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15400
Hadi, S. (2015). Pengembangan bahan ajar hikayat untuk pembelajaran sastra di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(2), 115–128.
Hadi, S. (2015). Pengembangan bahan ajar hikayat untuk SMA/MA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 112–120.
Hosan, M. (2014). Pendidikan di Era Globalisasi: Menghasilkan Mahasiswa yang Produktif dan Berdaya Saing. Jurnal Pendidikan Global, 7(2), 34-41.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga.
Mafrukhi, dan Wahono. (2017). ESPS : Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok
Wajib. Jakarta : Erlangga.
Priyono, A. (2020). Model pembelajaran case method dalam pendidikan abad 21. Pustaka Pelajar.
Subagiharti, H., & Handayani, D. S. (2025). Metaphor analysis in the Hikayat Si Miskin: Cultural and moral reflections in classical Malay literature. English Review: Journal of English Education, 13(1), 57–66.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















