INOVASI DAN STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA KELAS 1 SD CAHAYA BANGSA YOGYAKARTA

Authors

  • Cicilia Novita Ayundasari Poto Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Yohana Rufintina Delila Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Andreas Erwin Prasetya Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36378

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Strategi Guru, Efektivitas Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi dan strategi guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pada siswa kelas 1 SD Cahaya Bangsa Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan berbagai strategi inovatif, seperti penggunaan media visual, video pembelajaran, cerita bergambar, role play, serta model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dalam kurikulum IPC. Inovasi tersebut mampu meningkatkan keterlibatan siswa, meskipun tantangan seperti menurunnya fokus belajar pada siang hari masih ditemukan. Dukungan sarana prasarana sekolah serta peran guru sebagai fasilitator menjadi faktor penting dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan sesuai dengan tahap perkembangan siswa kelas awal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahra, Shabrina, & Sya, Mega febriani. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. 2, 329–

Firmina, Mia. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/ index.php/j

Rahmadani, Annisa, Harahap, Fitri, Ulkaira, Nabila, & Azhari, Yunita. (2024).

Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. 2(1).

338.

Azzahra, Shabrina, & Sya, Mega febriani. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. 2, 329– 338.

Firmina, Mia. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/ index.php/j

Rahmadani, Annisa, Harahap, Fitri, Ulkaira, Nabila, & Azhari, Yunita. (2024).

Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. 2(1).

Trismayanti, Suci. (n.d.). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Suci. 17(2).

Azzahra, Shabrina, & Sya, Mega febriani. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. 2, 329– 338.

Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif.

1271, 33–54.

https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Firmina, Mia. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/ index.php/j

Rahmadani, Annisa, Harahap, Fitri, Ulkaira, Nabila, & Azhari, Yunita. (2024). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. 2(1).

Trismayanti, Suci. (n.d.). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Suci. 17(2).

Riskiani, Annas, & Kobandaha. (2025). Inovasi Pembelajaran Digital: Tinjauan Literatur Tentang Model Dan Strategi Yang Efektif. Educazione: Jurnal Multidisiplin, 2(1), 120-128.

Setyosari P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30

Widiyan, T., Purwanto, M. R., Imam, M. K., Waskito, H., & Irawan, P. (2025). Inovasi dalam Pembelajaran untuk Mewujudkan Pusat Sumber Belajar yang Efektif. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 578-590.

Downloads

Published

2025-12-11