PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATERI MENGENAL HURUF SISWA KELAS I SD NEGERI 5 GU KABUPATEN BUTON TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36232Keywords:
Smart Board media, early reading skillsAbstract
This study aims to describe the implementation of the Smart Board learning media and its effectiveness in improving early reading skills among first-grade students at SD Negeri 5 Gu, Central Buton Regency. This classroom action research was conducted in two cycles consisting of planning, action, observation, and reflection. The participants were 15 students, and the data were collected through observations and oral tests, then analyzed descriptively using percentage techniques. The results showed that the Smart Board media increased students’ learning activity and early reading ability. Mastery learning improved from 40% in Cycle I to 86.66% in Cycle II, surpassing the classical mastery criterion of 80%. Students also demonstrated higher motivation, participation, and accuracy in recognizing letters and reading simple words. Thus, the Smart Board effectively enhances early reading skills in first-grade students
Downloads
References
Akhir, M., & Latief, S. A. (2023). Pengaruh penggunaan media permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelas 2 SD Inpres Pandang-Pandang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), 172–179.
Andriani, A. (2021). Pengaruh media papan flanel kata berbasis metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan (Penelitian pada siswa kelas 1 SD Negeri Wonoroto Kabupaten Magelang) (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Magelang.
Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). Penelitian tindakan kelas.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model pengembangan media pembelajaran adaptif di SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46.
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8.
Harlina, & Wardarita, R. (2020). Peran pembelajaran bahasa dalam pembentukan karakter siswa SD. Bindo Sastra, 4(1), 63–68.
Harjanty, R. (2019). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui membaca nyaring. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 106–118.
Hasanah, U., Hidayat, M. J., Khotimah, H., Almadina, I., Azkiah, N., Ramadani, P. A., Arshaff, D., Ramadani, P., & Helmi. (2022). Strategi pembelajaran literasi dan numerasi menggunakan media papan membaca dan papan pintar. Jurnal Taman Cendekia, 4(2), 198–203.
Kamaladini, G., Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan media papan edukasi pintar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD. Dalam Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 1, pp. 93–100).
Laila, A. K. N., Solikha, I., Wardana, D. K., Prastika, P. N., & Dayu, D. P. K. (2022). Penggunaan papan pintar dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Kurikulum Merdeka Belajar. Dalam Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA 2) (pp. 82–88).
Maghfi, U. N., & Suyadi. (2020). Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media papan pintar (smart board). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170.
Maharani, N., Wulandari, S., & Amal, A. (2023). Pengaruh penerapan media pembelajaran sistem kartu literasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas II. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(2), 92–96.
Mahyuni, A., AB, J. S., & Kirana, A. R. (2022). Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20.
Marlini, C. (2019). Praktikalitas penggunaan media pembelajaran membaca permulaan berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 277–289.
Muryaningsih, S. (2021). Media pembelajaran berbahan loose part dalam pembelajaran eksak. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 84–91.
Nurohman, I. (2018). Penggunaan media pembelajaran flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak autistik kelas VI SDLB (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Nurkhofifah, F. I. (2022). Penggunaan media smartboard dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Basicedu, 6(2), 2701–2709.
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376.
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris (JUPENSI), 3(2), 51–62.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui metode pembelajaran CIRC. Jurnal Basicedu, 4(3), 664–672.
Rifai, A., Akbar, A., & Avicenna, A. (2025). Pengaruh media flashcard terhadap keterampilan membaca permulaan kelas 1 UPTD SDN 214 Inpres Bawalangiri. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa, dan Budaya, 3(1), 179–187.
Sari, Y., Syahrul, R., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 446–453.
Sulasminah, D., Hadis, A., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan media smartboard untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa cerebral palsy. Society, 10(2), 578–593.
Sukma, I., Bahrun., Rahmi., Amalia, D., & Nessa, R. (2022). Pengembangan media papan pintar untuk pengenalan huruf alfabet. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD), 7(1), 40–50.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa (Ed. revisi). Angkasa.
Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media PowerPoint interaktif sebagai media pembelajaran tematik. Elementary School, 8(1), 75–81.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















