Pengembangan Modul IPAS Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kelas IV SDN 001 Airtiris

Authors

  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Putri Rahma Dani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Aramudin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mimi Hariyani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Adisti Yuliastri Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37065

Keywords:

Modul pembelajaran, Problem Based Learning, IPAS, hasil belajar, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL) dan mengkaji kelayakan serta efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas IV SDN 001 Airtiris. Penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) dengan tahapan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahap. Hasil validasi dari ahli materi, ahli desain, dan guru menunjukkan bahwa modul sangat layak digunakan. Uji coba terbatas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa. Dengan demikian, modul berbasis PBL ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, L. N., & Faradita, M. N. (2021). Pengembangan modul ajar berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 45–54.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

Assyauqi, M. (2020). Panduan praktis evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faradita, M. N., Afiani, L. N., & Firmannandya, A. (2023). Kriteria keefektifan modul ajar dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 23–34.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (1996). Educational research: An introduction (6th ed.). White Plains, NY: Longman.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-12-18

Most read articles by the same author(s)