IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DALAM MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP IT NURUL ILMI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36192Keywords:
Kata Kunci : Program Literasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran PAIAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program literasi dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PAI di SMP IT Nurul Ilmi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara berkelanjutan dan interaktif, dengan keabsahan data diuji melalui triangulasi dari berbagai sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi dalam pembelajaran PAI dilakukan melalui kegiatan membaca buku keislaman, diskusi reflektif, penulisan jurnal keagamaan, serta integrasi literasi digital seperti pemanfaatan artikel Islami berbasis daring. Sebelum program literasi diterapkan, sebagian besar siswa menunjukkan tingkat berpikir kritis pada kategori rendah hingga sedang. Setelah program diterapkan selama satu semester, terdapat peningkatan yang signifikan, di mana mayoritas siswa mencapai kategori sedang hingga tinggi dalam kemampuan berpikir kritis, terutama dalam aspek menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan informasi keagamaan. Sebagai rekomendasi, program literasi penting untuk diperluas ke seluruh mata pelajaran untuk memperkuat budaya berpikir kritis di lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Program Literasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran PAI
Downloads
References
REFERENSI
Abidin, Zainal. 2018. “Pengaruh Diskusi Dan Refleksi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama: Pendekatan Konstruktivis.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Kepercayaan. 12(2):145–58.
Achmad, Z., and Nurwaidah. 2025. “Reflection on Indonesia’s PISA Scores and the 2024 Madrasah Teacher Competency Assessment Results: Challenges in Enhancing Teacher Competence.” Jurnal Pendidikan IPS 15(1):11–19.
Al-Munawi. 1365. Faidh Al-Qadir Syarh al-Jami’ al-Shaghir. Kairo: al-Maktabah al-Tijariyyah al-Kubra.
Andi, M., R. Fauzan, and K. Nur. 2023. “Implementasi Program Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Di SD YPPSB.” SANGATTA. Jurnal Ilmiah Pendidikan 17(1):1–16.
Ariadila, Salsa Novianti, Yessi F. N. Silalahi, Ujang Jamaludin, and Sigit Setiawan. 2023. “Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa.” Jurnal Wahana Pendidikan 9(20):664–69.
Aswita, D., M. P. Nurwati, M. S. Salamia, S. Salsa, and Saputra. 2022. Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media.
Asy-Syuyuti, Jalaluddin. 1981. Lubab an-Nuqul fi Asbab al-Nuzul, Hasyiah dari Tafsir Al-Qur’an al-Hakim. Beirut: Dar al-Fikr.
Azizah, Fitri Nur, Udin Supriadi, and Muhamad Parhan. 2025. “IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH.” Tadbir 13(01).
Azizah, Hanum. OK. 2020. Filsafat Pendidikan Islam. Medan: CV. Scientifik Corner Publishing.
al-Baghdadi, Al-Khatib. 1997. Jāmi‘ Bayān al-‘Ilm Wa Faḍlih. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Deci, E. L., and R. M. Ryan. 1985. The General Causality Orientation Scale: Self Determination in Personality. U.S: Academy Press Inc.
Dedi, D., F. Gunawan, and Gusmaneli. 2025. “Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Keislaman Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik Dan Sosial Indonesia 2(2):28–39.
Dinda, A. L., and C. Rofian. 2023. “Penerapan Budaya Literasi Untuk Membentuk Karakter Siswa Gemar Membaca.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 9(1):345–55.
Facione, P. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts Insight Assessment.
Fadli, M. 2019. “Pengaruh Program Literasi Terhadap Keberanian Bertanya Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 52(1):45–58.
Fauzi, M., and N. P. Sari. 2022. “Model Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam Dan Pendidikan 22(1):88–102.
Hidayat, R. 2019. “Literasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Dan Berpikir Kritis.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah 11(2):77–90.
Holilah, S., and D. R. A. Misbahul. 2023. “Implementasi Program Literasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Lingusitik Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. , 1(1), 39–49.” Turabian: Jurnal Pendidikan Islam 1(1):39–49.
Husamah. 2016. Belajar & Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Katsir, Ibnu. 1999. Tafsir Al-Qur’an al-‘Azhim. Juz 8. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Kemenag RI. 2019. Al-Qur’an Dan Terjemahannya.
Kemendikbud. 2018. Evaluasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Badan Penelitian dan Pengembangan.
Khairunnisa, Junaidi, and R. P. Andy. 2024. “Problematika Lembaga Pendidikan Islam Di Era Society 5.0 : Perspektif Digitalisasi Dan Transformasi Pendidikan.” Jurnal Visi Manajemen 10(2):1–182.
Kurniawan, R. 2018. “Implementasi Literasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 12(2):145–62.
Majah. n.d. HR. Ibnu Majah, Sunan Ibni Majah, Kitab al-Muqaddimah, Bab Fadhlu al-‘Ulama’ (No. 224).
Marton, F., and R. Saljo. 1976. “On Qualitative Differences in Learning: Outcome and Process.” British Journal of Educational Psychology 46(1).
Mayer, R. E. 2009. MultiMedia Learning. Cambridge University Press.
Muhaimin. 2016. Model Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Kontemporer Di Sekolah/Madrasah, Dan Perguruan Tinggi. Malang: UIN-maliki press.
Nabilla, T. A., N. L. Septa, and M. Yunus. 2025. “Teori Konstruktivisme Dalam Dunia Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Research Student 2(2):64–75.
Nasution, M. 2020. “Penguatan Berpikir Kritis Melalui Penulisan Refleksi Keagamaan.” Jurnal Pendidikan Islam 15(1):89–102.
Nata, Abudin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Noveriyanto. 2025. “Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah.” Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora 4(2):2677–82.
Nurdiah. 2025. “Peningkatan Literasi Keagamaan Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Digital.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(1):188–93.
Oktariani, and E. Evri. 2020. “Peran Literasi Dalam Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis.” Jurnal Penelitian Pendidikan 1(1):23–33.
Rahman, F. 2021. “Pendidikan Literasi Dan Penerapannya Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Nasional 13(4):145–60.
Retnaningsih, A. P. 2024. “Relevansi Konstruktivisme Sosial Lev Vygotsky Terhadap Kurangnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Moral Anak Di Indonesia.” Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu Dan Masyarakat 7(1):44–58.
Rezky Wahyuni, Andi Adam, and Besse Syukroni B. 2024. “Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di UPT SPF SDN Gaddong II Kota Makassar.” Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa 2(2):252–69. doi:10.61132/yudistira.v2i2.701.
Sardiman, A. M. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali.
Shihab, M. Quraish. 2017. Tafsir Al-Mishbah Jilid 11: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Susanto, A. 2018. “Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Partisipasi Siswa Dalam Program Literasi.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 51(2):210–22.
Susanto, A., and Zainal Arifin. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 3(2):155–66.
Ulpah, M., L. Nurpratiwiningsih, and M. Toharudin. 2022. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah WahanaPendidikan 8(19):286–94.
Wa, O. Z., A. Ambo, and M. Y. 2023. “Pendidikan Literasi Perspektif Hadits.” Jurnal Pendidikan Sosiologi 6(2):1266–72.
Wayan, R. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13(1):2239–53.
Widodo, A., E. Mafrudin, Sutisna, Sobri, and Efran. 2019. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Untuk Siswa Lemah Baca Di SD Kristen Maranatha Kedungadem Bojonegoro.” Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan 2(2):133–40.
Yamin, M., and Syahrir. 2020. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















