NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM PARASITE DENGAN PEMBELAJARAN MANAJEMEN SISTEM EVALUASI DI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNISMUH MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36953Keywords:
Nilai Pendidikan, Film Parasite, Sistem Pembelajaran Manajemen EvaluasiAbstract
Film Parasite karya Bong Joon-Ho menampilkan realitas sosial yang memperlihatkan ketimpangan ekonomi dan pendidikan antar kelas sosial. Film ini bukan hanya menggambarkan perbedaan hidup antara keluarga kaya dan miskin, tetapi juga menyoroti nilai-nilai pendidikan yang muncul dari konflik sosial tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam film Parasite serta mengaitkannya dengan perencanaan pembelajaran dan manajemen sistem evaluasi di Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan studi pustaka melalui analisis isi film dan literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Parasite mencerminkan nilai-nilai pendidikan seperti kerja keras, kejujuran, tanggung jawab, dan kesadaran sosial yang memiliki relevansi dengan prinsip perencanaan pembelajaran dan manajemen sistem evaluasi di TP Unismuh Makassar. Berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber, nilai-nilai tersebut juga tercermin dalam sistem pembelajaran di TP Unismuh yang menekankan keadilan, integritas, serta penilaian yang manusiawi terhadap proses belajar mahasiswa. Film ini menjadi media reflektif dalam memperkuat nilai moral dan karakter mahasiswa dalam proses pendidikan.
Downloads
References
Aprianty, D. N., Fernanda, W., Rahmadina, R., & Asy’ari, H. (2023). Analisis Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1). Hal 40-57
Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan. (2024). Manajemen Evaluasi dan Mutu Pembelajaran di Lembaga Pendidikan. FKIP Universitas Mulawarman.
Kemalasari, R. D., Azizah, A., Ansas, V. N., & Haristiani, N. (2021). Representasi Sosial Masyarakat dalam Film Parasite: Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1). 123-136.
Riyadi, R., & Ghuzini, D. (2021). Ketimpangan Pendidikan dan Pendapatan serta Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Daerah 3T. Jurnal Kependudukan Indonesia, 16(2). 139-152.
Sarjito, A. (2024). Implikasi Kebijakan Pendidikan dalam Mengurangi Kemiskinan dan Ketimpangan. Jurnal Loyalitas Sosial, 6(2). 100-123.
Zain, N. A., Valdiani, D., & Puspanidra, T. (2021). Representasi Sisi Kemiskinan dalam Film Parasite (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 5(2). 83-90
Aditia, I., Ikram, M. D. W., & Maman A. Majid Binfas. (2025). Peran Komunikasi Terhadap Peningkatan Kinerja Organisasi Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03). 341.
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (2024). Evaluasi Pembelajaran dan Pengembangan Sistem Penilaian Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Dhea Agetia Noviana, Marudut Bernadtua Simajuntak. (2022). Representation of The Impact Of Social Gap That AffectsMoral Values In The Film "Parasite". International Scientific Journals Of Social, Education, Humanities, 1(02). 69-82
Bustanul Arifin. (2023). Analisis Semiotika Realita Kemiskinan dalam Film Parasite Karya Sutradara Bong Jon Hoo. Jurnal Hukum, Sosial, dan Humaniora, 1(04). 325-338.
Maman A. Majid Binfas, 2022. Meluruskan Sejarah Mahammadiyah-NU: Retropeksi Gerakan Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: UHAMKA Press dan Global Base Review (GBR), hal 86.
Maman A. Majid Binfas. RPS Analisis Perencanaan Pendidikan (2025). Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















