BUDAYA PERENCANAAN SISTEM PENDIDIKAN DALAM DESAIN BUSANA KEBAYA DI SALWAH TAYLOR

Authors

  • Kristina Karim UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
  • Salawati UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
  • Maman A. Majid Binfas UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
  • Melani Putri UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36951

Keywords:

Budaya Perencanaan, Sistem Pendidikan, Desain Busana Kebaya

Abstract

Perencanaan pendidikan menjadi aspek penting dalam memastikan sistem pendidikan nasional menghasilkan lulusan yang kompeten, baik secara akademik maupun praktis. Pendidikan formal di Indonesia saat ini cenderung menekankan teori-teori sehingga keterampilan praktis, seperti menjahit dan desain busana kebaya, kurang mendapat perhatian maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya perencanaan sistem pendidikan dalam desain busana kebaya di salwah taylor dan menilai relevansi pendidikan menjahit desain kebaya sebagai bagian dari pendidikan formal, sekaligus mendukung pelestarian budaya dan pengembangan ekonomi kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan dilakukan wawancara langsung di Salwah Taylor. Hasil menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan yang mendorong pendidikan vokasi berbasis keterampilan praktis dan digitalisasi secara langsung dengan kreativitas desain busana kebaya modern dapat diintegrasikan secara langsung. Budaya karya mendesain secara digitalisassi merupaka pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa dan karyawan. Diharapkan pengembangan kurikulum vokasi masa akan datang dengan memasukkan keterampilan menjahit desain kebaya sebagai bagian dari pelestarian budaya dan penguatan kompetensi kerja yang lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, I., Ikram, M. D. W., & Binfas, M. A. M. (2025). PERAN KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 340-348.

Ayu, M. I. (2025). Transformasi Desain Kebaya Bali: Menelusuri Perkembangan dari Tradisional hingga Kontemporer. Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni, 13(1), 71-82.

Banurea, R. D. U., Simanjuntak, R. E., Siagian, R., & Turnip, H. (2023). Perencanaan pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(1).

Ernawati, Wawancara di Salwah Taylor, Jum’at 17 Oktober 2025, Pukul 13.57-14.15

Fitria, F., & Wahyuningsih, N. (2019). Kebaya kontemporer sebagai pengikat antara tradisi dan gaya hidup masa kini. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 7(2), 128-138.

Handajani, S. (2023). Kebaya dan Wacana Pelestarian. Lembaran Antropologi, 2(2), 136-152.

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 281-300.

Maman A. Majid Binfas, Dkk, (2018). Muhammadiyah-Nahdlatul Ulama (NU): Monumental cultural creativity heritage of the world religion. Islamic Science Development, 13(1), 174-193 .

Maman A. Majid Binfas (2017). Erosi Perubahan Eriontasi Pendidikan Muhammadiyah dan Nahdhatul Ulama (NU). Asosiasi PTMA Program Studi Sekolah Pascasarjana Seluruh Indonesia, hal 294.

Maman A. Majid Binfas, 2022. Meluruskan Sejarah Mahammadiyah-NU: Retropeksi Gerakan Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: UHAMKA Press dan Global Base Review (GBR), hal 86.

Maman A. Majid Binfas. RPS Analisis Perencanaan Pendidikan (2025). Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional.

Nita Trismaya. Kebaya dan Berkebaya: Tinjauan Atas Gaya Berkebaya Perempuan dari Komunitas Kebaya di Jakarta. Jurnal Seni Rupa Warna, Vol. 12, No. 2, Juli 2024, Hal. 101-115.

Pasaribu, M. N., Kaban, W. N. B., & Atmojo, W. T. (2025). ANALISIS USAHA JAHIT KEBAYA MAHASISWA MEMBANGUN KREATIVITAS DAN MINAT BAKAT. Jurnal Pengembangan dan Penelitian Pendidikan, 7(2).

Rasti, Wawancara di Salwah Taylor, Jum’at 17 Oktober 2025, Pukul 14.16-14.26

R. Sholihah, S. Bahar, E. C. N. Putri, M. D. A. Hadtan, W. Diyanti, & F. A. Alfaruq, “Evolusi kebaya: Transformasi dari tradisional ke modern dalam konteks budaya dan identitas perempuan Jawa Barat,” Jurnal Transformasi Humaniora (JTH), 7.

Rohmani, Z., Budiana, A. A., & Subhani, A. (2025). Pendidikan di Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal): Kondisi dan Harapan. Eduversity: Journal of Future Interdisciplinary Education, 1(1), 15-20.

Trismaya, N. (2018). Kebaya dan perempuan: Sebuah narasi tentang identitas. Jurnal Senirupa Warna, 6(2), 151-159.

Tawa, A. B. (2019). Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar. SAPA: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(2), 107-117.

UU RI no. 20, Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003).

Winuriska, W. (2024). Pelindungan Busana Kebaya dalam Perspektif Ekspresi Budaya Tradisional dan Warisan Budaya Bangsa. UNES Law Review, 6(3), 9735-9749.

Downloads

Published

2025-12-23