Evaluasi Program Pendidikan Bahasa Inggris dalam Membangun Kemampuan Komunikatif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Fatih Jambi

Authors

  • Milla Tullaili UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Aris Munandar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Tiara Aprilani Pertiwi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Widya Cahyati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Deni Hermawan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dedi Sahputra UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Miftahul Jannah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rika Munawaroh UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36595

Keywords:

Evaluasi Program, Pendidikan bahasa Inggris, Kemampuan komunikatif siswa, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program pembelajaran bahasa Inggris di SMP Islam Terpadu Al Fatih Jambi menggunakan model evaluasi CIPP yang meliputi komponen Context, Input, Process, dan Product. Pada aspek conteks, kebutuhan penguatan kemampuan berbahasa Inggris menjadi dasar pentingnya program ini, sejalan dengan tuntutan globalisasi dan implementasi kurikulum merdeka yang menekankan kemampuan komunikasi lisan siswa. Analisis input menunjukkan bahwa program telah memiliki visi yang jelas dan didukung perencanaan pembelajaran berbasis pendekatan komunikatif, namun masih terkendala keterbatasan pelatihan guru, minimnya fasilitas teknis seperti media audio-visual, dan belum optimalnya pemetaan kemampuan awal siswa. Pada aspek process, pembelajaran telah dilaksanakan secara interaktif melalui diskusi, permainan bahasa, dan role play yang mencerminkan prinsip Communicative Language Teaching (CLT). Meskipun demikian, faktor psikologis seperti rasa malu, takut salah, serta keterlibatan siswa yang belum merata menjadi hambatan utama dalam efektivitas proses pembelajaran. Hasil product menunjukkan bahwa capaian akademik siswa baru berkembang pada penguasaan kosakata dasar, sementara kemampuan berbicara dan mendengarkan masih rendah. Sebagian siswa mulai menunjukkan perkembangan kepercayaan diri, namun peningkatan tersebut belum merata dan belum mampu menghasilkan kompetensi komunikatif yang optimal. Secara keseluruhan, hasil evaluasi menunjukkan bahwa program pembelajaran bahasa Inggris berada pada kategori cukup, namun memerlukan penguatan pada aspek pelatihan guru, fasilitas pendukung, strategi motivasional, serta pembiasaan penggunaan bahasa secara berkelanjutan agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh, Didik Himmawan, & Ibnu Rusydi. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan Fun English For Elementary School Di Desa Kedokan Gabus Indramayu. Community: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.61166/community.v1i1.5

Andika, M., & Mardiana, N. (2023). Edukasi bahasa Inggris di era globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3961

Arafah, K., Qadar, M., & Pristiwaluyo, T. (2020). Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika SMA di Kabupaten Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 131–140. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1827

Artini, N. K., & Numertayasa, I. W. (2024). Program “ English Fun ” Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 66–76.

Dwi Nur Hadiyansah WS, & Nuril Qomariyah. (2024). The Effectiveness of Using Communicative Language Teaching (CLT) on Speaking Ability at Seventh Grade of SMP Miftahul Ulum Jember. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(6), 160–165. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i6.1494

Lubis, D. F., Bowo, T. A., & Amalia, R. (2025). Pelatihan Creative Speaking Melalui English Corner Program di SDN 1 Pangkalpinang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 16(2), 244–255. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i2.19737

Mardiah, M., & Maimunah, M. (2019). Hakikat Pendidikan Islam (Telaah Dasar Evaluasi Dalam Al-Qur’an, Makna Evaluasi, Bentuk Evaluasi, Prinsip-Prinsip, Serta Implementasinya). Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 23–60. https://doi.org/10.32520/afkar.v7i1.219

Maulana Saputra, A., & Ikbal Sultoni, M. (2025). Modeling, Reinforcement, Dan Self-Efficacy Dalam Proses Pembelajaran Dan Penggunaan Bahasa: Sebuah Tinjauan Kuantitatif Deskriptif. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 8(1).

Nazilah, B. M., Tyas, P. A., & Umiyati, W. (2021). Indonesian EFL students’ voice on the first language usage in classroom. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 6(2), 78–86. https://doi.org/10.26905/enjourme.v6i2.6701

Noge, M. D., Wau, M. P., & Lado, R. R. R. (2020). Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris “English Is Fun” Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak-Anak Dalam Menguasai Bahasa Inggris Di Sd. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113

Nurdayani, A., Rahma Sakina, & Syaepul Uyun, A. (2024). Use of Communicative Language Teaching (CLT) Approach in Teaching Speaking Skill. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 43–58. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1809

Primurizki, J., & Suherdi, D. (2023). Exploring Classroom Language Implemented By Novice English Teachers At Junior High Schools. Tell-Us Journal, 9(1), 164–185. https://doi.org/10.22202/tus.2023.v9i1.6672

Rachmawati, I. T., Hasyim, M. G., Maulana, R. A., Septiani, R. Z., & Hamdan, A. (2024). Evaluasi Program Sahabat Lansia Bugar Mandiri Menggunakan Metode CIPP. JoCE ; Journal Of Community Education, 4(1), 16–25. https://journal.unsika.ac.id/joce/article/view/10511/4516

Shafira, A., & Santoso, D. A. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Guided Conversation. JEdu: Journal of English Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/jedu.v1i1.4409

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualikatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukandi, K. P., Setyonegoro, A., & Rahmawat. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Keterrampilan Berbicara Pada Siswa Fase D Di Smp Negeri 24 Kota Jambi. 10, 167–186.

Syamsudin, O. R., Hasbullah, Suryana, A., & Suendarti, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru SMP Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Jakarta Barat. Darma Cendekia, 1(2), 104–113. https://doi.org/10.60012/dc.v1i2.15

Syarifah Widya Ulfa, Napitupulu, M. F., Gani, L. F., Sabilla, S., Anggini, N., Khairani, L. P., & Yusriani. (2024). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Inggris Sekolah di Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 63–68.

Taupik, R. P., & Fitriani, Y. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 1525–1531. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Downloads

Published

2025-12-11

Most read articles by the same author(s)