EKSPLORASI KARYA TARI CAKANG PAMEKASAN UNTUK MATERI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36673Keywords:
Ekplorasi, Tari Cakang, Materi Peserta Didik, Kelas V Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi potensi Tari Cakang dari Pamekasan sebagai materi pembelajaran adaptif bagi peserta didik SD. Pembelajaran seni tari di tingkat SD sering menghadapi kendala dalam menyesuaikan gerak dasar dengan kemampuan motorik dan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengadaptasi gerak dasar serta unsur pendukung Tari Cakang agar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek peserta didik kelas V SDN Kowel 3 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyederhanaan gerak dasar tanpa menghilangkan esensi inti menjadikan Tari Cakang layak diajarkan pada peserta didik kelas V. Adaptasi yang dilakukan, terbuktif efektif membatu peserta didik dalam memahami unsur utama dan unsur pendukung tari (musik, tata rias, dan kostum) serta menanamkan nilai karakter positif seperti gigih, ulet, dan penuh semangat. Secara keseluruhan, hasil studi ini menegaskan bahwa Tari Cakang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai materi pembelajaran tari yang relevan dan kontekstual bagi peserta didik di kelas V sekolah dasar.
Downloads
References
Ariawan, D. R. (2017). Karakteristik Komikal Tari Rodhing pada Pertunjukkan Sandhur di Kabupaten Pamekasan Jawa Timur. Sarjana Thesis: Universitas Negeri Jakarta. https://share.google/5o8pomaYCred1LUHS
Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya. https://share.google/AWNw7fBMxxT3Z1p7f
Fitriyah, D. (2015). Perkembangan Tari Topeng Gethak di Kabupaten Pamekasan pada Tahun 1980-2005. Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(3). https://share.google/pxeWHVRuIxfwSkSNb
Hadi, Y. S. (2018). Revitalisasi Tari Tradisional. Yogyakarta: Dwi- Quantum. https://share.google/1sTELzYFsr57iDH3a
Hasnawati, Putri, F. D. V., uandana, T., Fitriyono, A. (2022). Analisis Kreativitas Tari Kreasi Balap Kadhu’ (Karung) di Sanggar Tari Tarara Bangkalan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 5-72.https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13556
Komariyah, A. Satori, D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kurniawan, B. (2017). Pendidikan Seni sebagai Sarana Pengembangan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Lestari, D., Asbari, M., Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85-88. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.840
Maulinda, F. & Sugito, B. (2018). Pembelajaran Seni Tari di Sanggar Tari Kapecot Ateh Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 7(1), 1-19. https://share.google/hej7dM3Z0GgFopt7M
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara. https://books.google.com/books/about/Implementasi_Kurikulum_Merdeka.html?hl=id&id=ec_hEAAAQBAJ#v=onepage&q&f=false
Qudwatullathifah, R. N., Sholeha, H. H., Nugraha, T. A., Ismuwardani, Z., & Azzahra, J. (2024). Perkembangan Sensori Motorik Siswa Sekolah Dasar melalui Pelatihan Seni Tari Tradisional. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 581-590. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i3.4654
Retoningsih, D. A. (2017). Eksistensi Konsep Seni Tari Tradisional Terhadap Pebentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. DIALEKTIKA PGSD, 7(1), 20-29. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v7i1.28
Setyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27
Suparmi, N. K. (2023). Pentingnya Pembelajaran Tari Tradisional di Sekolah dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Budaya Siswa. Jurnal Kependidikan, 7(2), 50. https://share.google/y925oGKX6kuEM1Sft
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da R&D. Badung: Alfabeta.
Surya, A. (2020). Pendidikan Seni Budaya Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sultoni, M. I. & Alrianingrum, S. (2020). Kesenian Saronen Kelompok ‘Bunga Aroma’ dalam Kegiatan Kemasyarakatan di Desa Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep Tahun 1975-2015. AVANTARA: Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1).
Yunita, Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Mangement, 4(1), 17-15. https://share.google/0KI96ETmy7H8VjmiH
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















