ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN DEEP LEARNING PADA JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36088Keywords:
Deep Learning, Elementary School, ImplementationAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan metode kajian pustaka, yaitu dengan melakukan pengkajian terhadap hasil penelitan yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Tujuan utama dalam studi ini yakni untuk mengkaji implementasi pendekatan deep learning di sekolah dasar berdasarkan konsep dan bagaimana hasil yang sudah didapatkan dengan menerapkan deep learning di sekolah dasar. Hasil studi menunjukkan implementasi pendekatan deep learning di jenjang sekolah dasar didefinisikan sebagai pendekatan yang menekankan pembelajaran meaningful, mindful, dan joyful, yang berhasil menggeser fokus pendidikan dari transmisi pengetahuan dangkal menuju pemahaman konseptual yang mendalam. Deep Learning juga berdampak positif secara konsisten dalam pengembangan keterampilan abad ke-21 (6C). Secara kognitif, pendekatan deep learning memperkuat penguasaan konsep, termasuk peningkatan signifikan pada pemahaman siswa sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Secara non-kognitif, deep learning mendorong komunikasi, kolaborasi, rasa ingin tahu, kedisiplinan, serta penguatan karakter seperti integritas melalui aktivitas pembelajaran yang partisipatif dan terintegrasi dengan kegiatan ko-kurikuler. Strategi implementasi pendekatan deep learning yang paling sukses melibatkan penggunaan pedagogi aktif seperti Project-Based Learning dan Inquiry-Based Learning didukung oleh integrasi teknologi. Dalam implementasi Deep learning juga ditemukan di SD juga masih terhambat oleh tantangan serius yang bersifat institusional dan kapabilitas guru. Hambatan utama yang berulang kali muncul adalah rendahnya kesiapan guru dan keterbatasan sumber daya institusi (baik infrastruktur teknologi maupun kendala waktu kurikuler). Oleh karena itu, keberhasilan jangka panjang deep learning memerlukan intervensi kebijakan yang kuat dalam hal pengembangan profesional guru berbasis praktik dan penguatan infrastruktur digital sekolah
Downloads
References
Amalia, R., Mulyanti, E., Nurahma, S. S., & Lathifah, Z. K. (2025). Analisis Dampak Pendekatan Deep Learning terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Pengajaran Sekolah Dasar, 1, 180–191. https://doi.org/.vdoi.org/10.56855/jpsd.v4i1.1606
Ar-Rasyid, F., Nurjanah, T., & Hafidz, M. (2025). Implementasi metode deep learning dalam meningkatkan keterlibatan siswa sekolah dasar. Journal of Education and Behavioral Science, 3(2), 112–126
Budhiarti, D., Mytra, R., & Slow, A. (2025). Deep learning implementation in primary education: A pedagogical perspective. Journal of Educational Research and Innovation, 12(1), 45–58.
Burner, T., & Schipor, D. (2024). Deep learning in the primary school English classroom in Norway. Nordic Journal of Comparative and International Education. Retrieved from https://journals.oslomet.no/index.php/nordiccie/article/view/6176
Cahyanto, B. (2025). Deep Learning and Application in Elementary Schools: an Exploration of Learning Practices. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 219–235. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v7i1.18892
Dewindri, K. F., Sa’diah, A. H., & Maspupah. (2025). Strategi pembelajaran deep learning dalam mengembangkan rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. JOEBAS Journal of Education Bani Saleh, 1(01), 18–25.
Efendi, R., Siswanto, D. H., & Saputra, S. A. (2025). Deep Learning Approach to Teaching Multiplication Concepts Using Coin Media: Classroom Action Research in Elementary School. Jurnal Padamu Negeri, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.69714/xaewmx28
Fitriyasni. (2025). Deep Learning Approach in Teaching Angles at Muhammadiyah Elementary School 2 Banda Aceh. JIPPMA, 5(2), 30–38.
Fullan, M., Hill, P., & Rincón-Gallardo, S. (2017). Deep learning: Shaking the foundations (White Paper). New Pedagogies for Deep Learning.
Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep learning: Engage the world, change the world. Corwin/Teachers College Press.
Hasan Assidiqi, A., & Sadiyah, D. (2025). Implementasi Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) di Sekolah Dasar Sebagai Penguatan Kurikulum. PEDASUD : Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dan Usia Dini, 02(2), 31–37.
Ikhsan, W. A., & Purnomo, H. (2025). Analisis Implementasi Deep Learning Pada Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 13(a), 321–328.
Wahyuningsih, Lestari Dwi., Maftuhah Hidayati, Y., & Puji Rahmawati, F. (2025). Strategi Deep Learning melalui Kegiatan Ko-kurikuler di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(3), 5637–5650.
McTighe, J., & Silver, H. F. (2020). Instructional shifts to support deep learning. ASCD Educational Leadership. Retrieved from https://www.ascd.org/el/articles/instructional-shifts-to-support-deep-learning
Mutmainnah, N., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 858–871.
Nabila, S. M., S., Septiani, M., & Pendidikan Dasar, M. (2025). Pendekatan Deep Learning untuk Pembelajaran IPA yang Bermakna di Sekolah Dasar. Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal, 2(1), 9–20.
Nasution, A., Soraya, A., Nasution, S. M. R., & Hakimah, N. (2025). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Deep Learning. EUNOIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 145–156.
Nurhasanah, & Pujiati. (2025). Penerapan Pendekatan Deep Learning pada Pembelajaran di Sekolah Dasar Kota Bekasi. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 08(1), 72–79.
Nurul, A., Iskandar, S., Amalia, M., & Naziha, P. F. (2025). Konsep dan Implementasi Pendekatan Deep Learning di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1661–1672.
Panca, L., & Parisu, E. (2024). Implementasi pendekatan pembelajaran mendalam dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Yayasan Meisyara Insan Madani, 5(2), 67–79.
Royani, R., Ahda, S., & Silalahi, S. (2024). Model Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Pemahaman IPS di Sekolah Dasar: Studi Kasus di SD Global Garuda Nusantara. Ilmiah Guru Madrasah (JIGM), 3(2), 77–88.
Sudarmono, M. A., Hasan, & Halima. (2025). Deep learning approach in improving critical thinking skills of elementary school students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(8), 60–70. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i8.11708
Weng, C., Chen, C., & Ai, X. (2022). A pedagogical study on promoting students’ deep learning through design-based learning. International Journal of Technology and Design Education, 33(4), 1653-1674. https://doi.org/10.1007/s10798-022-09789-4
Wulan Sari, A., & Niswa, K. (2025). Implementation of Deep Learning Approach to English Learning in Elementary School. IDEAS: Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 13(1), 1254–1263. https://doi.org/10.24256/ideas
Zahrudin, D., & Al Bahij, A. (2025). A Deep Learning-Based ISMUBA Instructional Model to Foster Integrity Character in Elementary Islamic Education. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), IX(IIIS), 5602–5609. https://doi.org/10.47772/IJRISS
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















