Pengembangan Modul IPAS Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kelas IV SDN 001 Airtiris
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37065Keywords:
Modul pembelajaran, Problem Based Learning, IPAS, hasil belajar, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL) dan mengkaji kelayakan serta efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas IV SDN 001 Airtiris. Penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) dengan tahapan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahap. Hasil validasi dari ahli materi, ahli desain, dan guru menunjukkan bahwa modul sangat layak digunakan. Uji coba terbatas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa. Dengan demikian, modul berbasis PBL ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran IPAS.
Downloads
References
Afiani, L. N., & Faradita, M. N. (2021). Pengembangan modul ajar berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 45–54.
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.
Assyauqi, M. (2020). Panduan praktis evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Faradita, M. N., Afiani, L. N., & Firmannandya, A. (2023). Kriteria keefektifan modul ajar dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 23–34.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (1996). Educational research: An introduction (6th ed.). White Plains, NY: Longman.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















