Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Berdasarkan Pengalaman Pribadi Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN 4 Pangkalanbaru
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35886Keywords:
Kata kunci: Pendekatan, Whole Language, Keterampilan Menulis, Pengalaman Pribadi.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu kurangnya keterampilan menulis siswa dalam menuangkan ide atau gagasan kedalam bentuk tulisan serta belum optimalnya pendekatan pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis teks naratif berdasarkan pengalaman pribadi pada peserta didik kelas 5 SDN 4 Pangkalanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas 5 yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 18 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa essay satu soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene, dan uji hipotesis menggunakan uji Independents Sample T- Test. Berdasarkan hasil dari penelitian ini data menunjukkan bahwa uji Independents Sample T- Test sig (2-tailed) sebesar 0,045 < 0,05 dengan nilai thitung (2,086) > ttabel (2,032). Maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis teks naratif berdasarkan pengalaman pribadi pada peserta didik kelas 5 SDN 4 Pangkalanbaru.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















