Analisis Persepsi Siswa terhadap Penerapan Komik Digital Edukasi dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36537Keywords:
komik digital, persepsi siswa, pembelajaran IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap penerapan komik digital edukasi interaktif dalam pembelajaran IPA di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Perkembangan teknologi digital memberikan peluang bagi pemanfaatan media pembelajaran inovatif diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 30 siswa kelas VII yang telah mengikuti pembelajaran IPA berbasis komik digital edukasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket persepsi yang terdiri dari empat aspek, yaitu ketertarikan dan motivasi, kemudahan dan keterpahaman materi, efektivitas pembelajaran, serta sikap siswa terhadap media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tergolong dalam kategori baik dengan skor rata-rata keseluruhan 72,03%. Komik digital dinilai menarik, mudah dipahami, dan dapat memudahkan siswa dalam menangkap konsep IPA yang bersifat abstrak. Selain itu, berperan dalam membangun suasana belajar yang lebih menyenangkan, interaktif, dan mampu meningkatkan antusiasme siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa komik digital edukasi interaktif merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif serta selaras dengan karakteristik siswa abad ke-21.
Downloads
References
Buku :
Rezeki, F., Puspasari, A., Yuniarti, R., Kurdaningsih, D. M., Nurhayati, N., Yuliyanti, E., Siringoringo, R., Turmudhi, A., Kartika, A., & Napitupulu, R. L. (2025). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: Alung Cipta.
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan – Lengkap dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel, dan Contoh Kuesioner. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Jurnal :
Anggraini, S., Amalia, E. N., Afifa, R., Natasya, L., & Kuntarto, E. (2024). Persepsi guru dan siswa tentang penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 4(6), 982-992.
Depita, T. (2024). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran aktif (active learning) untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55-64.
Devi, L. D. K., & Hadi, S. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Teknologi Komik Digital (Canva) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 13 Surabaya. Simpati, 2(4), 16-25.
Dewi, S. F., & Pratama, R. Y. (2025). Pengembangan Komik Digital Sejarah Berbasis Peristiwa Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi), 4(2), 14-20.
Ghifary, DA, Subroto, WT, & Mustaji, M. (2024). Pengembangan Media Interaktif Komik Digital untuk Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. IJORER: Jurnal Internasional Penelitian Pendidikan Terkini, 5 (1 SE-Articles), 117–127.
Habiddin, H., Ashar, M., Hamdan, A., & Nasir, K. (2022). Digital comic media for teaching secondary school science. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(3), 159–166.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.
Mursalin, K. A., Haerudin, D., & Nugraha, H. S. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Dongeng. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 539-549.
Purwati, R., Almadanie, R., & Souri, S. (2024). Pengaruh Media Komik dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Islam di RA Diponegoro Ciberem. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 394-399.
Tristianingrat, M. A. N., & Ariyana, I. K. S. (2025). The effectiveness of digital comics in improving science learning outcomes and scientific attitudes of fourth-grade elementary students. Journal of Education Technology, 9(2), 197–204.
Wahyudini, A. I., Prianto, M. H., & Yuliana, I. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Madrasah Ibtidaiyah. El-Miaz: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 4(2), 63-77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















