ANALISIS KRITIS BUKU CLP-3 MULTIVARIABLE CALCULUS: KEKUATAN PEDAGOGIS, KESALAHAN KONSEPTUAL, DAN IMPLIKASI BAGI PEMBELAJARAN KALKULUS MULTIVARIABEL

Authors

  • Suwanto Universitas Negeri Medan
  • Samuel Tappin Martua Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Iren Kurnia Nadapdap Universitas Negeri Medan
  • Sergi Br Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Ester Fransiska Nababan Universitas Negeri Medan
  • Mukhtar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36905

Keywords:

Kalkulus Multivariabel, Buku Teks Matematika, CLP-3 Multivariable Calculus, Analisis Kritis, Analisis Kesalahan, Pembelajaran Kalkulus.

Abstract

Artikel ini menyajikan analisis kritis terhadap buku CLP-3 Multivariable Calculus karya Feldman, Rechnitzer, dan Yeager dengan fokus pada kekuatan pedagogis, potensi kesalahan konseptual, dan implikasinya bagi pembelajaran Kalkulus Multivariabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis dokumen, dengan menelaah secara sistematis struktur bab, alur penyajian materi, representasi konsep kunci (limit multivariabel, turunan parsial, gradien, optimasi, dan integral lipat), serta konsistensi notasi dan ketepatan rumus. Analisis dilengkapi dengan perbandingan terhadap beberapa buku dan sumber kalkulus multivariabel lain yang diakui secara luas.Hasil kajian menunjukkan bahwa CLP-3 Multivariable Calculus memiliki sejumlah kekuatan utama, antara lain struktur materi yang runtut, keterkaitan yang kuat dengan kalkulus satu variabel melalui strategi daur ulang konsep, penggunaan visualisasi geometris dan alat bantu prosedural (misalnya tree diagrams untuk Chain Rule), serta kelimpahan latihan yang disertai petunjuk dan solusi. Di sisi lain, ditemukan beberapa kelemahan, seperti status buku yang masih bersifat work in progress, ketergantungan pada seri CLP sebelumnya, penempatan konsep penting (misalnya Jacobian dalam koordinat umum) sebagai materi opsional, serta sejumlah ketidaktepatan notasi, rumus, dan penulisan yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi. Implikasi dari temuan tersebut adalah bahwa CLP-3 Multivariable Calculus tetap layak digunakan sebagai buku ajar utama pada mata kuliah Kalkulus Multivariabel yang berorientasi pada pemahaman konseptual dan pembuktian, dengan syarat penggunaannya disertai klarifikasi konsep oleh dosen, pemanfaatan lembar errata, serta integrasi dengan bahan pendamping yang menyesuaikan konteks mahasiswa. Selain itu, analisis ini menegaskan pentingnya peninjauan kritis terhadap buku teks matematika sebelum dan selama digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allolayuk, S., Tjenemundan, D., & Ch Fentar, Y. (2023). Analisis kesulitan belajar mahasiswa dalam menerapkan integral untuk menghitung luas daerah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4857–4865.

Boelkins, M., Schlicker, S., & Austin, D. (2017). Active calculus: Multivariable. Grand Valley State University.

Dawkins, P. (2007). Calculus III – Chain rule. Paul’s Online Math Notes, Lamar University.

East Tennessee State University. (n.d.). Level surfaces. In Multivariable calculus online notes.

Feldman, J., Rechnitzer, A., & Yeager, E. (2018). CLP-3 multivariable calculus problem book. Department of Mathematics, University of British Columbia.

Feldman, J., Rechnitzer, A., & Yeager, E. (2021). CLP-3 multivariable calculus (May 2021 ed.). University of British Columbia.

Feldman, J., Rechnitzer, A., & Yeager, E. (2022). CLP-3 multivariable calculus. Department of Mathematics, University of British Columbia.

Feldman, J., Rechnitzer, A., & Yeager, E. (2024). CLP-3 multivariable calculus: Exercises (Early draft). University of British Columbia.

Hadi Dharma, E. A. M., & Narpila, S. D. (2025). Identifikasi kendala mahasiswa dalam memahami integral permukaan: Studi kasus pada mata kuliah Kalkulus Vektor. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara.

Harvey Mudd College. (n.d.). Tangent planes – Calculus tutorials. In Multivariable calculus tutorials.

Higham, N. J. (2020). Handbook of writing for the mathematical sciences (3rd ed.). Society for Industrial and Applied Mathematics.

LaTeX Tutorials. (n.d.). How to write percent (%) symbol in LaTeX?

Leithold, L. (1971). The calculus with analytic geometry (Rev. ed.). Harper & Row.

Muhassanah, N., & Lukman, H. S. (2021). Analisis masalah belajar mahasiswa pada materi integral ditinjau dari perspektif disposisi matematis. Jurnal Analisa, 7(2), 185–194.

OpenStax. (2016). Calculus volume 3 (G. Strang & E. Herman, Authors). OpenStax, Rice University.

Salafiya, T. T., Kamila, F. I., Kimnu, K. P., & Risqiyani, L. (2025). Kesulitan mahasiswa pendidikan matematika Universitas Negeri Semarang dalam memahami konsep kalkulus integral. Jurnal Angka, 2(1), 93–108.

Spivak, M. (1965). Calculus on manifolds: A modern approach to classical theorems of advanced calculus. W. A. Benjamin.

Stewart, J. (2016). Calculus: Early transcendentals (8th ed.). Cengage Learning.

Downloads

Published

2025-11-29

Most read articles by the same author(s)