Pengembangan Alat Peraga Pernapasan Sederhana dalam Model PJBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Organ Pernapasan pada Manusia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37064Keywords:
Alat Peraga Pernapasan Sederhana, Model PJBL, Keterampilan Proses, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga pernapasan sederhana dalam model PJBL untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan pada manusia di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE dengan desain eksperimen kelompok kontrol pretes-postes digunakan dalam eksperimen lapangan. Tiga puluh siswa kelas lima SDIT Fadhilah Pekanbaru berpartisipasi dalam pengumpulan sampel eksperimen lapangan secara acak. Alat bantu pernapasan sederhana memiliki persyaratan yang sangat valid, sebagaimana dibuktikan oleh tingkat kelayakan validasi ahli media sebesar 85,00% dan validasi ahli materi sebesar 90,00%. Dengan kategori sangat valid, hasil uji coba terbatas menghasilkan persentase 80,25%. Nilai rata-rata hasil belajar meningkat, menurut temuan uji coba lapangan. Hasil belajar rata-rata kelas eksperimen, yang awalnya 46,25 menjadi 80,45 dengan kenaikan 34,20, menunjukkan peningkatan ini. Pada kelas kontrol peningkatan hanya sebesar 20,03 semula 50,05 menjadi 70,08. Sedangkan untuk peningkatan keterampilan proses memperlihatkan 15,71 untik dikelas eksperimen dan 8,66 untuk dikelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan pengembangan alat peraga pernapasan sederhana dalam model PJBL dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan pada manusia di sekolah dasar.
Downloads
References
Apriliyanti, D. D., Haryani, S., & Widiyatmoko, A. (2015). Pengembangan Alat Peraga IPA Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Science Education Journal, 4(2), 836-.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asnawati, A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Untuk Menggunakan Media Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Sd Negeri 63 Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 44–58. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3098
Dahniar, Murdiana, I. N., & Sukayasa. (2010). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Kelas 1 SD Negeri 6 Tolitoli dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(3), 165–177.
Dhena, G. V. A., & Kua, M. Y. (2023). Upaya Peningkatan Literasi, Numerasi Dan Penggunan Media Pembelajaran Ipa Pada Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Di Sdi Tarawaja. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan, 1(4), 166–177. https://doi.org/10.38048/jcmp.v1i4.2575
Gaba, Bhebhe, K., Kua, M. Y., Pare, P. Y. D., Ngurah, Dinatha, & Mahendra. (2020). Upaya Peningkatan Literasi Sains melalui Media Majalah Dinding Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA bagi Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731.
Hati, P. D. D. (2024). Urgensi Integrasi Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Era Society 5.0. Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, 167–177.
Jalu, L. (2024). Model-Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. PT. Penerbit Qriset Indonesia.
Kurniawan, S. (2025). Pembelajaran Sains di Luar Kelas: Membangun Minat dan Pengetahuan Sains dalam Kehidupan Sehari-hari. Science Education Research (Search) Journal, 82–92.
Magdalena, I., Adellia, R. O., Junari, S. S., & Syfa, D. (2024). Proses Penyusunan Desain Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. Retrieved from https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769
Marwah, A. S., Adnan, & Muni’sa, A. (2013). Uji Validitas Pengembangan KIT Alat Peraga untuk Siswa SMA Pada Konsep Sistem Respirasi. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 1, 151–159.
Nadira, R. S., Zulyusri, Helendra, & Atifah, Y. (2022). Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. Journal on Teacher Education, 4(2), 324–333.
Ngongo, F., Kua, M. Y., Suparmi, N. W., & Dinath, N. M. (2025). Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Berbasis Produk Lokal Rumah Tangga dalam Pembelajaran IPA bagi Siswa SMP. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5, 152–164.
Nisrina, S. H., Rokhmawati, R. I., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal, 8(2), 82–90. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451
Novitasari, M., Susanti, L. . R., Waty, E. R. K., & Raharjo, M. (2024). The Effect of Implementation of Canva Based Digital Handout Development on Pancasila Phase B Education Subject Using the Ricosre Learning Model in Primary School. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(3), 435–445. https://doi.org/10.31949/jcp.v10i3.8992
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Nurhalijah. (2021). Penggunaan Alat Per Aga Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dikelas Viii Mtss Mardhatillah Kota Subulussalam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405
Putra, S. H. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar di SMP. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 84–95. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2177
Rahman, D., Adlim, & Mustanir. (2015). Analisis Kendala Dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia Pada Slta Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(02), 1–13. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Rozaqmuala. (2012). Fungsi Alat Peraga. Dalam Pendidikan.
Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., … Banten, S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. Retrieved from https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014
Saputri, V. A. C., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan alat peraga sederhana eye lens tema mata kelas viii untuk menumbuhkan keterampilan peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 109–115. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3108
Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831
Simanjuntak, H., Sembiring, E. L., Kudadiri, R. T., Sianturi, L., Tambunan, W. G., Sianturi, S. T. L., & Bangun, A. A. R. (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 6–11.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876
Tatanggihe, O., Suriani, N. W., Harahap, F., Rungkat, J. A., & Warouw, Z. W. . (2023). Pengembangan LKPD Model PJBL Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia DI SMP Negeri 8 Satap Tondano. Soscied, 6(2), 1–7.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KDT.
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561
Zamsiswaya, Syawaluddin, & Syahrizul. (2024). Pengembangan Model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















