Analisis Pedagogis dan Konseptual atas Kesalahan dalam Modul Kalkulus Peubah Banyak: Implikasi untuk Perbaikan Bahan Ajar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36864Keywords:
kalkulus peubah banyak, kesalahan konseptual, bahan ajar, pendidikan matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis secara pedagogis dan konseptual kesalahan‐kesalahan yang
terdapat dalam Modul Pembelajaran Kalkulus Peubah Banyak karya Soebagyo dkk. (2021) dan
merumuskan rekomendasi perbaikan bahan ajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis studi dokumen melalui kerangka Critical Book Report (CBR). Sumber data utama
adalah modul kalkulus peubah banyak yang digunakan pada perkuliahan, sedangkan data
pendukung berupa sepuluh artikel jurnal nasional berbahasa Indonesia yang relevan dengan topik
kalkulus multivariabel, aljabar linear, dan pendidikan matematika. Dari hasil telaah ditemukan
sepuluh kesalahan substantif yang dikategorikan ke dalam: (1) kesalahan definisi dan konsep
(fungsi dua peubah, gradien, ortogonalitas, trace matriks), (2) kesalahan prosedural dan
perhitungan (proyeksi vektor, contoh segitiga siku-siku, luas segitiga dengan cross product), serta
(3) kelemahan notasi dan presentasi simbolik (komponen hasil kali silang, sifat tidak komutatif
perkalian matriks, konsistensi notasi matriks). Setiap temuan diverifikasi dengan membandingkan
definisi dan teorema baku pada jurnal acuan, kemudian disusun usulan perbaikan berupa redaksi
definisi baru, contoh tandingan, penekanan domain-kodomain, serta penambahan latihan
konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian kesalahan berpotensi kuat
memunculkan miskonsepsi berantai pada topik lanjut (integral lipat, optimasi multivariabel,
transformasi linier) sehingga perlu diberi anotasi korektif jika modul tetap digunakan sebagai
referensi kuliah. Secara praktis, studi ini memberi masukan bagi dosen, mahasiswa pendidikan
matematika, dan pengembang kurikulum mengenai pentingnya audit konseptual terhadap buku
ajar kalkulus sebelum digunakan secara luas.
Downloads
References
Afifah, D. S. N., Nafi’an, M. I., & Putri, I. M.
(2018). Analisis kesalahan mahasiswa
dalam menyelesaikan soal kalkulus
peubah banyak. Jurnal Matematika Dan
Pembelajaran, 6(2), 207–220.
Annajmi, & Isharyadi, R. (2019). ANALISIS
KEBUTUHAN PENGEMBANGAN
BAHAN AJAR BERBANTUAN
SOFTWARE GEOGEBRA BAGI
MAHASISWA PENDIDIKAN
MATEMATIKA UNIVERSITAS
PASIR PANGARAIAN ANALYSIS
OF THE NEEDS OF DEVELOPING
MULTIVARIABLE CALCULUS
TEACHING MATERIALS ASSISTED
BY GEOGEBRA SOFTWARE FOR
MATHE. JURNAL MATEMATIKA
DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA,
4(2), 85–97.
Arroida, A. K. (2018). Analisis Buku Teks
Pelajaran Matematika Wajib Kelas X
SMA Analysis of 10 th Grade
Mathematics Textbooks. 7(3).
Fadilah, A. N., Gunawan, G., & Sukarsih, I.
(2019). Menghitung Luas suatu
Permukaan di ?? Menggunakan
Aproksimasi Bidang Singgung dan
Norm Cross Product. Prosiding
Matematika, 5(2), 75–79.
Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis
Kesalahan Mahasiswa pada Mata
Kuliah Kalkulus Peubah Banyak
Berdasarkan Newmann ’ s Error
Analysis. Jurnal Kajian Pendidikan
Matematika, 4(2), 121–134.
Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020).
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN INTERAKTIF
BERBASIS ANDROID
MENGGUNAKAN I-SPRING DAN
APK BUILDER Development of
Android-Based Interactive Learning
Media Using I-Spring And Apk
Builders. JURNAL MATEMATIKA
DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA,
5(1), 12–25.
Hapizah, Somakim, & Yusup, M. (2019).
STRATEGI PROBING PROMPTING
DALAM UPAYA. Jurnal Pendidikan
Matematika, 13(2), 113–120.
Ilmadi, Valentika, N., & Sastro, G. (2020).
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
KALKULUS BERBASIS MASALAH
DENGAN BANTUAN SOFTWARE
GRAPMATICA PADA MATERI.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika,
7(2), 67–72.
Kurniawati, W., Rusdiana, & Basir, A.
(2022). Jurnal PRIMATIKA, Volume
11, Nomor 1, Juni 2022. Jurnal
PRIMATIKA, 11(1), 21–30.
Marzuki, C. C., Aryani, F., & Rahmawati.
(2021). Jurnal Sains Matematika dan
Statistika Trace Matriks ? × ? Berbentuk
Khusus Berpangkat Bilangan Bulat
Positif. Jurnal Sains Matematika Dan
Statistika, 7(1), 28–37.
Moneta, A. S., & Susanto, E. (2020).
ANALISIS BUKU TEKS
MATEMATIKA SMP KELAS VIII
KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
2017 BERDASARKAN STANDAR
BSNP. Jurnal Penelitian Pembelajaran
Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3),
327–339.
Mudya, Y., Maulida, R., Ifani, M., & Narpila,
S. D. (2025). Analisis Kesulitan Belajar
Mahasiswa dalam Mempelajari Materi
Medan Vektor pada Mata Kuliah
Kalkulus Vektor. Publikasi Ilmu
Pendidikan, Bahasa Dan Matematika,
3(4), 92–99.
Nabila, D., Sylviani, S., & Triska, A. (2024).
EKSPLORASI SIFAT-SIFAT
KEORTOGONALAN. Jurnal Riset
Dan Aplikasi Matematika (JRAM),
08(01), 1–5.
Pratama, H., Angraini, D., & Afif, M. (2024).
Analisis Pemahaman Konsep Perkalian
Matriks dalam Pembelajaran
Matematika. Jurnal Keilmuan
Pendidikan Matematika, 3(3), 152–158.
Soebagyo, J., Umam, K., Purwanto, S. E.,
Maarif, S., & Nuriadin, I. (2021).
MODUL PEMBELAJARAN:
KALKULUS PEUBAH BANYAK.
Bandung: Media Sains Indonesia (CV.
Media Sains Indonesia) Melong Asih.
Surur, A. M., Ummayyasari, N., Uswah, A.
H. H., Putri, A. K., Uswah, H.,
Qotrunnada, S., & Nabillah, F. F. N.
(2021). Jurnal Pendidikan Sains dan
Komputer Pengembangan Media
Pembelajaran Matematika pada Materi
Matriks dengan menggunakan Kotak
Matriks ( KoMat ) Jurnal Pendidikan
Sains dan Komputer. Jurnal Pendidikan
Sains Dan Komputer, 1(1), 46–55.
Suwandi. (2015). Pengajaran hasil kali titik
dan hasil kali silang pada vektor serta
beberapa pengembangannya. Jurnal
Ilmiah Edu Research, 4(1), 1–8.
Wahyuni, A., Hidayati, D. W., & Ivet, U.
(2020). Analisis kemampuan
pemahaman matematis pada mata
kuliah kalkulus peubah banyak.
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN
MATEMATIKA, 2(5), 142–147.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















