PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA VIDEO DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS XI DI SMK NEGERI 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36083Keywords:
Problem Based Learning, Motivasi belajar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis media video dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada elemen Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan metode total sampling, di mana sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MPLB 4 sebagai kelas kontrol dan XI MPLB 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 70 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan independent sample t-test, dengan pengolahan data melalui IBM SPSS Statistics 25. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa angket motivasi belajar valid dan reliabel (Cronbach’s Alpha = 0,893), dan dari 30 soal tes hasil belajar terdapat 20 soal valid dan reliabel (Cronbach’s Alpha = 0,862).
Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Problem Based Learning berbasis media video dengan kelas kontrol yang diajar secara konvensional, dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 5,236. Selain itu, motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 5,196. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis media video efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dan motivasi belajar memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 1 Medan
Downloads
References
Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1001–1004. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Afnita, N., Sari, D. P., Arafat, A., Putra, F. W., & Wandi, J. I. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 7(2), 126–130. https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p126-130
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021a). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021b). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Arikunto, S. (2018). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta:Rineka Cipta. 192.
Azizah, C. (2022). Implemetasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SD Islam Maarif Sukorejo. 4(1), 1–23.
Diandaru, B. H. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 2 Kota Semarang. Jurnal Pendidkan Widyatama, 2(2),185–196. https://jurnal.bbpmpjateng.id/index.php/jpw/article/view/17/20
Djamaluddin, D. A. (2019). belajar dan pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogik.Kaaffah learning center. 3.
Fadilah, F., Budiana, S., & Mirawati, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2721– 2729. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.953
Fakhriyah, F. (2020). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Hariyanti, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















