Pemecahan Masalah Matematika Pada Diskusi Kelompok Berdasarkan Gaya Belajar Siswa kelas 5 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36674Keywords:
Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, dan Diskusi KelompokAbstract
Siswa sekolah dasar sering mengalami kesulitan pada materi bangun datar yang melibatkan pemahaman sudut, skala, dan penggunaan alat seperti busur derajat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik terhadap proses dan hasil pemecahan masalah matematika dalam diskusi kelompok siswa kelas V SD. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kelompok heterogen berdasarkan gaya belajar meningkatkan efektivitas diskusi. Siswa visual unggul dalam penyusunan informasi, auditori dalam komunikasi, dan kinestetik dalam penerapan strategi. Pengelolaan gaya belajar yang tepat mendukung
Downloads
References
Azizah, R., Awi, A., Asyari, S., & Siman, R. (2021). Mathematics Problem-Solving Ability Based on Learning Style of Junior High School. International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM 2021), 611(ICoESM), 27–33.
Darmawati, D., Wahyuddin, W., & Mahmud, R. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Inspiramatika, 8(2), 113–125. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i2.3488
Daswarman, D., Sa’dijah, C., Gofur, A., & Mashfufah, A. (2025). Participatory Learning for the Improvement of Math Problem-Solving: A Systematic Literature Review. TEM Journal, 14(2), 1780–1790. https://doi.org/10.18421/TEM142-76
Delina, E. J. (2025). Journal la sociale. 06(06), 1717–1724. https://doi.org/10.37899/journal-la-sociale.v6i6.2538
Fitrianawati, M., Surtiani, I., & Istiandaru, A. (2022). Buku Panduan Guru Matematika Kelas V Semester I.
Hamimah. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Slideshare.Net, 2(1), 545–555. https://www.researchgate.net/publication/333089920%0Ahttps://www.slideshare.net/ALBICEE/lembar-observasi-siswa-50178674
Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723
Hidayat, H., Nordin, N. M., Anwar, M., & Saputra, H. K. (2025). How Students’ Problem-Solving Abilities Influence Their Digital Competence Skill in the Use of Problem-Based Learning Application. TEM Journal, 14(2), 1494–1507. https://doi.org/10.18421/TEM142-49
Holubnycha, L., Sytnykova, Y., Shchokina, T., Soroka, N., Demchenko, D., & Malieieva, T. (2025). Educational environment of shaping conflict resolution skills at the tertiary level. International Journal of Evaluation and Research in Education, 14(3), 2224–2235. https://doi.org/10.11591/ijere.v14i3.33120
Istifadah, Z., Nuryadi, & Saadah, F. N. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Kardoyo, Nurkhin, A., Muhsin, & Pramusinto, H. (2020). Problem-based learning strategy: Its impact on students’ critical and creative thinking skills. European Journal of Educational Research, 9(3), 1141–1150. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1141
Konilah, K., Sunarsih, D., & Purnomo, A. (2022). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 141–149. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.664
Kuntarto, E., & Putri Aritonang, H. A. (2023). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3865–3877. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10215
Lailiyah, P., Zuhri, M. S., & Endahwuri, D. (2023). Profil Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 82–88. https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.380
Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Metode Diskusi Kelompok. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854
Mursidik, M. dkk. (2024). Self-regulated learning profile of students with auditory learning style in mathematics lessons. 14(November 2023), 1–13.
Natalini, B., & Hardini, A. T. A. (2020). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sd Kanisius Gendongan Salatiga. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 77–86. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3253
Negara, H. S., Nurlova, F., & Hidayati, A. U. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9648
Nurzaki Alhafiz. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133–1142. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1203
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika ( KAM ). 3(2), 207–215.
Ramdani, N., & Suryaningsih, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sesuai Tahapan Polya Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 2131–2142. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5835
Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Ayu, M., Hapsari, P., & Cahyaningrum, D. Y. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Pecahan Siswa Kelas Iii Sdn 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 188–194.
Yayuk, E., Purwanto, As’Ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary school students’ creative thinking skills in mathematics problem solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1281
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















