EFEKTIVITAS PENERAPAN STANDAR PROSES PENDIDIKAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD SWASTA TIARA
EFEKTIVITAS PENERAPAN STANDAR PROSES PENDIDIKAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD SWASTA TIARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36684Keywords:
Standar Proses, Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar IPASAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi praktik pembelajaran masih didominasi pendekatan konvensional. Pendekatan pasif ini belum memenuhi tuntutan Standar Proses yang mewajibkan pembelajaran aktif, kontekstual, dan student-centered. Hal ini menandakan perlunya perbaikan dalam model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk a) mengetahui implementasi Standar Proses pada tahap perencanaan dan pelaksanaan model Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), b) perbedaan efektivitas antara Model Problem Based Learning dan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas V SD Swasta Tiara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V (N=50), dibagi menjadi kelas eksperimen 1 (Problem Based Learning) dan kelas eksperimen 2 (Kooperatif Tipe Teams Games Tournament), yang diukur menggunakan pretest dan posttest pada materi rantai makanan. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pilihan ganda sebanyak 25 soal. Data dianalisis menggunakan Uji Prasyarat (Normalitas dan Homogenitas) dan Uji Hipotesis t-test, serta perhitungan N-Gain untuk melihat efektivitas peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Standar Proses telah terpenuhi, dengan guru berhasil mengintegrasikan sintaks model dalam pembelajaran. Hasil perbandingan efektivitas peningkatan hasil belajar (N-Gain) menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan. Kelompok PBL mencapai rata-rata N-Gain 75,54% (Kategori Cukup Efektif), sementara kelompok Kooperatif Tipe Teams Games Tournament hanya mencapai 31,19% (Kategori Tidak Efektif). Disimpulkan bahwa Model PBL terbukti jauh lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman kognitif IPAS dibandingkan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam konteks pembelajaran ini.
Downloads
References
Aini, L. N. & Wijayanti, A., 2024. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dan Teams Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar , 8(2), hlm. 1-15.
Budiarto, A. 2019. Kepatuhan Sekolah terhadap Standar Proses Pendidikan dan Korelasinya dengan Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan , 19 (2), 150-165.
Budi, S. S., Firman, F. & Desyandri, 2021. Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), hlm. 1-8.
Cahyani, R. R., Caska & Rizka, M., 2024. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kombinasi PBL dan TGT terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(2), hlm. 1-7.
Hardiansyah, Ismail & Rahman, Y., 2021. Efektivitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII. Profesi Kependidikan, 2(2), hlm. 1-12.
Hidayah, S. R., & Anwar, K. 2024. Meningkatkan Aktivitas Belajar PPKN Di Kelas 5 Menggunakan Model PBL, GI, dan TGT Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling. 2(1), 8–18.
Khakim, N. et al., 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), hlm. 1-12.
Lidinillah, D. A. R. 2018. Tantangan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 70-82.
Mundanti, S. A., Ramadianti, W. & Jumri, R., 2023. Efektivitas Penggunaan Soal Penalaran Matematis Pada Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Kemampuan Penalaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) , 7(3), hlm. 1-8.
Nana Sudjana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nainggolan, R. M. & Sujarwo, 2022. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 5 SD St Antonius Bangun Mulia Medan. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 2(2), hlm. 1-8.
Nuraeni, R., Hermawan, R. & Hendriani, A. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Ngkatkan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), hlm. 1-10.
Nurhikmawati, S. & Utami, R. D., 2024. Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis TGT untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), hlm. 1-11.
Purwanto, N. 2019. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sonia, A. E. & Airlanda, G. S., 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio, 10(2), hlm. 1-6.
Wahyuningsih, R., 2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Team Games Tournament. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1-7), hlm. 3.
Purwanto. 2020. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, M. & Rosidah, A., 2023. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), hlm. 1-10.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahana, S. 2021. Analisis uji statistik parametrik dan nonparametrik dalam penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 55–64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















