MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM: INTEGRASI ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM: INTEGRASI ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36077Keywords:
Integrasi Ilmu Dunia dan Akhirat, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Terintegrasi, Pendidikan Islam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang pengelolaan kurikulum dalam pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu dunia dan ilmu akhirat, serta menemukan tantangan yang muncul saat kurikulum ini diterapkan. Manajemen kurikulum adalah cara mengatur dan menyusun berbagai komponen dalam kurikulum agar tujuan pendidikan bisa tercapai secara seimbang. Dalam pendidikan Islam, manajemen kurikulum tidak hanya berkaitan dengan aspek belajar mengajar, tetapi juga mencakup penggabungan antara ilmu dunia seperti sains, teknologi, dan keterampilan dengan ilmu agama, nilai moral, dan akhlak. Hal ini bertujuan untuk membentuk individu yang beriman dan berakhlak baik sekaligus memiliki pengetahuan. Penggabungan kedua aspek ini merupakan dasar pemikiran utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam.
Downloads
References
Danandjaja, J. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Antropologi Indonesia.
Danim, S. (2012). Pengembangan profesi guru. Prenada Media.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar.
Fitriani, D., Rindiani, A., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Inovasi Kurikulum: Konsep, Karakteristik dan Implementasi Kurikulum Berbasis Komppetensi (KBK). Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 268–282.
Kahar, S. (2019). Integrasi ilmu pengetahuan melalui epistimologi kurikulum pendidikan islam. Waraqat: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 25.
Khairiansyah, H. (2018). Strategi Transformasi dan Tradisi Pembelajaran dalam model integrasi manajemen Kurikulum Pendidikan Islam: Studi Kasus Di SMA Ar-Rohmah Dau Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Manggali, C. A., Hayati, D. N., & Mundofi, A. A. (2024). Outcome Based Education pada Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan Agama Islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 595–606.
Nurkholis, N., & Santosa, A. B. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 7(2), 113–130.
Rachman, F. (2021). Modernisasi Manajemen https://books.google.co.id/books?id=qSQnEAAAQBAJ Pendidikan Islam. Ircisod.
Saruni, S. (2016). Konteks Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Kurikulum (Studi Deskriptif di SMA Muhammadiyah Kota Makassar). PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI, 1(1), 48–56.
Schubert, W. H. (2009). Currere and disciplinarity in curriculum studies: Possibilities for education research. SAGE Publications.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 146 167. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.661
Sunantri, S. (2022). INTEGRASI KURIKULUM 2013 DAN PONDOK PESANTREN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA ISLAM TERPADU AL-FURQON TEBAS. CBJIS: Cross Border Journal of Islamic Studies, 4(2), 69–76.
Trina, S., & Muadin, A. (2023). Analisis Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2484
Winarni, I., Fariz, M., Nanda, H. T., & Nurjanah, N. (2024). Integrasi Ilmu Agama Dalam Sistem Pendidikan di Era Pasca Keruntuhan Kekhalifahan Islam. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(4), 90–97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















