NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DALAM QS. AL-AN’AM [6]: 102–103 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI SMP

Abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka

Authors

  • Diah Irdiyana Rizqi UIN Raden Intan Lampung
  • Amia Kasmila UIN Raden Intan Lampung
  • Ainal Gani UIN Raden Intan Lampung
  • Muhammad Akmansyah UIN Raden Intan Lampung
  • Amirudin UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37107

Keywords:

Pendidikan Akidah, Tauhid, Pembelajaran PAI di SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan akidah yang terkandung dalam QS. Al-An’am [6]: 102–103 serta menganalisis relevansinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan tafsir tematik (tafsir maudhu’i) dan tafsir tarbawi. Sumber data penelitian mencakup kitab tafsir klasik dan modern seperti Tafsir al-Maraghi, Tafsir Ibn Katsir, Tafsir al-Mishbah, serta literatur pendidikan Islam kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa QS. Al-An’am [6]: 102–103 mengandung nilai-nilai utama pendidikan akidah, yaitu: pengakuan terhadap keesaan Allah (tauhid uluhiyah), kesadaran akan kekuasaan dan pemeliharaan Allah atas seluruh makhluk (tauhid rububiyah), dan kesadaran spiritual akan keterbatasan manusia dalam memahami hakikat ketuhanan. Nilai-nilai tersebut memiliki relevansi signifikan dalam pembelajaran PAI di SMP, khususnya dalam penguatan iman, pembentukan karakter religius, serta pengembangan kesadaran spiritual peserta didik. Integrasi nilai-nilai akidah ke dalam proses pembelajaran dapat diwujudkan melalui pendekatan kontekstual, keteladanan guru, dan kegiatan reflektif yang menumbuhkan hubungan spiritual antara peserta didik dan Allah Swt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. N., Nashihin, M., & Nursikin, M. (2024). Peningkatkan Karakter Religius Siswa Melalui Internaliasi Nilai Dalam Kegiatan Keagamaan Dan Sosial. Madinah: Jurnal Studi Islam, 11(2), 295–312. Https://Doi.Org/10.58518/Madinah.V11i2.2950

Amir, A. N., & Rahman, T. A. (2025). THE SOCIO-ETHICAL TAFSIR OF SAYYID QUTB. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 18(1), 137–156. Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Ijtimaiyya/Index

Dian Rahmawati. (2022). Islamic Education As Cultural Socialization. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1010–1016.

Diskursus Islam, J. (2015). Konsep Al-Rububiyah (Ketuhanan) Dalam Al-Qur"An. 3(1). Http://Pojokkata.Wordpress.Com/

Dul Wahid Toha, Eman Puroman, & Fenty Setiawati. (2025). Internalisasi Nilai Tauhid Sebagai Pilar Pendidikan Islam Transformatif. Journal Of Education And Social Culture, 1(1), 80–85.

Erdawati, S. (2024). IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Term Pendidikan Dalam Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). Http://Ejournal.Yayasanpendidikandzurriyatulquran.Id/Index.Php/Ihsan

Fadhlurrahman, Munaya Ulil Ilmi, & Hardi Mahardika. (2022). INTERNALISASI NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK; KAJIAN ATAS PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. JRTIE: Journal Of Research And Thought Of Islamic Education, 3(1).

FIKRI LATIPATUL HUDA. (2024). Pendidikan Keimanan (Kajian Tafsir Surat Al-An’am Ayat 74-79).

Firdiana, L., Isrofuzain, I., & Anshory, M. I. (2025). Urgensi Pendidikan Tauhid Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Anak. TSAQOFAH, 5(4), 4215–4256. Https://Doi.Org/10.58578/Tsaqofah.V5i4.6751

Ihsannudin, A., Syifana, N., & Mutiah, N. (2024). Tauhid-Based Student Management In Islamic Schools: A Case Study At SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Journal Of Islamic Education Management Research, 2(2), 139–150. Https://Doi.Org/10.14421/Jiemr.2024.22-05

Khoiruddin, M. (2022). Pendidikan Sosial Berbasis Tauhid Dalam Perspektif Al-Qur’an. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 18(1), 51–61.

Kurniawan, A., & Az-Zahra, A. (2022). METODELOGI TAFSIR AL-MARAGHI. Al-Dirayah, 4(2), 1–17. Https://Penelitianilmiah.Com/2022/12/17/

Mansyur, M. S., Nawawi, M. A., & Batan, J. (2023). Kebahagiaan Spiritual Bagi Nestapa Manusia Modern (Studi Pemikiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsîr Al-Mishbâh̲). IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 01–20.

Masruroh, A. (2024). Konsep Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Nasrullah, Y. M., Fauzan Wakila, Y., & Fatonah, N. (2021). Peneguhan Karakter Islam Peserta Didik Melalui Rukun Iman Dengan Metode 3P (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 15(02), 484–501. Www.Journal.Uniga.Ac.Id

NURUL QALBI. (2024). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA DAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI). UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Purba Wijaya, S., Wahab, & Kurniawan, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Education Research, 5(4), 6766–6776.

Rahmayani. (2024). MEMAHAMI MAKNA AL-ASMA’U AL-HUNA. JURNAL KUALITAS PENDIDIKAN, 2(2).

Rhohmah, L. (2022). PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KASUS DI SMP N 20 SEMARANG. Conference On Islamic Studies (Cois ), 3, 341–355.

Rohman, A. (2022). WACANA MELIHAT ALLAH DALAM TAFSIR TEOLOGIS. Jurnal Asy-Syukriyyah, 23(1), 54–74. Https://Doi.Org/10.36769/Asy.V23i1.205

Shofaussamawati. (2023). IMAN DAN KEHIDUPAN SOSIAL. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 2(2).

Syafruddin. (2025). INTEGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL. Kreatif: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 23(2), 135–148. Https://Doi.Org/10.52266/Tadjid.V7i1.1851

Syam, F., & Husna, F. (2024). Desain Pembelajaran Al-Quran Di Outdoor Dan Strategi Penanaman Tauhidullah Peserta Didik Di Taman Pendidikan Al-Quran. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 13(2), 91–103. Https://Doi.Org/10.18592/Jtipai.V13i2.9380

Zainal Abidin Bilfaqih. (2023). TAUHID SEBAGAI BASIS PEMBENTUK ETIKA PENDIDIKAN ISLAM YANG BERWAWASAN PERADABAN. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 216–227.

Downloads

Published

2025-12-22

Most read articles by the same author(s)