ANALISIS KEMAMPUAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA CANVA DI SMPN 2 GALESONG SELATAN

Authors

  • Baso Dzulkifli Muhajir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh. Fadhil Fadhlur R Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35999

Keywords:

Kemampuan Guru, Media Canva

Abstract

Transformasi teknologi di era revolusi Industri 4.0 telah mengubah arah dan paradigma pendidikan secara global, termasuk dalam konteks pendidikan Indonesia. Proses pembelajaran tidak lagi sekadar berfokus pada penyampaian informasi, melainkan juga menuntut kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif. Literasi digital menjadi kompetensi utama yang wajib dimiliki oleh tenaga pendidik agar mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif, kolaboratif, dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana guru mampu menggunakan media Canva sebagai alat bantu dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif di SMPN 2 Galesong Selatan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, diperoleh temuan bahwa kompetensi guru berada pada tingkat cukup memadai. Guru telah memiliki kemampuan teknis yang baik dalam penggunaan Canva, namun penerapan prinsip-prinsip pedagogis dalam pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Sebagian besar guru telah mampu membuat media visual seperti poster dan infografis, tetapi belum mengintegrasikannya secara sistematis dalam pembelajaran interaktif. Faktor yang memengaruhi kemampuan guru meliputi tingkat literasi digital, keterbatasan pelatihan profesional, dan minimnya infrastruktur sekolah. Meskipun demikian, guru menunjukkan sikap positif terhadap Canva karena dianggap mudah digunakan dan menarik secara visual. Penelitian ini menegaskan bahwa penguasaan media digital seperti Canva merupakan bagian integral dari kompetensi profesional guru yang mendukung terwujudnya pembelajaran kreatif, kolaboratif, dan berorientasi abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, I., Bunga, I., & Cirebon, B. (2020). Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Kompetensi Profesional Guru MA An-Nur Setupatok Kabupaten Cirebon Agus Prayitno 1. 5, 14–19.

Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50.

Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–120. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27

Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019). Integrasi teknologi dalam pembelajaran: Upaya untuk beradaptasi dengan tantangan era digital dan revolusi industri 4.0. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 449–455. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.449-455

Di, P., & Mts, S. (2024). 1,2 1 , 2. 09(September).

Eliastuti, M., Amelia, R., Marlina Batubara, F., Nuraini, N., Fardiah, N., Damayanti, A., Rizqiani, A., Purba, E. F. W., Paron, O. D., & Putri, R. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP Negeri 66 Jakarta Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 206–218. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.62

Giroth, L. G. J., Purnomo, K. D. M., Dotulong, F., Mokoginta, D., & Pusung, P. H. (2024). Konsep, Urgensi dan Strategi Pembangunan Literasi Digital. Journal of Digital Literacy and Volunteering, 2(2), 83–90. https://doi.org/10.57119/litdig.v2i2.105

Ilmi, M., Setyo Liyundira, F., Rachmawati, A., Juliasari, D., & Habsari, P. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model (TAM) Di Indonesia. Relasi : Jurnal Ekonomi, 16(2), 436–458. https://doi.org/10.31967/relasi.v16i2.371

Kemendikbud. (2024). Pengembangan Bukti Baik Karya KSPSTK Nusantara 2023.

Marx, W., Haunschild, R., & Bornmann, L. (2021). Heat waves: a hot topic in climate change research. Theoretical and Applied Climatology, 146(1–2), 781–800. https://doi.org/10.1007/s00704-021-03758-y

Maulana Baihaqi, W., Dwias Putri, A., Ayu Mutiara, D., Nursaddam, M., & Ajril Izzati, F. (2023). Pemanfaatan Canva Dan Powtoon Untuk Peningkatan Kualitas Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.263

Mu’arif, H. (2023). TERHADAP KINERJA GURU MA DARUSSALAM Beberapa investigasi masa lalu yang dapat mengukur hingga eksplorasi ini . Kajian “ Pengaruh Pedagogik , Kompetensi Profesional , dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Sekolah Gugus 1 Kecamatan Cikan. 6(3).

Nasrul, M., Hidayat, F., Dewi, W. P., & Musa, A. (2025). Pelatihan Integrasi TPACK sebagai Strategi Penguatan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 153–159.

Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486

Rahmatiah, R., Sarjan, M., Muliadi, A., Azizi, A., Hamidi, H., Fauzi, I., Yamin, M., Muttaqin, M. Z. H., Ardiansyah, B., Rasyidi, M., Sudirman, S., & Khery, Y. (2022). Kerangka Kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam Perspektif Filsafat Ilmu Untuk Menyongsong Pendidikan Masa Depan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1069

Rohman Sekolah Menengah Atas Yayasan Karsa Madya, H., & Jawa Barat, S. (2020). Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU. Https://Ejurnalunma.Ac.Id/Index.Php/Madinasika, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Septiana, S., Wicaksono, R. N., Saputri, A. W., Fawwazillah, N. A., & Anshori, M. I. (2023). Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Masa Yang Mendatang. Student Research Journal, 1(5), 447–465.

Silvester, S., Purnasari, P. D., Aurelly, B. T., & Gunawan, R. (2022). Analisis Kemampuan Guru Penggerak Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan Dalam Perspektif Literasi Teknologi Digital. Sebatik, 26(2), 412–419. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.1978

Suci & Yulia. (2020). pengaruh kompetensi sosial terhadap kinerja karyawan PT.Coca-Cola. Manajeman Bisnis, 15(Vol 15 No 2), 12–19.

Surahmi, Y. D., Fitriani, E., Pradita, A. A., & Ummah, S. A. (2022). budifebriyanto,+13+Surahmi+135-146 jurnal 1. 8(1), 135–146.

UU Nomor 14 Tahun 2005. (2005). UU Nomor 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen (p. 17).

Wati, S., & Nurhasannah, N. (2024). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 149–155. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p149-155

Downloads

Published

2025-12-11