PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERWAWASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36502Keywords:
E-Modul, Kewirausahaan, Project-Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kewirausahaan berwawasan teknologi pendidikan berbasis project-based learning di Universitas Negeri Makassar. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data dikumpulkan melalui angket yang dibagikan kepada mahasiswa dan validasi dari
para ahli materi dan ahli media, diikuti dengan uji kepraktisan dalam kelompok kecil dan besar. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan tinggi akan e- modul pembelajaran kewirausahaan di kalangan mahasiswa karena kurangnya media
pembelajaran yang menarik dan mudah diakses. E-modul yang dikembangkan, yang dirancang berdasarkan model ADDIE, menggabungkan teks, gambar, video, dan kuis digital yang dapat diakses di berbagai perangkat. Validasi oleh ahli materi dan ahli media mengategorikan e-modul sebagai sangat valid. Uji kepraktisan yang melibatkan uji coba skala kecil dan skala besar menunjukkan bahwa e-modul tersebut praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, e-modul kewirausahaan yang dikembangkan dengan wawasan teknologi pendidikan berbasis proyek di Universitas Negeri Makassar valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran kewirausahaan.
Downloads
References
Abdur Rahman. (2022). Project Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik.
Achyanadia, S. (2016). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm. Nal Teknologi Pendidikan.
Agusdianita, N. (2023). Model Pembelajaran Pjbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Tematik. Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series, 6(3). Https://Doi.Org/10.20961/Shes.V6i3.82319
Aldy Suseno, M., & Dwijayati Patrikha, F. (2022). Pengembangan E-Modul Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pembuatan Website Siswa Kelas Xi Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran Di Smkn 1 Jombang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(10), 2085–2096. Https://Doi.Org/10.54443/Sibatik.V1i10.306
Al-Fandi, H. (2011). Desain Pembelajaran Yang Demokratis & Humanis. Ar-Ruzz Media.
Ali Hasan, H. (2020). 4909-15268-1-Pb. Jurnal Pilar Volume 11, No. 1, Tahun 2020 | 99 Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11.
Boldureanu, G., Ionescu, A. M., Bercu, A. M., Bedrule-Grigoruţă, M. V., & Boldureanu, D. (2020). Entrepreneurship Education Through Successful Entrepreneurial Models In Higher Education Institutions. Sustainability (Switzerland), 12(3). Https://Doi.Org/10.3390/Su12031267
Erlinawati. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 1–4.
Farahin Rachman Laraphaty, N., Riswanda, J., Putri Anggun, D., Engga Maretha, D., & Ulfa, K. (2021). Review: Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Http://Proceedings.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Semnaspbio
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E- Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V5i2.15424
Ilyas Y. & P. H. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek.
Maryani, I., & F. L. (2016). Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Teori Dan Praktik). Sleman: Deepublish
Melly, Darwin Effendi, & Hetilaniar. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Pada Materi Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Sma Bina Warga 1 Palembang. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 415–427. Https://Doi.Org/10.31943/Bi.V7i2.257
Nurhikmah H, Abdul Hakim, M. Syakir Wahid (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif dalam Multimedia. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan.
Nurhikmah, H., Febriati, F., Pendidikan, T., & Makassar, U. N. (2024). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 mata kuliah pembelajaran berbasis komputer di Prodi Teknologi Pendidikan. Wahana Pendidikan, 11(2), 237–250.
Nurmadiah, & Asmariani. (2019). Teknologi Pendidikan.
Prihatiningtyas, S., Fatikhatun, Sholihah, Wahab Hasbullah, (2020). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Project Based Learning E-Module To Teach Straight-Motion Material For Prospective Physics Teachers. Https://Doi.Org/10.26618/Jpf.V8i3.3442
Rajagukguk, S., Sdn, U., & Medan, K. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1).
Sugihartini, N., Laba Jayanta, N., (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jptk/Issue/View/716
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rnd.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sultan, U. & T. A. (2019). Studi Literatur.Peran Teknolog Pendidikan.
Tegeh, I. Made, Jampel, I. Nyoman, & Pudjawan, K. (2014). Model Pengembangan By Tege.
Wardhani, P. S. N., & Nastiti, D. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 177–191. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V4i2.2622
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Era 4.0. Journal Of Education And Teaching (Jet), 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.51454/Jet.V2i1.63
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















