INOVASI DAN STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA KELAS 1 SD CAHAYA BANGSA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36378Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Strategi Guru, Efektivitas Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi dan strategi guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pada siswa kelas 1 SD Cahaya Bangsa Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan berbagai strategi inovatif, seperti penggunaan media visual, video pembelajaran, cerita bergambar, role play, serta model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dalam kurikulum IPC. Inovasi tersebut mampu meningkatkan keterlibatan siswa, meskipun tantangan seperti menurunnya fokus belajar pada siang hari masih ditemukan. Dukungan sarana prasarana sekolah serta peran guru sebagai fasilitator menjadi faktor penting dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan sesuai dengan tahap perkembangan siswa kelas awal.Downloads
References
Azzahra, Shabrina, & Sya, Mega febriani. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. 2, 329–
Firmina, Mia. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/ index.php/j
Rahmadani, Annisa, Harahap, Fitri, Ulkaira, Nabila, & Azhari, Yunita. (2024).
Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. 2(1).
338.
Azzahra, Shabrina, & Sya, Mega febriani. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. 2, 329– 338.
Firmina, Mia. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/ index.php/j
Rahmadani, Annisa, Harahap, Fitri, Ulkaira, Nabila, & Azhari, Yunita. (2024).
Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. 2(1).
Trismayanti, Suci. (n.d.). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Suci. 17(2).
Azzahra, Shabrina, & Sya, Mega febriani. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. 2, 329– 338.
Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif.
1271, 33–54.
https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Firmina, Mia. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/ index.php/j
Rahmadani, Annisa, Harahap, Fitri, Ulkaira, Nabila, & Azhari, Yunita. (2024). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. 2(1).
Trismayanti, Suci. (n.d.). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Suci. 17(2).
Riskiani, Annas, & Kobandaha. (2025). Inovasi Pembelajaran Digital: Tinjauan Literatur Tentang Model Dan Strategi Yang Efektif. Educazione: Jurnal Multidisiplin, 2(1), 120-128.
Setyosari P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30
Widiyan, T., Purwanto, M. R., Imam, M. K., Waskito, H., & Irawan, P. (2025). Inovasi dalam Pembelajaran untuk Mewujudkan Pusat Sumber Belajar yang Efektif. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 578-590.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















