INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MI WAHID HASYIM BAKUNG BLITAR
Keywords:
Inovasi Kurikulum, Implementasi Kurikulum, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diterapkan di MI Wahid Hasyim Bakung Blitar. Inovasi kurikulum menjadi kebutuhan penting dalam menjawab tantangan zaman dan membentuk karakter siswa sejak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara yang mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Bentuk inovasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di MI Wahid Hasyim Bakung ini cenderung bersifat top down dan bottom up. Proses inovasi kurikulum Pendidikan Agama Islam MI Wahid Hasyim Bakung dilaksanakan sesuai dengan visi misi lembaga. Adapun tahapannya adalah perencanaan, implementasi, dan evaluasi yang dilakukan dengan pemetaan, implementasi Inovasi dengan menerapkan empat aspek yaitu Intrakurikuler, Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rohmatan lil’alamin, Ekstrakurikuler, dan Aktualisasi Budaya Madrasah. Sedangkan dalam evaluasi kurikulum secara regular, yaitu jangka pendek satu tahun sekali dan jangka panjang 4 tahun sekali.
Downloads
References
Achadah, A. (2020). Model Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 1–10.
Daryadi, Y., Azhari, A. S., Firdaus, M. A., & Faqih, A. (2023). The Factors Affecting The Speed of PPT Innovation Adoption in The Rice Field SL-PTT Program. Eduvest-Journal of Universal Studies, 3(10), 1762–1775.
Hayati, C. I., & Herawati, H. (2022). INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM RANGKA PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL. JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE, 8(2), 337–348.
Ilmiyah, L., Maghfiroh, A., Ardinigrum, A. D., Aryani, N. R., & Zainiyati, H. S. (2022). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Man 1 Mojokerto. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 12(2), 83–90.
Jaya, P. H. I. (2023). PROSES PERUBAHAN BERBASIS INOVASI: Membumikan Nilai-nilai Islam Dengan Konsep Difusi Inovasi Dari Rogers.
Kulsum, N. N. S., Surahman, E., & Ali, M. (2020). Implementasi model discovery learning terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 15(2).
Nida, S., Rafiqie, M., Mashuri, S., Setyaningrum, P. N., & Sagran, A. A. (2025). Dynamic Transformation of Islamic Religious Education Curriculum In Indonesia. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 9(2), 192–199.
Samsul, A. R., Shulhan, S., & Trinova, Z. (2020). Nilai Hormat pada Diri Sendiri Tawaran Aplikatif Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 6(1), 24–36.
Suyudi, H. M., Putra, W. H., & Pd, M. (2024). Pendidikan Islam: Potret perubahan yang berkelanjutan. Penerbit Adab.
Wilatikta, A. (2020). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Jenjang Pendidikan Dasar: Kontekstualisasi Strategi Pembelajaran Semasa Pandemi. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 5(1), 251–263.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















