Studi Analitis Miskonsepsi dalam Buku Ajar Kalkulus Peubah Banyak Karya Sumadji serta Strategi Pedagogis untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Mahasiswa

Authors

  • Suwanto Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Yolanda Naomi Sagala Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Aulia Syahputri Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Hiyoshi Friyona Silalahi Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Steven Samuel Harianja Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Mukhtar Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan
  • Intan Ria Utami Limbong Departement of Mathematics Education, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36862

Keywords:

miskonsepsi, kalkulus peubah banyak, analisis isi, strategi pedagogis, bahan ajar.

Abstract

Pemahaman konseptual dalam kalkulus peubah banyak sangat bergantung pada ketepatan definisi, struktur penalaran, serta konsistensi penyajian materi dalam sumber belajar. Buku ajar sebagai salah satu rujukan utama pembelajaran harus mampu memberikan representasi konsep yang benar secara matematis agar tidak memunculkan interpretasi yang keliru. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji potensi miskonsepsi yang terdapat dalam buku Kalkulus Peubah Banyak karya Sumadji serta merumuskan strategi pedagogis yang relevan guna mendukung pembelajaran yang lebih konseptual. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis isi yang difokuskan pada aspek definisi formal, penggunaan notasi, struktur penjelasan konsep, penyajian ilustrasi, dan contoh soal.

Sumber data dalam penelitian ini meliputi teks buku ajar, literatur kalkulus standar internasional, serta pemetaan miskonsepsi dari studi terdahulu. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, peninjauan akademik, dan validasi ahli. Analisis dilakukan secara deskriptif melalui proses kategorisasi dan interpretasi temuan. Melalui pendekatan ini, penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai bagian-bagian materi yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi sehingga dapat menjadi dasar evaluasi dan revisi penyajian materi dalam pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga menawarkan alternatif strategi pedagogis berbasis pemahaman konseptual yang dapat digunakan dosen dalam mengoptimalkan proses belajar kalkulus peubah banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, M. L. H. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Four Tier Diagnostic Test pada Mata Kuliah Kalkulus II. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 7–16. https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1487

Allolayuk, S., Tjenemundan, D., & Ch Fentar, Y. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Menerapkan Integral untuk Menghitung Luas Daerah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4857–4865.

Andriyanti, A., Setyo, A., Lestari, B., Khoiri, M., & Afifah, A. (2025). Variasi terminologi dalam eksplorasi kesalahan matematika. 3(5).

Ayus Riana Isnawati, D. R. O. (2022). PENGEMBANGAN BUKU AJAR KALKULUS I YANG BERORIENTASI PADA UNITY OF SCIENCES (UoS) Ayus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 23–37.

Eka Finanti Septiana Simamora, Imel Simanungkalit, Nurcahaya Br Zandroto, Putri Br Tarigan, & Michael Cristian Simanullang. (2025). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan dalam Menegasikan Definisi Limit Fungsi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(2), 154–163. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5823

Fitri, Y., Fauzan, A., & Gistituati, N. (2025). MENYELESAIKAN SOAL KALKULUS DITINJAU DARI. 10(2), 212–226.

Ijuddin, R., & Fitriawan, D. (2022). Pemahaman konsep merupakan bagian yang sangat penting dalam memecahkan masalah matematika . Tanpa memahami konsep , matematika akan menjadi kumpulan rumus-rumus yang harus dihafal . Menurut ( Kilpatrick et al ., 2001 ), pemahaman konsep adalah kemampuan d. 9(1), 27–38.

Kurudirek, A., Karim, B., Sarhang, D., & Tulqin, S. (2025). Math misconceptions: Mistakes, misunderstanding, and confusion. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 16–25. https://doi.org/10.55904/educenter.v4i1.1322

Mata Ratu, E. N., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Turunan Parsial. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.561

Meliyana, A. F., Leksono, T. M., Nashwa, A., Salam, I., Syifa, I., Sari, R., & Putri, M. (2024). PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA KOTA TANJUNG PINANG. 9, 58–63.

Mujib, A. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan Cri Pada Mata Kuliah Kalkulus Ii. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181–192. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.305

Nasution, N. B. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Materi Fungsi Dua Peubah Dengan Newmann’S Error Analysis (Nea). Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 21. https://doi.org/10.31941/delta.v6i1.730

Nurhasanah, C., Gutriana, A., Oktafiaju, S., Wahyudi Nasution, R., & Dahlya Narpilla, S. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Integral Permukaan pada Mata Kuliah Kalkulus Vektor. JIS: Journal Islamic Studies, 3(2), 97–102. https://doi.org/10.71456/jis.v3i2.1320

Panjaitan, M., Pardede, H., & Hema, Sri, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Pada Materi Vektor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 180–193. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/21301%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/21301/15154

Suherman, S., Sumarni, P., Harisman, Y., Sumarwati, S., Sovia, A., & Syaputra, H. (2023). Miskonsepsi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dalam Proses Pembelajaran Daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2559. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7453

Sumadji. (2019). Kalkulus Peubah Banyak. Media Nusa Creative.

Downloads

Published

2025-11-29

Most read articles by the same author(s)