Strategi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru dan Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Akhmad Nor Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Bahrani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Akhmad Ramli Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36822

Keywords:

Strategi, Manajemen Pendidikan, Literasi Digital, Guru, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Literasi digital merupakan kompetensi esensial dalam dunia pendidikan modern. Guru dan siswa dituntut untuk mampu mengakses, mengevaluasi, dan memanfaatkan teknologi digital secara bijak. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi manajemen pendidikan yang efektif dalam meningkatkan literasi digital di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai sumber akademik dan praktik lapangan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan manajemen berbasis transformasi digital, pelatihan berkelanjutan, dan kolaborasi antar pemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan peningkatan literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Afandi, S. H. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kompetensi Literasi Digital Dan Continuing Professional Development (Cpd)(Analisis Sequential Explanatory Pada Guru Mts. Negeri 5 Tangerang). Institut PTIQ Jakarta.

Fitria, I. (2025). Guru Sebagai Fasilitator Digital: Membangun Kompetensi Pedagogik. MANAJEMEN PENDIDIKAN MI/SD: Berbasis Teknologi dan Neurosains dalam Kurikulum Merdeka, 233.

Artikel :

Abadi, M. K., Firdaus, F., Sari, F. A., Yanuar, M., & Hasanah, H. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Media Ajar Berbasis Lokal yang Kekinian. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(02), 106–112.

Afandi, S. H. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kompetensi Literasi Digital Dan Continuing Professional Development (Cpd)(Analisis Sequential Explanatory Pada Guru Mts. Negeri 5 Tangerang). Institut PTIQ Jakarta.

Aprilianto, M. R., & Rahmawati, M. (2025). Pengembangan Literasi Digital Sebagai Bagian Dari Inovasi Manajemen Pesantren. Zaheen: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 1(1), 109–126.

Aqmarina, D. N., & Susilo, M. J. (2025). Pengaruh penggunaan media interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Ta’lif: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 1(1), 39–53.

Ar, A. S. H., & Ismail, I. (2024). Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Pemikiran Kritis Di Era Teknologi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 27–34.

Arbi, Z. F., & Amrullah, A. (2024). Transformasi sosial dalam pendidikan karakter di era digital: Peluang dan tantangan. Social Studies in Education, 2(2), 191–206.

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran guru dalam menumbuhkembangkan kemandirian siswa melalui pembelajaran inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59.

Fitria, I. (2025). Guru Sebagai Fasilitator Digital: Membangun Kompetensi Pedagogik. MANAJEMEN PENDIDIKAN MI/SD: Berbasis Teknologi dan Neurosains dalam Kurikulum Merdeka, 233.

Inayah, A., Matondang, A. H., Ritonga, D. P., Widia, F., & Nasution, N. S. (2024). Meningkatkan literasi digital siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(3), 247–258.

Longkutoy, N., Rorimpandey, W., & Pangkey, R. D. (2025). Analisis Literasi Digital dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 246–254.

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195–202.

Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk membantu siswa berpikir kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43–54.

Ruchiyat, M. G., Kurniawan, M., Triyaningsih, T., Marwan, M., & Prihatmojo, A. (2024). Strategi Menumbuhkan Karakter Anak Melalui Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 37–47.

Sambella, M. (2024). Peran Strategis Pembelajaran Kolaboratif dan Budaya Kerja dalam Mendorong Kinerja Guru: Kajian Literatur. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 11(2).

Sawitri, J. I., Sekali, T. N. B. K., Barus, C. M. B., Sahara, R. A., & Budi, V. C. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif. POTENSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 96–102.

Sholeh, M., & Rofiki, I. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media teknologi pada materi teks nonfiksi untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 10–23.

WIDIASTARI, N. G. A. P., & PUSPITA, R. D. (2024). Penggunaan media pembelajaran digital dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215–222.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.

Zahra, N. B., Budiaman, B., & Sujarwo, S. (2025). PEMANFAATAN SEARCH ENGINE BERBASIS GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN INFORMASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Deskriptif: Siswa kelas VIII di SMP Ibnu Syina Cileungsi). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(1), 918–932.

Downloads

Published

2025-12-11