ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MENGENAL ENERGI DI KELAS III SD NEGERI 2 KARANG ANYAR LANGSA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36476Keywords:
Hasil Belajar, Energi, Problem Based LearningAbstract
Pembelajaran pada jenjang sekolah dasar menuntut pendekatan yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa serta membantu mereka memahami konsep secara bermakna. Pada materi mengenal energi di kelas III SD Negeri 2 Karang Anyar Langsa, siswa menunjukkan keterbatasan pemahaman akibat pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan kurang memberikan pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dirancang untuk melibatkan siswa dalam kegiatan penyelidikan, diskusi kelompok, dan pemecahan masalah berbasis fenomena nyata. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest–posttest, melibatkan 20 siswa sebagai sampel melalui teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar, sedangkan aktivitas belajar diamati melalui lembar observasi. Analisis dilakukan menggunakan uji Paired Sample T-Test setelah data diuji normalitasnya untuk memastikan kelayakan uji parametrik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 65,70 pada pretest menjadi 78,70 pada posttest, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menandakan adanya pengaruh signifikan penerapan PBL terhadap hasil belajar. Selain peningkatan nilai, aktivitas belajar siswa juga menunjukkan perkembangan positif melalui peningkatan keaktifan, keberanian berdiskusi, dan kemampuan bekerja sama. Integrasi kearifan lokal Aceh dalam pembelajaran turut mendukung pemahaman siswa terhadap penerapan energi dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menegaskan bahwa PBL efektif digunakan sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan ilmiah siswa pada mata pelajaran IPAS.
Downloads
References
Aisya, R., Usman, U., Khaeruddin, K., & Setiawan, T. (2024). Implementation of problem-based learning model to improve high school students' problem-solving ability on physics materials. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 10(2), 250–256. https:// doi.org/10.29303/jpft.v10i2.6902
Arfiani, V., & Rismen, S. (2025). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 43 Sijunjung, Kab. Sijunjung. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 9(2), 61–75. https://doi.org/10.21009/jrpms.092.07
Arzeti, E. F., & Ismiyanti, Y. (2025). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SD berbantuan media roda putar bangun datar. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(1), 842–849.
Atmojo, S. (2024). Efektivitas model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 1 Padokan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 48–57. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.399
Devi, R., Putri, H. E., & Yogiarni, T. (2025). Pengaruh model problem based
learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(2), 314–325. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.6619
Hanipa, S. L. N., Prasetyo, T., & Hamamy, F. (2025). Pengaruh model problem based learning terintegrasi dengan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(3), 577–589. https://doi.org/10.56855/jpsd.v4i3.1518
HS, D. W. S., & Marianus, S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa. Jurnal Binagogik, 9(2), 24–26. https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.98
Jamil, N., & Rahman, S. A. (2025). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar IPAS siswa di kelas V SD Inpres Bontoloe, Kec. Bontolempangan Kab. Gowa: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 4(1), 5209–5218. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.2555
Mariana, N. (2025). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika kelas V sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 12(1), 233–239. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4388
Rahmawati, N., Hera, T., & Utami, S. A. (2025). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri 2
Linggosari. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 325–336. https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29063
Rismawati, R., Fatkhiyani, K., & Dewi, R. A. K. (2025). Pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(3), 2996–3013. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i3.3923
Rosyidah, U., & Marzuki, I. (2025). Analisis penggunaan model problem based learning dalam kemampuan berpikir kritis siswa SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 759–766. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1566
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















