Analisis Pedagogis dan Konseptual atas Kesalahan dalam Modul Kalkulus Peubah Banyak: Implikasi untuk Perbaikan Bahan Ajar

Authors

  • Immanuel Simbolon Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Aghniya Rahmi Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Nurul Sakinah Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Rasyid Mondol Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Suwanto Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36864

Keywords:

kalkulus peubah banyak, kesalahan konseptual, bahan ajar, pendidikan matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis secara pedagogis dan konseptual kesalahan‐kesalahan yang

terdapat dalam Modul Pembelajaran Kalkulus Peubah Banyak karya Soebagyo dkk. (2021) dan

merumuskan rekomendasi perbaikan bahan ajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif

dengan jenis studi dokumen melalui kerangka Critical Book Report (CBR). Sumber data utama

adalah modul kalkulus peubah banyak yang digunakan pada perkuliahan, sedangkan data

pendukung berupa sepuluh artikel jurnal nasional berbahasa Indonesia yang relevan dengan topik

kalkulus multivariabel, aljabar linear, dan pendidikan matematika. Dari hasil telaah ditemukan

sepuluh kesalahan substantif yang dikategorikan ke dalam: (1) kesalahan definisi dan konsep

(fungsi dua peubah, gradien, ortogonalitas, trace matriks), (2) kesalahan prosedural dan

perhitungan (proyeksi vektor, contoh segitiga siku-siku, luas segitiga dengan cross product), serta

(3) kelemahan notasi dan presentasi simbolik (komponen hasil kali silang, sifat tidak komutatif

perkalian matriks, konsistensi notasi matriks). Setiap temuan diverifikasi dengan membandingkan

definisi dan teorema baku pada jurnal acuan, kemudian disusun usulan perbaikan berupa redaksi

definisi baru, contoh tandingan, penekanan domain-kodomain, serta penambahan latihan

konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian kesalahan berpotensi kuat

memunculkan miskonsepsi berantai pada topik lanjut (integral lipat, optimasi multivariabel,

transformasi linier) sehingga perlu diberi anotasi korektif jika modul tetap digunakan sebagai

referensi kuliah. Secara praktis, studi ini memberi masukan bagi dosen, mahasiswa pendidikan

matematika, dan pengembang kurikulum mengenai pentingnya audit konseptual terhadap buku

ajar kalkulus sebelum digunakan secara luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, D. S. N., Nafi’an, M. I., & Putri, I. M.

(2018). Analisis kesalahan mahasiswa

dalam menyelesaikan soal kalkulus

peubah banyak. Jurnal Matematika Dan

Pembelajaran, 6(2), 207–220.

Annajmi, & Isharyadi, R. (2019). ANALISIS

KEBUTUHAN PENGEMBANGAN

BAHAN AJAR BERBANTUAN

SOFTWARE GEOGEBRA BAGI

MAHASISWA PENDIDIKAN

MATEMATIKA UNIVERSITAS

PASIR PANGARAIAN ANALYSIS

OF THE NEEDS OF DEVELOPING

MULTIVARIABLE CALCULUS

TEACHING MATERIALS ASSISTED

BY GEOGEBRA SOFTWARE FOR

MATHE. JURNAL MATEMATIKA

DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA,

4(2), 85–97.

Arroida, A. K. (2018). Analisis Buku Teks

Pelajaran Matematika Wajib Kelas X

SMA Analysis of 10 th Grade

Mathematics Textbooks. 7(3).

Fadilah, A. N., Gunawan, G., & Sukarsih, I.

(2019). Menghitung Luas suatu

Permukaan di ?? Menggunakan

Aproksimasi Bidang Singgung dan

Norm Cross Product. Prosiding

Matematika, 5(2), 75–79.

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis

Kesalahan Mahasiswa pada Mata

Kuliah Kalkulus Peubah Banyak

Berdasarkan Newmann ’ s Error

Analysis. Jurnal Kajian Pendidikan

Matematika, 4(2), 121–134.

