PENGARUH MEDIA KARMETA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN IMBUHAN ME- PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGREJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36525Keywords:
KARMETA, imbuhan me-, hasil belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media KARMETA dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi imbuhan me- di kelas IV SDN Karangrejo. Latar belakang penelitian muncul dari permasalahan rendahnya pemahaman siswa terhadap perubahan fonologis pada imbuhan me- sehingga siswa sering salah dalam menentukan bentuk imbuhan yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe One Group Pretest–Posttest Design. Seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang dijadikan sampel melalui teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa, dari 65,85 pada saat pretest menjadi 84,77 pada posttest. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, sedangkan uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa media KARMETA efektif membantu siswa memahami proses afiksasi secara lebih konkret dan interaktif. Dengan demikian, media KARMETA terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi morfologi di sekolah dasar.
Downloads
References
Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Cahyani, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Dasar, 1.
Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Cahyani, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Dasar, 1.
Chusna Hanadya Maharsih. (2025). Analisis Morfologis Teks Narasi Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Education, 2(1), 210–228. https://doi.org/10.71417/ije.v2i1.537
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Isodarus, P. B. (2017). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. 11.
Jannah, M. (2020). AFIKSASI (PREFIKS DAN SUFIKS) DALAM KOLOM EKONOMI BISNIS DI KORAN JAWA POS EDISI KAMIS 14 NOVEMBER 2019. Jurnal Disastri, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i1.874
Widyawati, R., & Purnomo, H. (2025). ANALISIS KESULITAN PENULISAN KATA BERIMBUHAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. 13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















