PROYEK MADING SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI SISWA DI SDN KELING 2 KEDIRI

Authors

  • Muhammad Bagus Bagaskoro Angkasa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Daniaty Kurniawan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Eka Firmansyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36731

Keywords:

1Strategi pembelajaran aktif, 2Index Card Match, 3hasil belajar siswa.

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar menjadi tantangan penting dalam pembelajaran abad ke 21. Kondisi pra siklus di kelas 4 SDN Keling 2 Kediri menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan mencari, memilah, serta mengolah informasi secara mandiri. Penelitian ini bertujuan menganalisis desain dan implementasi asesmen berbasis proyek mading serta mengidentifikasi faktor-faktor pedagogis yang berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi literasi informasi siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek 28 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian kognitif, afektif, psikomotorik, serta dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan kognitif siswa dari rata-rata 2.20 pada pra-siklus menjadi 3.83 pada Siklus II dengan ketuntasan 89%. Aspek afektif dan psikomotorik juga meningkat melalui kolaborasi kelompok, kreativitas visual, dan kepercayaan diri saat presentasi. Kesimpulannya, asesmen berbasis proyek mading yang dilengkapi scaffolding bertahap, contoh konkret, dan sistem feedback multi level terbukti efektif meningkatkan literasi informasi siswa secara holistik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, S. H., Ali, S. U., Muahmmad, H. H., Marasabessy, F., & Soleha, L. K. (2024). The Practice of Local Wisdom-Based Literary Literacy in Language and Literature Learning at Junior High School of Ternate City. English Education and Literature Journal, 4(02), 107–119.

Arikunto, S. (2020). Penelitian tindakan kelas. PT. Bumi Aksara.

Baas, D., Castelijns, J., Vermeulen, M., Martens, R., & Segers, M. (2015). The relation between Assessment for Learning and elementary students’ cognitive and metacognitive strategy use. British Journal of Educational Psychology, 85(1), 33–46.

Chourio-Acevedo, L., Köhler, J., Coscarelli, C., Gacitúa, D., Proaño-Ríos, V., & González-Ibáñez, R. (2024). Information literacy development and assessment at school level: a systematic review of the literature. ArXiv Preprint ArXiv:2404.19020.

Ferdiani, R. D. (2024). Implementation of Digital Modules in STEM-Project Based Learning to improve Literacy and Numeracy of Middle School Students. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 8(3), 461–475.

Hudha, M. N., Fajriyah, M. I., Rosyidah, F. U. N., & Ayu, H. D. (2023). Project-based learning in improving scientific literacy: Systematic literature review. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 5(2), 93–105.

Kemmis, S. (2025). Practice Theory Perspectives on Learning and Social Change. The Journal of Practice Theory, 1.

Mertler, C. A. (2024). Action research: Improving schools and empowering educators. Sage Publications.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2020). dan Saldana, J.(2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2016). Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1), 29–49. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v11i1.657

Poerwanti, J. I. S., Marmoah, S., & Tarigan, D. S. (2023). Project-Based Learning Model as an Effort to Improve Students’ Digital Literacy Skills at SDN Kleco 2 Surakarta. Proceedings of the 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022), 767, 474. Springer Nature.

Putri, I. T. A., Agusdianita, N., & Desri, D. (2024). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar era digital. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3).

Rihada, A. M., Jagat, R. S. A., & Setiabudi, D. I. (2021). Refleksi guru dalam pengembangan pembelajaran berdasarkan hasil PISA (Programme for Interational Student Assessment). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 1–8.

Solissa, E. M., Rakhmawati, E., Maulinda, R., Syamsuri, S., & Putri, I. D. A. (2024). Analisis implementasi metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 558–570.

Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Downloads

Published

2025-12-13