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020).

PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN INTERAKTIF

BERBASIS ANDROID

MENGGUNAKAN I-SPRING DAN

APK BUILDER Development of

Android-Based Interactive Learning

Media Using I-Spring And Apk

Builders. JURNAL MATEMATIKA

DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA,

5(1), 12–25.

Hapizah, Somakim, & Yusup, M. (2019).

STRATEGI PROBING PROMPTING

DALAM UPAYA. Jurnal Pendidikan

Matematika, 13(2), 113–120.

Ilmadi, Valentika, N., & Sastro, G. (2020).

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

KALKULUS BERBASIS MASALAH

DENGAN BANTUAN SOFTWARE

GRAPMATICA PADA MATERI.

Jurnal Karya Pendidikan Matematika,

7(2), 67–72.

Kurniawati, W., Rusdiana, & Basir, A.

(2022). Jurnal PRIMATIKA, Volume

11, Nomor 1, Juni 2022. Jurnal

PRIMATIKA, 11(1), 21–30.

Marzuki, C. C., Aryani, F., & Rahmawati.

(2021). Jurnal Sains Matematika dan

Statistika Trace Matriks ? × ? Berbentuk

Khusus Berpangkat Bilangan Bulat

Positif. Jurnal Sains Matematika Dan

Statistika, 7(1), 28–37.

Moneta, A. S., & Susanto, E. (2020).

ANALISIS BUKU TEKS

MATEMATIKA SMP KELAS VIII

KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

2017 BERDASARKAN STANDAR

BSNP. Jurnal Penelitian Pembelajaran

Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3),

327–339.

Mudya, Y., Maulida, R., Ifani, M., & Narpila,

S. D. (2025). Analisis Kesulitan Belajar

Mahasiswa dalam Mempelajari Materi

Medan Vektor pada Mata Kuliah

Kalkulus Vektor. Publikasi Ilmu

Pendidikan, Bahasa Dan Matematika,

3(4), 92–99.

Nabila, D., Sylviani, S., & Triska, A. (2024).

EKSPLORASI SIFAT-SIFAT

KEORTOGONALAN. Jurnal Riset

Dan Aplikasi Matematika (JRAM),

08(01), 1–5.

Pratama, H., Angraini, D., & Afif, M. (2024).

Analisis Pemahaman Konsep Perkalian

Matriks dalam Pembelajaran

Matematika. Jurnal Keilmuan

Pendidikan Matematika, 3(3), 152–158.

Soebagyo, J., Umam, K., Purwanto, S. E.,

Maarif, S., & Nuriadin, I. (2021).

MODUL PEMBELAJARAN:

KALKULUS PEUBAH BANYAK.

Bandung: Media Sains Indonesia (CV.

Media Sains Indonesia) Melong Asih.

Surur, A. M., Ummayyasari, N., Uswah, A.

H. H., Putri, A. K., Uswah, H.,

Qotrunnada, S., & Nabillah, F. F. N.

(2021). Jurnal Pendidikan Sains dan

Komputer Pengembangan Media

Pembelajaran Matematika pada Materi

Matriks dengan menggunakan Kotak

Matriks ( KoMat ) Jurnal Pendidikan

Sains dan Komputer. Jurnal Pendidikan

Sains Dan Komputer, 1(1), 46–55.

Suwandi. (2015). Pengajaran hasil kali titik

dan hasil kali silang pada vektor serta

beberapa pengembangannya. Jurnal

Ilmiah Edu Research, 4(1), 1–8.

Wahyuni, A., Hidayati, D. W., & Ivet, U.

(2020). Analisis kemampuan

pemahaman matematis pada mata

kuliah kalkulus peubah banyak.

JURNAL INOVASI PENDIDIKAN

MATEMATIKA, 2(5), 142–147.

Downloads

Published

2025-11-29

Most read articles by the same author(s)