MENINGKATKAN MEANINGFUL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KISAH NABI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36671Keywords:
meaningful learning, kisah nabi saw, pendidikan agama IslamAbstract
Tantangan signifikan yang dapat menghambat efektivitas proses pembelajaran secara menyeluruh harus dihadapi dan perlu segera ditangani. Karena akan menghambat proses pencapaian tujuan Pendidikan. Upaya yang dapat meminimalisirnya bisa dengan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata Pelajaran penting sejak zaman dahulu, saat ini, bahkan masa depan. Oleh karena itu harus berjalan dengan optimal. Salah satunya dengan Pendidikan Agama Islam yang berbasis Kisah Nabi. Sehingga murid dapat memahami, meneladani, serta mengamalkan materi karena relevan dengan kehidupan nyata. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Dan bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian, serta menganalisis terkait penerapan strategi terkait dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran murid.
Downloads
References
Abdullah, A., & Ahmad, A. (2021). PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN PERADABAN MANUSIA. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 1–17.
Althof, G., Haironi, A., & Satria, A. J. (2025). Peran Pembelajaran Sirah Nabawiyah dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam Volume, 3.
Azizah, A. R. N., Ramdhan, D. F., & Mahmud, M. R. (2025). PEMBELAJARAN BERBASIS SIRAH NABAWIYAH DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V DI SD ISLAM CENDEKIA MUDA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(5), 244–256.
Daulay, H. P., Dahlan, Z., Wibowo, G., & Lubis, J. I. (2020). VISI, MISI, TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM Haidar. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 6, 136–150.
Faturrahman, M., Mubarok, R., Ibnu, M., & Fauzi, F. (2025). Pengaruh Metode Kisah dalam Pembelajaran PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Al-Munawwir Sangatta Selatan. Journal of Comprehensive Science, 4(6), 1837–1850.
Frianda, F. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SIRAH NABAWIYAH DI SDTQ NURUN NABI BANDA ACEH. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12(2), 1–19.
Hasanuddin, M. N., Rohmad, M. A., & Wachidah, H. N. (2025). Penerapan Deep Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya Volume, 31, 263–269. https://doi.org/10.33503/paradigma.v31i2.2130
Jannah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(April), 47–58. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1211
Kalimah. (2025). Penerapan Metode Cerita Islami untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di Kelas IV SDN 014 Silikuan Hulu. Jurnal Studi Tindakan Edukatif, I(I), 99–103.
Karmala, Swandi, C., & Rama, B. (2024). Biografi Nabi Muhammad SAW Masa di Makkah dan Madinah Hingga Wafat. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(1), 136–141.
Lubis, M. I., & Hamid, A. (2025). Optimalisasi Pemahaman Kisah Para Nabi melalui Penerapan Metode Collaborative Learning pada Siswa Kelas V SDN 14 Ranah Batahan. Jurnal Studi Tindakan Edukatif, 1(4), 1464–1470.
Makhshun, T. (2020). Pendidikan Agama Islam Berbasis Sirah Nabawiyah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 75–89.
Masrurin, F. (2020). IMPLEMENTATION OF INVESTMENT OF RELIGIOUS AND MORAL VALUE THROUGH THE STORY OF SIRAH NABAWIYAH. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Mendrofa, A. R., Ramadani, H., & Gusmaneli. (2025). Penerapan Strategi Active Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Materi PAI di Kelas. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik Dan Sosial Indonesia, 2(2 April).
Nursholichah, K. U., Suleman, M. A., Hasanah, U. U., Febriansyah, R., & Marliansyah, A. (2025). Pendidikan Ibadah dan Akhlak Melalui Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW : Perspektif Al-Quran dan Hadits. Intelletika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).
Octofrezi, P. (2018). TEORI DAN KONTRIBUSI METODE KISAH QUR’ANI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7, 212–229.
Parmawati, I., & Fahyuni, E. F. (2025). ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI SIRAH NABAWIYAH BERBASIS PERMAINAN ULAR NAGA DI PKBM. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10, 330–344.
Rosidin, Salam, M. F., Daniyarti, W. D., Fitriyah, L., Trimansyah, Mashuri, S., Junaidin, Taufikur, R., Purwaningrum, S., & Hermansyah. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Z. R. Bahar (ed.); 1st ed.). Literasi Nusantara Abadi Grup.
Safni, E., & Syarifudin, A. (2025). Mengembangkan Karakter Siswa Melalui Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW dalam Pembelajaran PAI di SDN 13 Balai Kurai Taji. Jurnal Studi Tindakan Edukatif, 1(3), 828–833.
Salsabila, D. Y., Susanti, D., Ayu, D. R., Hardi, Y. O., & Ahlina, N. R. (2025). Implementasi Metode Cerita Tentang Kisah Rasulullah Dalam Menanamkan Akhlak Menuntut Ilmu Sesuai Al- Qur ’ an Pada Siswa MTsN 2 Kota Bengkulu Implementation of the Storytelling Method of the Prophet ’ s Story in Instilling the Morals of Demanding Knowledg. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 9–18.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ). NATURAL SCIENCE, 41–53.
Siregar, L. M. (2016). Upaya Pendidikan Islam pada Masa Awal Nabi Muhammad SAW. Jurnal Al-Thariqah, 1(1).
Sumarno. (2020). ANALISIS ISI DALAM PENELITIAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA. Jurnal Elsa, 18(2).
Tukmasara, L. (2023). Pembelajaran PAI Berbasis Cerita Nabi dan Rasul untuk Siswa. Jurnal Komprehensif, 1(2), 74–81.
Usman, P. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Kisah Nabi Muhammad SAW Periode Mekah Melalui Metode Storytelling. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 594–604.
Wibowo, M. T., Basri, M., Alfina, N. S. S., & Siregar, P. D. (2025). Telaah Konsep Pendidikan Keimanan dalam Perspektif Hadis untuk Membentuk Generasi Bertakwa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9.
Yasmansyah, & Zakir, S. (2022). A New Direction Of Islamic Education In The Digitalization Age. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–10.
Zahra, F., Nurhasanah, P. N., & Chanifudin. (2024). Metode Keteladanan dan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 773–781.
Zain, N. H., Iswantir, Wati, S., & Zakir, S. (2025). Reformasi dan Arah Baru Pendidikan Agama Islam Masa Depan. Invention: Journal Research and Education Studies, 6(3), 494–514.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















