PENGARUH KEDEKATAN INTERPERSONAL ANTARA MURID DAN PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Annisa Vania Utami Universitas Negeri Makassar
  • Azizah Auliah Universitas Negeri Makassar
  • Al Dania Syarila Rasya Universitas Negeri Makassar
  • A. Muhajir Nasir Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36428

Keywords:

kedekatan interpersonal, hubungan guru-murid, prestasi belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedekatan interpersonal antara murid dan pengajar terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Efektivitas pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh kemampuan kognitif, tetapi juga dipengaruhi oleh dukungan emosional, kualitas komunikasi, serta interaksi sosial yang terbangun secara positif antara guru dan siswa. Kurangnya kedekatan interpersonal dapat menurunkan motivasi, keaktifan, dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei, melibatkan 27 siswa sekolah dasar yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data kedekatan interpersonal diperoleh melalui angket skala Likert, sedangkan data prestasi IPA diperoleh dari nilai hasil belajar siswa. Uji normalitas menggunakan Shapiro–Wilk menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (p = 0,370 dan p = 0,051). Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara kedekatan interpersonal dengan prestasi belajar IPA (r = 0,963; p < 0,001). Analisis regresi menghasilkan nilai R Square sebesar 0,927 yang berarti bahwa kedekatan interpersonal memberikan kontribusi sebesar 92,7% terhadap peningkatan prestasi belajar IPA. Temuan ini menegaskan bahwa hubungan interpersonal yang positif antara murid dan pengajar merupakan faktor penting dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari Annastasya, D., & Romadhan, M. I. (2024). Pendekatan komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap keaktifan belajar siswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 4(02), 1–6.

Eltresno, A., Madjid, S., & Angreani, A. V. (2022). Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD inpres Paropo. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 101-109.

Hasanah, N., Muhajir, M., Islam, U., Sultan, N., & Hasanuddin, M. (2022). Pola interaksi guru dengan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 8(1), 186–197.

Kusman, M. (2019). Pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan, 29(1), 96-103.

Munthe, A. B., Syahza, A., & Kartikowat, S. (2022). Hubungan komunikasi interpersonal guru dengan prestasi siswa MA Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Islam, 4(6), 2556–2560.

Qomariyah, T. N., & Daroe, I. (2025). Analisis peran guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional siswa SD kelas 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1575-1591.

Sakinah, A. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education and Teaching Learning, 1(1), 1–5.

Sukardi, N. W., Wastawa, I. W., & Mantra, I. B. N. (2025). Interpersonal communication skills of teachers and students: Building a foundation for meaningful learning. International Journal of Multidisciplinary Approach Research and Science, 3(02), 625–634.

Downloads

Published

2025-12-19