Evaluasi Program Pendidikan Bahasa Inggris dalam Membangun Kemampuan Komunikatif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Fatih Jambi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36595Keywords:
Evaluasi Program, Pendidikan bahasa Inggris, Kemampuan komunikatif siswa, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program pembelajaran bahasa Inggris di SMP Islam Terpadu Al Fatih Jambi menggunakan model evaluasi CIPP yang meliputi komponen Context, Input, Process, dan Product. Pada aspek conteks, kebutuhan penguatan kemampuan berbahasa Inggris menjadi dasar pentingnya program ini, sejalan dengan tuntutan globalisasi dan implementasi kurikulum merdeka yang menekankan kemampuan komunikasi lisan siswa. Analisis input menunjukkan bahwa program telah memiliki visi yang jelas dan didukung perencanaan pembelajaran berbasis pendekatan komunikatif, namun masih terkendala keterbatasan pelatihan guru, minimnya fasilitas teknis seperti media audio-visual, dan belum optimalnya pemetaan kemampuan awal siswa. Pada aspek process, pembelajaran telah dilaksanakan secara interaktif melalui diskusi, permainan bahasa, dan role play yang mencerminkan prinsip Communicative Language Teaching (CLT). Meskipun demikian, faktor psikologis seperti rasa malu, takut salah, serta keterlibatan siswa yang belum merata menjadi hambatan utama dalam efektivitas proses pembelajaran. Hasil product menunjukkan bahwa capaian akademik siswa baru berkembang pada penguasaan kosakata dasar, sementara kemampuan berbicara dan mendengarkan masih rendah. Sebagian siswa mulai menunjukkan perkembangan kepercayaan diri, namun peningkatan tersebut belum merata dan belum mampu menghasilkan kompetensi komunikatif yang optimal. Secara keseluruhan, hasil evaluasi menunjukkan bahwa program pembelajaran bahasa Inggris berada pada kategori cukup, namun memerlukan penguatan pada aspek pelatihan guru, fasilitas pendukung, strategi motivasional, serta pembiasaan penggunaan bahasa secara berkelanjutan agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.
Downloads
References
Abdulloh, Didik Himmawan, & Ibnu Rusydi. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan Fun English For Elementary School Di Desa Kedokan Gabus Indramayu. Community: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.61166/community.v1i1.5
Andika, M., & Mardiana, N. (2023). Edukasi bahasa Inggris di era globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3961
Arafah, K., Qadar, M., & Pristiwaluyo, T. (2020). Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika SMA di Kabupaten Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 131–140. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1827
Artini, N. K., & Numertayasa, I. W. (2024). Program “ English Fun ” Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 66–76.
Dwi Nur Hadiyansah WS, & Nuril Qomariyah. (2024). The Effectiveness of Using Communicative Language Teaching (CLT) on Speaking Ability at Seventh Grade of SMP Miftahul Ulum Jember. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(6), 160–165. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i6.1494
Lubis, D. F., Bowo, T. A., & Amalia, R. (2025). Pelatihan Creative Speaking Melalui English Corner Program di SDN 1 Pangkalpinang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 16(2), 244–255. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i2.19737
Mardiah, M., & Maimunah, M. (2019). Hakikat Pendidikan Islam (Telaah Dasar Evaluasi Dalam Al-Qur’an, Makna Evaluasi, Bentuk Evaluasi, Prinsip-Prinsip, Serta Implementasinya). Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 23–60. https://doi.org/10.32520/afkar.v7i1.219
Maulana Saputra, A., & Ikbal Sultoni, M. (2025). Modeling, Reinforcement, Dan Self-Efficacy Dalam Proses Pembelajaran Dan Penggunaan Bahasa: Sebuah Tinjauan Kuantitatif Deskriptif. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 8(1).
Nazilah, B. M., Tyas, P. A., & Umiyati, W. (2021). Indonesian EFL students’ voice on the first language usage in classroom. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 6(2), 78–86. https://doi.org/10.26905/enjourme.v6i2.6701
Noge, M. D., Wau, M. P., & Lado, R. R. R. (2020). Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris “English Is Fun” Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak-Anak Dalam Menguasai Bahasa Inggris Di Sd. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113
Nurdayani, A., Rahma Sakina, & Syaepul Uyun, A. (2024). Use of Communicative Language Teaching (CLT) Approach in Teaching Speaking Skill. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 43–58. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1809
Primurizki, J., & Suherdi, D. (2023). Exploring Classroom Language Implemented By Novice English Teachers At Junior High Schools. Tell-Us Journal, 9(1), 164–185. https://doi.org/10.22202/tus.2023.v9i1.6672
Rachmawati, I. T., Hasyim, M. G., Maulana, R. A., Septiani, R. Z., & Hamdan, A. (2024). Evaluasi Program Sahabat Lansia Bugar Mandiri Menggunakan Metode CIPP. JoCE ; Journal Of Community Education, 4(1), 16–25. https://journal.unsika.ac.id/joce/article/view/10511/4516
Shafira, A., & Santoso, D. A. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Guided Conversation. JEdu: Journal of English Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/jedu.v1i1.4409
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualikatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukandi, K. P., Setyonegoro, A., & Rahmawat. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Keterrampilan Berbicara Pada Siswa Fase D Di Smp Negeri 24 Kota Jambi. 10, 167–186.
Syamsudin, O. R., Hasbullah, Suryana, A., & Suendarti, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru SMP Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Jakarta Barat. Darma Cendekia, 1(2), 104–113. https://doi.org/10.60012/dc.v1i2.15
Syarifah Widya Ulfa, Napitupulu, M. F., Gani, L. F., Sabilla, S., Anggini, N., Khairani, L. P., & Yusriani. (2024). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Inggris Sekolah di Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 63–68.
Taupik, R. P., & Fitriani, Y. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 1525–1531. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















