IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36213Keywords:
Implementasi, Kurikulum Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi kurikulum Pendidikan agama Islam (PAI) dalam konteks pengembangan pendidilan yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan zaman. Penelitian ini menggunakan metode library research Dimana data diperoleh melalui kajian literatur dari berbagai summber seperti buku, jurnal ilmiah, dan dokumen resmi yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum PAI mencakup tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keberhasilan implementasi dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, di antaranya kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana, serta iklim dan budaya sekolah. Temuan penelitian menegaskan bahwa implementasi kurikulum PAI harus dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik agar mampu membentuk karakter religius peserta didik secara utuh. Dengan demikian, penguatan implementasi kurikulum PAI menjadi kunci dalam mewujudkan tujuan pendidikan Islam yang berorientasi pada pembentukan insan beriman, berakhlak mulia, dan berdaya saing global.
Downloads
References
Nata, H. A. (2016). Pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an. Prenada Media.
Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.
Mulyasa, H. E. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Jurnal:
Hatim, M. (2018). Kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian
Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 140-163.
Azhari, F., & Nuryatno, M. (2019). Peran opini audit sebagai pemoderasi pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, dan komite audit terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 5(1), 1-18.
Salabi, A. S. (2020). Efektivitas dalam implementasi kurikulum sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research.
Hidayat, W. W. (2018). Pengaruh profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap penghindaran pajak. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 19-26.
Ramadania, F., & Aswadi, D. (2020). Blended learning dalam merdeka belajar teks eksposisi. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 10-21
Alfarisi, S. (2020). Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah. Rayah Al-Islam, 4(02), 347-367.
Slamet, S., Hana, M. Y., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agaa Islam berbasis Pendidikan Karakter di Mts Al Mujahidin. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(03), 93-101.
Tafsir, A., & Surjaman, T. (2016). Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra.
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).
Alwi, M. C., & Achadi, M. W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar PAI di Sekolah Dasar Negeri. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 825-832.
Ramayulis, R. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pkn Siswa Kelas Ii Sd Negeri 157 Pekanbaru. Jurnal Pajar, 2(2), 214-222.
Mujtahid, M. (2011). Pengembangan Madrasah dan Sekolah Islam Unggulan. el-hikmah, (1).
Hatim, M. (2018). Kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 140-163.
Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum. Palapa, 8(1), 42-55.
Shofiyah, S. (2018). Prinsip–prinsip pengembangan kurikulum dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 122-130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















